Review Sony Xperia C3, Smartphone Selfie Terbaik dengan Segudang Fitur

0
14312
Sony Xperia C3 - hands on

OKETEKNO.COM – Salah satu pabrikan smartphone terkemuka yakni Sony kembali menghadirkan perangkat terbarunya yang telah resmi diumumkan pada bulan Juli ini. Hebatnya, smartphone Sony ini dihadirkan untuk mendukung aktifitas selfie (memotret diri sendiri menggunakan ponsel) yang kian menjadi populer dan tren di berbagai belahan dunia ini. Smartphone selfie tersebut memiliki nama resmi Sony Xperia C3 yang siap memanjakan kalangan menengah dengan fitur-fitur yang tak kalah dengan smartphone kelas atas.

Sony Xperia C3

Setelah sebelumnya dibahas mengenai spesifikasi lengkap dari Sony Xperia C3 maka kali ini kita akan mengulas tentang smartphone ini secara lengkap. Meskipun smartphone ini belum resmi dirilis, namun perangkat selfie terbaru Sony ini mampu menjadi daya tarik tersendiri hingga menjadi perbincangan hangat di publik. Berikut review Sony Xperia C3 yang akan saya sajikan untuk anda.

Desain dan Display Sony Xperia C3

Di sisi desain, Smartphone selfie dari Sony ini mengusung desain yang hampir mirip dengan Sony Xperia T3. Smartphone ini cukup tipis dengan ketebalan 7.6 mm. Dimensi yang diusung dari smartphone selfie ini adalah 156.2 x 78.7 mm dengan berat 149.7 gram. Smartphone ini terdiri dalam 3 pilihan warna untuk anda yakni Hitam, Putih dan Mint.

Sony Xperia C3 - hands onSmartphone yang memiliki nama lain Gina ini memiliki ukuran layar yang cukup lebar dengan bentang 5.5 inch. Tipe layarnya menggunakan jenis IPS LCD kapasitif dengan didukung Sony Mobile BRAVIA Engine 2 dan Triluminos display yang mampu menghasilkan kualitas layar jernih dan cemerlang. Smartphone ini didukung multitouch yang mampu merespon 10 sensor sentuhan dengan bersamaan sehingga memudahkan penggunanya ketika bermain game. Sayangnya kaca layarnya tidak dipadu dengan perlindungan layar sehingga pengguna harus mewaspadai goresan dengan menggunakan screen protection.

Jaringan dan Performa Sony Xperia C3

Jaringan yang dibawakan pada smartphone Sony Xperia C3 telah mendukung tiga jaringan yaitu GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100 dan LTE 700 / 900 / 1800 / 2100 / 2600 yang merupakan jaringan tercepat saat ini. Kecepatan akses internet 3G HSDPA mencapai 42 Mbps dan HSUPA 5.76 Mbps. Sedangkan kecepatan jaringan LTE nya yakni Cat4 50 Mbps UL dan 150 Mbps DL. Smartphone ini didukung pula oleh jaringan GPRS dan EDGE. Konektifitas lainnya seperti NFC, Bluetooth v4.0, A2DP, microUSB v2.0, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, DLNA dan Wi-Fi hotspot pun ikut disematkan dapam perangkat terbaru Sony ini. Sayangnya slot SIM yang menyertainya mendukung micro-SIM sehingga penggunanya sendiri harus memotong SIM card-nya.

Di sektor performa, smartphone ini ternyata tidak kalah dengan beberapa perangkat smartphone kelas atas. Dengan ditenagai processor Quad-core 1.2 GHz Cortex-A7, smartphone ini juga didukung RAM 1 GB sehingga mampu melakukan multitasking yang responsif. Di manufaktur oleh chipset Qualcomm Snapdragon 400 smartphone ini pun juga dibekali pengolah grafis cemerlang dari Adreno 305. Sistem operasi yang dijalankan dalam Sony Xperia C3 ini adalah Android OS, v4.4.2 (KitKat) yang merupakan sistem operasi terbaru saat ini.

Kamera Sony Xperia C3

Pada sektor kamera inilah smartphone ini cukup unggul dengan berbagai fitur menarik yang tersemat dalam kamera depan maupun belakang. Smartphone ini memang sengaja diproduksi untuk mendukung trend selfie yang kian menjadi di banyak wilayah ini. Sony Xperia C3 dibekali kamera depan berukuran 5 MP dengan lensa 25 mm dan didukung dengan sensor Exmor RS yang juga dilengkapi dengan soft LED flash. Smartphone dari Sony ini diklaim sebagai smartphone selfie terbaik hingga saat ini.

Sony Xperia C3Sony Xperia C3 ini juga dilengkapi dengan kamera belakang yang cukup mumpuni sebesar 8 MP yang dilengkapi dengan sensor Exmor RS, auto focus, LED flash, face and smile detection dan geo tagging. Melalui kamera belakang ini anda dapat merekam video dengan kualitas 1080p yang telah tersemat fitur movie creator untuk memangkas dan memotong video serta aplikasi vine untuk menciptakan dan berbagi video singkat anda.

Memori dan Fitur Sony Xperia C3

Ruang penyimpanan yang ditanamkan pada smartphone ini pun terbilang besar. Kapasitas internalnya berukuran 8 GB. Sementara untuk kapasitas eksternal telah didukung slot microSD yang mampu menampung kapasitas maksimal 32 GB

Fitur-fitur yang tersemat pada kamera depan Sony Xperia C3 ini antara lain adalah Efek AR yang menawarkan berbagai tema lucu untuk hasil foto anda, Potrait retouch v.2 untuk mengatur gaya close up dan make over foto anda. selain itu terdapat fitur Superior auto, Timeshift-burst, efek foto, dan sweep panorama yang kesemuanya mampu menghasilkan foto terbaik yang cukup mengesankan.

Fitur-fitur lain dari Sony Xperia C3 adalah FM radio, GPS, java MIDP support, aplikasi sosial live, sensor Accelerometer, proximity dan compass. Sementara fitur – fitur sederhana lainnya masih sama dengan kebanyakan sebuah smartphone yaitu Document viewer, Photo viewer/editor, Voice memo/dial, Predictive text input, Xvid/MP4/H.263/H.264 player dan MP3/eAAC+/WAV/WMA/Flac player.

Baterai dan Harga Sony Xperia C3

Tidak hanya mumpuni di sektor kamera, smartphone ini juga dibekali baterai yang cukup bertenaga untuk menyokong kinerjanya. Baterai yang terpasang pada Sony Xperia C3 ini berdaya 2500 mAh dengan jenis Li-Ion. Kemampuan siaga nya mencapai 1040 jam (2G) dan 1000 jam (3G), waktu bicara mencapai 11 jam (2G) dan 25 jam (3G) serta waktu pemutar musik mencapai 67 jam.

Rumor Sony Xperia C3Smartphone ini terdiri dalam varian Single SIM dan Dual SIM. Harga Sony Xperia C3 hingga saat ini masih menjadi tanda tanya publik karena pihak Sony hanya membeberkan spesifikasi dari perangkat ini tanpa memberikan informasi terkait harga dan ketersediannya. Smartphone ini direncanakan akan dirilis pada bulan Agustus dengan negara Cina sebagai negara pertama yang akan disapa smartphone selfie terbaik ini. Kita nantikan saja informasi selanjutnya mengenai ketersediaanya kelak di tanah air. Sekarang produk ini sudah diketahui harga sekitar Rp 5.000.000,-. Sekian informasi dari saya semoga bermanfaat.

Baca Juga Review Lenovo A8-50 A5500, Tablet Handal 2 Jutaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here