PowerVR GX5300, GPU Baru Khusus Untuk Perangkat Wearable

0
1547
PowerVR GX5300: GPU Baru Khusus Untuk Perangkat Wearable

OKETEKNO.COM – Perangkat wearable jam tangan pintar (smartwatch) nampaknya sekarang memang menjadi primadona bagi sebagian besar produsen  elektronik atau para developer untuk mengembangkan perangkat tersebut. Mungkin anda pernah mendengar istilah GPU (Grafis Prosesing Unit) , ini adalah sebuah perangkat mobile yang yang memiliki fungsi untuk pengolahan grafis pada sebuah perangkat smartphone.

PowerVR GX5300: GPU Baru Khusus Untuk Perangkat Wearable

Yang kita tahu, GPU PowerVR hanya terdapat pada iPhone, mengingat chipset yang digunakan dalam perangkat smartphone android, umumnya menggnakan GPU Adreno atau Mali. Dan kali ini, Imagination  Technologies selaku produsen dari GPU PowerVR memutuskan ikut bersaingan untuk chipset dalam smartwatch android.

Imagination Technologies telah meluncurkan produk terbaru mereka yaitu PowerVR GX5300, perangkat ini adalah sebuah  GPU yang memang dirancang khusus untuk perangkat wearable seperti pada smartwatch ini. Keunggulan GPU PowerVR GX5300 dibanding dengan GPU milik produsen smartphone lain adalah memang dari awal chipset ini dirancang khusus untuk perangkat wearable sehingga memiliki ukuran yang lebih kecil dari chipset GPU lain, selain itu GPU PoweVR ini juga lebih hemat energy.

PowerVR GX5300: GPU Baru Khusus Untuk Perangkat Wearable

Seperti yang terdapat dalam Samsung Gear Live dan LG G Watch, kedua perangkat ini telah menggunakan GPU Quad Core Snapdragon 400 kedalam smartwatch, dan oleh sebab itu Samsung Maupun LG melakukan penyesuaian dengan membatasi jumlah core yang aktif menjadi 1 unit saja karena aplikasi yang dijalankan dalam smartwtach umunya tidak terlalu berat.

GPU PowerVR GX5300 hadih dengan ukuran 0,55mm, ini merupakan chipset terkecil yang memiliki dukungan untuk OpenGL ES 2.0 yang kompatibel untuk Android dan Android Wear. Chipset ini juga mampu menghadirkan tingkat resolusi mencapai 720p dilayar smartwatch dengan sangat lancar tanpa ada lag sama sekali.

Namun PowerVR GX5300 masih hanya sebuah GPU saja, chip ini masih harus dirangkai dengan prosesor serta komponen lain untuk menjadikannya menjadi sebuah SoC (system-on-a-chip). PowerVR GX5300 ini sendiri kini telah menjadi brand rekanan resmi untuk Android Wear, jadi anda jangan kaget  jika dalam waktu dekat ini  ada smartwatch atau perangkat wearable lain yang yang mendapat dukungan chipset  GPU PowerVR di dalamnya.

Demikian yang bisa saya sampaikan kepada pembaca semua, semoga bermanfaat.

Baca juga Mediatek MT6795, SoC True Octa Core 64-Bit Pertama yang Mendukung Tampilan 2K

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here