Review Asus Fonepad 7 (FE170CG), Tablet Quad-core Murah dari Asus

0
25947
Asus FonePad 7 (FE170CG)

OKETEKNO.COM – Asus yang tengah terjun ke industri smartphone dan tablet, pada bulan Mei lalu telah resmi merilis tablet dengan nama Asus Fonepad 7 yang memiliki kode FE170CG. Tablet ini merupakan generasi terbaru dari seri Fonepad yang menawarkan fitur handal namun tetap ramah dan tidak akan menguras kantong anda.

Asus FonePad 7 (FE170CG)Tablet ini memiliki spesifikasi yang terbilang mumpuni untuk sebuah perangkat tablet kelas menengah kebawah. Spesifikasi Asus Fonepad 7 telah dibahas pada postingan sebelumnya. Kehadiran tablet ini di Indonesia nampaknya menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat tanah air dengan balutan harga murahnya. Berikut review Asus Fonepad 7 (FE170CG) yang akan saya ulas secara detail spesifikasinya.

Desain dan Display Asus Fonepad 7

Desain dari tablet Asus berkode FE170CG ini cukup simple. Dengan casing berbahan plastik, tidak nampak adanya bezel logam dalam bodi perangkat ini. Pada bagian depan dan belakang dari tablet ini tersemat logo tulisan ‘ASUS’ yang mempertegas brand dari vendor Taiwan ini. Sementara untuk dimensi dari Asus Fone Pad 7 sendiri adalah 192 x 110 x 10.7 mm dengan bobot 290 gram. Tablet ini terdiri dalam pilihan warna yang menarik yakni Hitam, Putih, Merah dan Biru.

Asus Fonepad 7 FE170CG

Display dari Asus Fonepad 7 ini mengusung layar sentuh kapasitif yang cukup lebar berukuran 7 inch. Sayangnya resolusi yang dimilikinya terbilang rendah yakni 600 x 1024 pixels dengan kerapatan pixels 170 ppi. Namun tablet ini telah mendukung multitouch yang kompatibel untuk menavigasi berbagai fitur lebih dari satu sensor sentuhan.

Jaringan dan Performa Asus Fonepad 7

Tablet ini telah dibekali dengan dua slot SIM yang mendukung micro-SIM dalam pemakaiannya. Anda dapat menggunakan dua nomor yang berbeda dalam satu tablet ini. sementara untuk jaringannya sendiri telah mendukung jaringan GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 pada SIM 1 dan SIM 2 serta jaringan 3G HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100. Koneksi dalam berselancar di dunia maya didukung dengan kecepatan HSDPA 42 Mbps serta HSUPA 5.76 Mbps. Selain itu dapat juga menggunakan jaringan Wi-Fi 802.11 b/g/n dan Wi-Fi hotspot. Konektivitas pendukung lainnya antara lain Bluetooth, port USB serta jaringan GPRS dan EDGE.

Sementara di sisi performa dari tablet Asus Fonepad 7 FE170CG ini mengandalkan processor dari Dual-core buatan chipset Intel Atom Z2520 yang mampu melaju dengan kecepatan 1.2 GHz. Tablet ini juga mampu mendukung multitasking aplikasi berat dengan lancar karena telah didukung dengan RAM 1 GB. Sayangnya tablet ini masih menjalankan sistem operasi lama yakni Android OS v4.3 JellyBean dimana dewasa ini beberapa perangkat tablet dan ponsel cerdas telah mengusung android KitKat sebagai sistem operasinya.

Kamera Asus Fonepad 7

Sektor fotografi yang ditawarkan dari tablet ini tidak begitu gahar namun telah mendukung dual kamera. Kamera belakang yang tersemat dalam bodi belakangnya telah tertanam lensa berukuran 2 MP dengan resolusi 1600 x 1200 pixels. Sayangnya fitur pada kamera utama ini hanya auto focus dan geo tagging tanpa adanya LED flash sehingga pengguna tidak akan mendapatkan hasil foto yang optimal ketika membidik obyek ditempat yang gelap. Dari kamera belakang ini, dapat menghasilkan video berkualitas 720p.

Sementara usungan kamera depan dari tablet ini berformat lensa VGA yang dapat mendukung paanggilan video. Untuk digunakan selfie, kamera depan pada Asus Fonepad 7 ini kurang begitu maksimal hasilnya sehingga pengguna hanya dipuaskan dengan kamera utama saja ketika mengambil gambar.

Memori dan Fitur Asus Fonepad 7

Memori atau ruang penyimpanan internal pada tablet ini terdiri dalam dua varian yakni dengan kapasitas internal 4 GB dan kapasitas 8 GB. Meskipun tidak begitu besar, namun pada tablet ini dilengkapi dengan slot microSD yang dapat anda manfaatkan untuk ekspansi memori hingga kapasitas maksimal 64 GB.

Asus Fonepad 7_Fitur

Fitur-fitur lain yang terdapat dalam Asus Fonepad 7 antara lain adalah loudspeaker, port audio 3.5 mm jack, Java MIDP support, GPS, sensor accelerometer, proximity, MP3/WAV/AAC player, MP4/H.264/H.263 player, organizer, photo viewer/editor, voice memo/dial, browser serta predictive text input. Namun dari keseluruhan fitur yang ada, tablet ini tidak didukung adanya Radio FM.

Baterai dan Harga Asus Fonepad 7

Kekuatan baterai yang ditanamkan dalam tablet ini memiliki daya 3950 mAh dengan jenis Li-Po yang menyatu dengan tablet dan tidak dapat dilepas. Dari daya tersebut mampu menghasilkan waktu siaga hingga 619 jam pada kondisi 3G. Sedangkan untuk waktu bicara memungkinkan hingga 30 jam pada kondisi 3G.

Smartphone ini diluncurkan perdana di Manila, Filipina pada bulan Mei lalu dengan banderol harga PHP 5.995 atau setara Rp 1.5 jutaan. Harga Asus Fonepad 7 ini terbilang cukup murah. Smartphone ini telah tersedia di Indonesia dan anda dapat mendapatkannya pada beberapa toko online ternama atau mengunjungi outlet resmi Asus di kota anda.

Baca Juga Review Evercoss AT1A, Tablet Mumpuni 1.5 jutaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here