Elbrus 8C, Prosesor 8 Core Pertama Besutan Negara Rusia

0
2255
Elbrus 8C, Prosesor 8 Core Pertama Besutan Rusia

OKETEKNO.COM – Hubungan antara Pemerintahan Amerika dengan Rusia kini tengah memburuk.Dan yang paling baru sekarang adalah, Amerika  telah menjatuhkan sanksi ekonomi untuk Rusia. Sanksi tersebut diberikan oleh Presiden Barack Obama karena serangan yang dilakukan oleh Rusia terhadap Krimea dan Ukraina. Mendapatkan perlakuan seperti itu, Rusia nampaknya tidak mau berdiam diri dan berencana untuk melakukan pembalasan yang setimpal. Namun bukan dengan cara peperangan, akan tetapi mereka membatasi penggunaan software milik Microsoft. Pembatasan tersebut berlaku untuk semua warga Rusia, baik dilembaga pemerintahan ataupun warga sipil. Tidak hanya Microsoft,bahkan Rusia juga berniat melakukan hal serupa untuk produk dari IBM, HP ataupun Oracle.

Elbrus 8C, Prosesor 8 Core Pertama Besutan Rusia

Mungkin banyak orang yang tahu bahwa produsen penghasil chip prosesor berasal dari Amerika Serikat (Untuk bagian benua Eropa & Amerika,), sedangkan dari Asia berasal dari negara Taiwan, Korea Selatan, Jepang dan yang baru baru ini dari negara Cina. Dan kali ini, dampak dari persilihan antara Amerika Serikat dengan Rusia, maka mau tidak mau Rusia harus menciptakan prosesor sendiri untuk perangkat elektronik besutannya.

Pada awal tahun 2014 ini Moscow Center of SPARC Technologies (MCST) telah resmi meluncurkan prosesor 8 core pertama bernama Elbrus-8C dengan topology 28 nm, arsitektur 64-bit, clock speed 1.3 GHz serta memiliki kemampuan komputasi 250 GFlops.

Sebenarnya prosesor Elbrus-8C ini telah dikembangkan sejak tahun 2011 yang merupakan misi dari Kementerian Industri dari Perdagangan Rusia yang menginvestasikan sampai 24.4 juta USD dalam proyek ini.  Kemungkinan chip prosesor ini akan diproduksi secara masal pada akhir tahun 2014 ini sebanyak 300 buah dan akan digunakan pada server, workstation, dan perangkat telekomunikasi.

Elbrus 8C, Prosesor 8 Core Pertama Besutan Rusia

MCST sebagai produsen dari prosesor Elbrus-8C  berharap dapat menarik konsumen dari produsen komputer Rusia dalam negeri. Sayangnya harga prosesor ini termasuk mahal yaitu sekitar 3000 USD dan kemampuannya pun terbatas.

Bahkan setelah MCST membuat prosesor Elbrus-8C tersebut, mereka telah mendapatkan kontrak dari kementerian Rusia untuk mengembangkan sebuah prosesor terbaru 64 bit EL-16C yang memiliki 16 core dengan proses manufaktur 20 nm dan kemungkinan akan diproduksi pada November 2018 mendatang.

Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat unuk pembaca semua.

Baca juga MediaTek MT6795, SoC True Octa Core 64-Bit Pertama yang Mendukung Tampilan 2K

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here