Qualcomm Perkenalkan Teknologi LTE Direct, Apakah Kelebihannya?

0
3650
Qualcomm Perkenalkan Teknologi LTE Direct, Apakah Kelebihannya?

OKETEKO.COM – Pada saat ini mayoritas dari aplikasi  mobile telah terintegrasi dengan fitur geofencing untuk mendeteksi secara realtime tentang lokasi keberadaan ponsel pengguna, dan nantinya bisa digunakan untuk menghadirkan sebuah informasi yang berguna di seputar lokasi yang sedang dikunjungi oleh pengguna  tersebut, entah itu disebuah restoran terkenal atau teman-teman yang saat itu kebetulan juga berada di dekat mereka.

Qualcomm Perkenalkan Teknologi LTE Direct, Apakah Kelebihannya?

Fitur ini sangatlah berguna, namun apabila anda menginginkan sebuah informasi yang sangat akurat,pastinya anda membutuhkan dukungan dari beberapa faktor seperti GPS, WiFi, Bluetooth dan juga konektivitas stabil untuk menggali data dari database aplikasi.  Apabila kinerja dari semua perangkat tersebut digabungkan, pastinya  akan cukup menguras energi baterai ponsel yang anda gunakan.

Untuk mengatasi hal tersebut, Qualcomm  salah satu perusahaan pembuat chipset smartphone besar dunia, telah menyiapkan sebuah solusi yang mereka juluki dengan LTE Direct. Teknologi ini secara garis besar merupakan sebuah layanan discovery device-to-device, LTE Direct  ini mampu memanfaatkan dukungan dari spektrum jaringan LTE untuk membantu smartphone atau tablet apapun yang ada di dalam  satu  tempat dengan jangkauan 500 meter untuk saling bertukar informasi.

Qualcomm telah mengatakan bahwa LTE Direct memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan teknologi konektivitas lain yang sudah beredar sekarang  seperti  Bluetooth misalnya. Keunggulan lain dari teknologi ini adalah kemampuannya dalam menghemat tingkat konsumsi energi baterai.

Qualcomm Perkenalkan Teknologi LTE Direct, Apakah Kelebihannya?

LTE Direct mengalihkan tugas seperti timing dan juga alokasi resource ke jaringan LTE terdekat, jadi baterai smartphone anda  tidak akan terlalu dibebani oleh aktivitas tersebut. Perangkat dengan kemampuan LTE Direct mampu bangun secara otomatis lalu saling mencari perangkat terdekat untuk melakukan sinkronisasi.

Qualcomm juga menyadari bahwa teknologi ini juga perlu untuk melindungi privasi  dari penggunanya. Jadi perangkat yang akan saling terhubung tidak akan menyertakan identitas asli dari pemilik ataupun lokasi keberadaannya kepada perangkat lain. Mengingat teknologi ini memiliki ruang lingkup yang lebih luas dibandingkan dengan layanan lain, selain itu teknologi ini juga tidak terpaku pada satu platform mobile tertentu. Qualcomm meyakini bahwa LTE Direct ini bakal sangat cocok untuk berbagai kepentingan seperti push advertising, layanan pencarian serta loyalitas.

LTE Direct tengah diujicoba pada saat ini oleh berbagai perusahaan operator seluler dan tampaknya masih belum siap untuk diluncurkan pada tahun ini. Dan rencananya Qualcomm akan memamerkan kemampuan teknologi LTE Direct ini dalam ajang konferensi developer yang bertempat di San Fransisco pada pertengahan bulan September 2014 mendatang. Layak kita tunggu , teknologi terbaru yang dihadirkan oleh perusahaan Qualcomm  tersebut.

Demikian informasi yang bisa saya bagikan untuk pembaca semua, semoga bermanfaat.

Baca juga LiveLight, Software Cerdas Penghapus Bagian Membosankan dari Sebuah Video

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here