Review Xiaomi Mi4, Smartphone dengan Bodi Metalik Harga 3 Jutaan

0
13663
Xiaomi Mi4

OKETEKNO.COM – Pada bulan Juli lalu, produsen smartphone dari Cina yakni Xiaomi telah resmi mengumumkan produk barunya dengan nama Xiaomi Mi 4. Perangkat yang merupakan generasi penerus dari Mi 3 ini memiliki spesifikasi yang terbilang mumpuni sebagai ponsel kelas menengah. Casing logam yang membalutnya menjadikan keunggulan tersendiri sehingga perangkat ini merupakan cerminan smartphone premium dengan harga bersahabat.

Xiaomi Mi4

Perangkat ini mulai resmi dirilis pada bulan Agustus ini dan dijadwalkan akan hadir di Indonesia pada akhir Agustus. Setelah postingan sebelumnya dijlaskan spesifikasi lengkap Xiaomi Mi 4, maka untuk anda yang berencana membeli perangkat flaghship terbaru dari negeri tirai bambu ini tidak ada salahnya untuk menyimak ulasan review Xiaomi Mi 4 dibawah ini.

Desain dan Display Xiaomi Mi 4

Desain dari Xiaomi Mi 4 ini cukup elegan dengan balutan bodi metaliknya menjadikan smartphone ini agak sedikit berat dengan bobot 149 gram. Sedangkan untuk bodi dimensinya adalah 139.2 x 68.5 x 8.9 mm dengan pilihan warna Hitam dan Putih saja. Namun meskipun tersedia dalam varian 2 warna, pengguna dapat menggunakan aksesoris vack case dengan pilihan warna – warni yang berbeda.

Xiaomi mi 4

Layar yang diusung dalam smartphone ini telah menggunakan IPS (In Plane Switching) LCD capacitive touchscreen yang mampu menghasilkan tampilan layar bersih dan tajam dengan kontras maksimal. Ukuran layarnya sendiri adalah 5.0 inch sehingga cukup layak jika smartphone ini disebut phablet. resolusi yang dimiliki 1080 x 1920 pixels dengan kerapatan piksel ~441 ppi yang didukung dengan multitouch. Sayangnya pada kaca layarnya tidak dibekali dengan perlindungan layar serupa Corning Gorilla Glass sehingga pengguna dapat mengantisipasi goresan layar dengan screen protection.

Jaringan dan Performa Xiaomi Mi 4

Jaringan yang diusung pada Xiaomi Mi 4 ini telah mendukung GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100 serta LTE (TBA). Kecepatan koneksi internetnya DC-HSDPA 42 Mbps, HSDPA 21 Mbps, HSUPA 5.76 Mbps serta LTE. Jaringan GPRS dan EDGE pun menyertai untuk mendukung tetap terkoneksi internet ketika perangkat tidak terjangkau jaringan 3G. Xiaomi Mi 4 ini didukung dengansatu slot SIM berjenis microSIM sehingga memungkinkan pengguna untuk memotong SIM cardnya. Konektivitas lainnya yang dibekalkan pada perangkat ini adalah Bluetooth v4.0, A2DP, NFC, Infrared port, USB serta Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, Wi-Fi hotspot.

Performa yang dihasilkan dari smartphone ini tidak perlu diragukan lagi. Xiaomi Mi 4 ini ditenagai processor Quad-core Krait 400 dengan clock speed 2.5 GHz dari chipset Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801 yang merupakan chipset terbaik saat ini. Kinerjanya didukung dengan kapasitas RAM 3 GB sehingga mampu menjalankan multitasking dengan baik dan lancar. Sektor pengolah grafis menggunakan Adreno 330 yang mampu menghasilkan grafis yang cemerlang. Sistem operasi yang dijalankan Android OS, v4.4.3 (KitKat) dengan banyak pilihan fitur dan tema yang menarik.

Kamera Xiaomi Mi 4

Tidak dipungkiri lagi, fitur kamera cukup diperhitungkan dalam membeli sebuah perangkat smartphone. Apalagi dewasa ini sudah banyak produsen ponsel yang menawarkan kamera smartphone dengan resolusi tinggi setara dengan kamera digital, tidak terkecuali dengan produk Xiaomi Mi 4 ini. Smartphone ini memiliki kamera belakang berukuran 13 MP dengan resolusi 4128 x 3096 pixels. fitur-fitur nya telah dilengkapi dengan auto focus, LED flash, geo tagging, face and smile detection serta HDR.

Xiaomi Mi 4 - kamera

Selain itu, maraknya trend selfie yang kian menjadi trend saat ini menjadikan pihak Xiaomi menyematkan kamera depan pada smartphone ini yang cukup mumpuni untuk berselfie ataupun untuk video call. Kamera depan Xiaomi Mi 4 ini memiliki lensa berukuran 8 MP dengan kualitas [email protected] Kamera smartphone ini mampu merekam video dengan kualitas [email protected], [email protected] dengan HDR.

Memori dan Fitur Xiaomi Mi 4

Memori yang dibekalkan pada Xiaomi Mi 4 ini terbilang cukup gahar dengan dua varian internal yang berbeda. Terdapat varian internal 16 GB dan internal 64 GB yang tentnya dapat menampung beraneka ragam file, aplikasi serta banyak game pada smartphone ini. Sayangnya pihak Xiaomi tidak menyertakan slot microSD pada perangkat ini sehingga pengguna hanya berpuas dengan penyimpanan internal saja tanpa bisa mengekspansi dengan menggunakan microSD atau sejenisnya.

Fitur-fitur lain yang terdapat pada Xiaomi Mi 4 adalah sensor Accelerometer, gyro, proximity, compass dan barometer. Selain itu terdapat media hiburan FM radio, MP3 player, MP4 player, Java serta sistem navigasi GPS dengan teknologi A-GPS dan GLONASS. Fitur standart lainnya adalah organizer, photo/video editor, document viewer (Word, Exel, PowerPoint, PDF), voice memo/dial/commands serta predictive text input (Swype).

Baterai dan Harga Xiaomi Mi 4

Baterai yang digunakan untuk perangkat smartphone terbaru dari Xiaomi ini menggunakan jenis baterai Li-Ion dengan kekuatan 3080 mAh. Baterai tersebut terbilang memiliki daya besar sehingga mampu siaga dalam keadaan 3G selama 280 jam. Sayangnya baterai Xiaomi Mi 4 ini berjenis Non-removable sehingga pengguna tidak dapat melepas baterainya karena baterai menempel dengan ponsel.

Smartphone ini telah resmi dirilis. Menurut jadwal pihak Xiaomi, smartpone ini baru akan beredar di Indonesia pada akhir bulan Agustus mendatang. Harga Xiaomi Mi 4 untuk varian 16 GB adalah $320 atau sekitar Rp 3.7 jutaan. sedangkan untuk varian 64 GB dibanderol $400 atau sekitar Rp 4.7 jutaan. Kemungkinan harga smartphone ini di Indonesia akan lebih mahal, namun kita nantikan saja informasi selengkapnya dari pihak Xiaomi.

Baca Juga Review Acer Liquid E700, Smartphone Triple SIM dengan Performa Handal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here