4 Alternatif Cara Install Aplikasi Android Kesukaan Anda

2
53421
Install Aplikasi Android Melalui Google Play Store

OKETEKNO.COM – Salah satu keunggulan smartphone Android adalah tersedianya aplikasi yang sangat banyak yang bisa Anda dapatkan secara gratis maupun berbayar. Anda tinggal mencari aplikasi android terbaik kesukaan Anda di Google Play Store yang dulu bernama Android Market. Dengan aplikasi Android yang Anda install dapat membuat HP Android Anda menjadi memiliki beragam fungsi. Seperti untuk keperluan fotografi, entertainment, multimedia, sampai untuk urusan yang terkait dengan data dan tulisan.

Namun apakah Anda tahu kalau selain via Google Play Store, ada beberapa cara install beragam aplikasi Android terbaik kesukaan Anda. Kali ini saya akan memberikan 4 alternatif cara install aplikasi Android terbaik kesukaan Anda.

1. Google Play Store (Android Market)

Install Aplikasi Android Melalui Google Play Store

Tentunya bagi Anda yang mempunyai smartphone Android, sudah mengetahui tentang dengan market besutan Google ini, Google Play Store yang dulunya bernama Android Market. Selain lengkap dan beragam dengan berbagai aplikasi dan game menarik juga cukup mudah mendapatkan aplikasi yang ditawarkan. Begitupun ketika aplikasi tersebut tersedia versi update, maka notifikasi pada smartphone Android Anda akan menginformasikan agar Anda segera mengupdate aplikasi yang telah dipasang sebelumnya.

2. Android SDK (Install File APK)

Kalau dengan cara pertama di atas aplikasi yang ingin diinstal tersedia di Play Store, lalu bagaimana jika Anda mendapatkan file installasi aplikasi Android (APK) dari sumber lain, misalnya dari website/forum lain yang memang menyediakan file APK untuk di install? Nah cara Install aplikasi Android dengan Android SDK merupakan jawaban yang tepat. Nah, langkah-langkahnya adalah?

Sebelum Anda menginstall aplikasi Android APK, ubah terlebih dahulu settingan pada smartphone Android Anda untuk mengizinkan instalasi aplikasi dari sumber daya lain. Pada menu > Setting > Application Settings > Unknown Sources. Copy file *.apk yang Anda dapatkan ke SD Card Android Anda, kemudian buka dan jalankan installasinya. Setelah aplikasi sudah terpasang, aplikasi Android kesayangan Anda siap digunakan.

3. Android Injector
Cara lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi Android Injector. Aplikasi ini dapat Anda dapatkan dengan mencari di internet dengan bantuan search engine Google dengan keyword “install android injector”. Apabila sudah Anda dapatkan, maka Anda harus menginstallnya pada PC/Laptop Anda. Berikut ini langkah-langkah cara install aplikasi android dengan Android Injector :

  • Koneksikan PC/Laptop dengan smartphone Android Anda.
  • Setting smartphone Android Anda dengan konfigurasi : Setting > Applications > Development > centang tanda USB Debugging.
  • Jalankan aplikasi Android Injector
  • Klik Menu > Check for Attach Devices
  • Pilih file yang akan Anda install dengan mengklik Select File kemudian cari aplikasi yang ingin Anda install.
  • Setelah terpilih, klik Install to Devices, maka aplikasi akan terinstal di Smartphone Android Anda.
  • Setelah selesai, exit.

Selain menggunakan bantuan aplikasi Android Injector, Anda juga bisa menggunakan aplikasi manajer bawaan smartphone Anda, seperti Samsung Kies untuk smartphone Android keluaran Samsung.

4. Astro File Manager

Selain ketiga cara di atas, Anda juga dapat install aplikasi Android dengan menggunakan Astro File Manager. Ada banyak jenis aplikasi file manager di Play Store, salah satunya aplikasi file manager yang bernama ASTRO File Manager.

Jika Anda belum memilikinya, lebih baik Anda install dulu ASTRO File Manager ini. Jika Anda sudah memasang ASTRO File Manager, cari file APK yang tersimpan di kartu memori dengan menggunakan ASTRO File Manager tersebut. Klik APK tersebut maka akan muncul kotak dialog seperti ini.

Kemudian pilih aplikasi Android yang akan Anda install.

Atau Anda yang menyimpan aplikasi di Appsaver, dapat membukanya via aplikasi ASTRO File Manager ini, dan kemudian menginstall sesuka yang Anda inginkan. Dengan catatan, aplikasi yang terdapat dalam Appsaver, merupakan aplikasi yang pernah Anda download sebelumnya. Ini cukup efektif jika Anda yang sering bergonta-ganti ponsel Android.

Terima Kasih. Semoga bermnafaat.

2 COMMENTS

  1. saya jumpai hp yang tak bisa diinstal aplikasi selain dari playstore, dengan pesan sayang playstore telah berhenti meski sudah dicentang instal dari luar, meski pake apk instaler tetap gagal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here