Review Samsung Galaxy Alpha, Smartphone Handal Berlayar 4.7 inch

0
4249
Harga Samsung Galaxy Alpha

OKETEKNO.COM – Smartphone terbaru yang tengah digarap vendor smartphone Korea Selatan pada pertengahan tahun ini adalah Samsung Galaxy Alpha. Setelah beredar berbagai rumor tentang bentuk dan speknya, kini Samsung telah memperkenalkan secara resmi perangkat tersebut ke publik. Spesifikasi Samsung Galaxy Alpha pun telah diketahui pasca perkenalan pada bulan Agustus 2014 dari perangkat ini.

Samsung Galaxy Alpha

Smartphone ini belum dirilis secara resmi oleh pihak Samsung. Dijadwalkan perilisannya akan dilaksanakan pada bulan September mendatang. Meskipun demikian, kehadirannya telah menjadi perhatian tersendiri di kalangan pecinta gadget. Berikut review Samsung Galaxy Alpha yang kami sajikan untuk anda semua.

Desain dan Display Samsung Galaxy Alpha

Smartphone ini menyuguhkan desain yang cukup elegan dengan penggunaan bahan logam pada bezel atau frame bodinya. Memiliki dimensi 132.4 x 65.5 mm dengan ketipisan 6.7 mm. Meskipun menggunakan material logam, namun berat keseluruhan dari perangkat ini adalah 115 gram yang terbilang masih cukup ringan. Tersedia pilihan warna Charcoal Black, Sleek Silver, Dazzling White, Frosted Gold dan Scuba Blue sebagai pilihan warna untuk anda.

Spesifikasi Samsung Galaxy Alpha, Smartphone Tangguh dengan Harga Rp. 8 Jutaan

Layar Samsung Galaxy Alpha ini berukuran 4.7 inch dengan jenis layar Super AMOLED kapasitif dengan kepadatan mencapai ~312 ppi. Dilengkapi pula dengan fitur multitouch. Dilengkapi pula dengan lapisan anti gores Corning Gorilla Glass 4 yang cukup tangguh dan tahan benturan.

Jaringan dan Performa Samsung Galaxy Alpha

Pada review Samsung Galaxy Alpha ini, jaringan yang dijalankan adalah GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, 3G HSDPA850 / 900 / 1900 / 2100 serta jaringan 4G LTE 800 / 850 / 900 / 1800 / 1900 / 2100 / 2600. Pada smartphone ini dibekali satu slot SIM berjenis Nano SIM. Selain itu tersedia pula jaringan GPRS dan EDGE untuk koneksi internet di tempat yang tidak menjangkau 3G dan LTE. Konektivitas pada perangkat ini antara lain Bluetooth, NFC, USB dan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, Wi-Fi hotspot.

Performa yang dimiliki Samsung Galaxy Alpha ini cukup unggul dengan ditenagai processor Quad-core 1.8 GHz Cortex-A15 dan quad-core 1.3 GHz Cortex-A7 dari chipset Exynos 5 Octa 5430. Sistem operasi yang dijalankan juga menggunakan OS terbaru yakni Android OS, v4.4.4 KitKat. Sementara di sektor pengolah grafis dibekalkan Mali-T628 MP6. Kinerja Samsung Galaxy Alpha cukup responsif dan lancar karena didukung dengan kapasitas RAM 2 GB.

Kamera Samsung Galaxy Alpha

Kamera yang dibekalkan pada smartphone ini cukup mumpuni dengan bekalan dual kamera. Kamera utama memiliki lensa berukuran 12 MP dengan fitur auto focus dan LED flash. Fitur-fitur lainnya yang dibekalkan adalah dual camera, touch focus, face and smile detection, panorama dan HDR. Sementara kamera kedua ditanamkan lensa 2.1 MP untuk kebutuhan selfie dan video call penggunanya. Sayangnya pada kamera depannya tidak dilengkapi LED flash layaknya kamera depan smartphone premium terbaru saat ini.

Samsung Galaxy Alpha-kamera

Memori dan Fitur Samsung Galaxy Alpha

Di sektor memori ruang penyimpanan, perangkat ini memiliki memori internal yang cukup besar. Samsung Galaxy Alpa ini memiliki internal memori berukuran 32 GB. Dengan ukuran yang amsuk dalam kategori besar tersebut, pengguna dapat menyimpan banyak game dan aplikasi juga file-file multimedia pengguna. Namun sayangnya ruang penyimpanannya hanya sebatas internal dan tidak dilengkapi dengan slot microSD sebagai penyimpanan tambahannya.

Fitur Samsung Galaxy Alpha ini antara lain fingerprint sensor dan penghitung detak jantung seperti pada Samsung Galaxy S5. Namun sayangnya smartphone ini tidak mengantongi sertifikasi IP67 yang anti air dan debu. Fitur-fitur lain yang tersemat antara lain penyimpanan awan mencapai 50 GB, MP3 player, MP4 player, video recorder, GPS dan Java support. Selain itu dilengapi pula dengan Loudspeaker serta port audio 3.5 mm jack. Sayangnya pada smartphone ini tidak dilengkapi dengan fitur FM Radio sehingga pengguna tidak dapat mendengarkan siaran radio dari smartphone ini.

Baterai dan Harga Samsung Galaxy Alpha

Baterai yang tersemat dalam Samsung Galaxy Alpha adalah jenis Li-Ion dengan kekuatan 1860 mAh. Baterai tersebut terbilang kurang sepadan dengan CPU yang akan bekerja pada perangkat ini. Namun anda tidak perlu cemas karena Samsung Galaxy Alpha ini dilengkapi dengan Ultra Power Saving Mode sehingga cukup dapat diandalkan dalam mode hemat baterai.

Pihak Samsung memang telah memperkenalkan perangkat ini, namun belum memberikan informasi terkait harga Samsung Galaxy Alpha. Diperkirakan harga perangkat ini layaknya ponsel premium Samsung dan akan menyasak kalangan menengah keatas. Perkiraan harga perangkat ini adalah Rp 8 jutaan, namun untuk kepastiannya kita tunggu saja perilisannya secara resmi pada bulan September mendatang.

Baca Juga Review Evercoss A7A, Smartphone Dual-core 800 ribuan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here