Review Sony Xperia M2 Aqua, Android Tahan Air untuk Kalangan Menengah

0
12590
Sony Xperia M2 Aqua

OKETEKNO.COM – Smartphone tahan air nampaknya akan menjadi trend tersendiri sebagai gadget pilihan. Namun tingginya harga smartphone tahan air membuatnya hanya mampu terbeli oleh kalangan atas saja. Hal tersebut menjadikan produsen smartphone Jepang yakni Sony meluncurkan smartphone tahan air terbarunya yakni Sony Xperia M2 Aqua. Tidak seperti seri Xperia Z yang memiliki harga tinggi, perangkat Xperia M2 Aqua ini akan dibanderol dengan harga yang terjangkau untuk kalangan menengah.

Sony Xperia M2 Aqua

Sebelumnya telah saya ulas secara lengkap tentang spesifikasi Sony Xperia M2 Aqua. Smartphone yang dijadwalkan rilis bulan September 2014 ini akan dipasarkan secara global. Sebelum anda memutuskan berencana membeli smartphone tahan air ini, tidak ada salahnya untuk menyimak review Sony Xperia M2 Aqua yang saya ulas dibawah ini.

Desain dan Display Sony Xperia M2 Aqua

Dari segi desain, Sony Xperia M2 Aqua ini memiliki desain yang mirip dengan pendahulunya yakni Sony Xperia M2. Sebagai ponsel tahan air, Sony membuat desain smartphone ini berbentuk persegi panjang. Meskipun demikian, smartphone ini cukup nyaman ketika digenggam dengan tangan. Memiliki bodi dimensi 140 x 72 x 8.6 mm dengan berat keseluruhan 149 g. Sayangnya smartphone ini hanya tersedia dalam pilihan warna Hitam dan Putih saja.

Sony Xperia M2 Aqua - hands on

Display atau layar dari Xperia M2 Aqua ini cukup tajam dan cemerlang karena telah mengusung teknologi layar IPS LCD capacitive touchscreen dengan kepadatan mencapai ~229 ppi pixel. Layar yang berukuran 4.8 inch degan resolusi 540 x 960 pixels mampu memberikan tampilan yang maksimal. Kemampuan multitouch dari smartphone ini mampu mendukung hingga 4 sensor sentuhan. Anda pun tidak perlu cemas layar tergores, karena kaca layarnya telah dilapisi pelindung layar Scratch-resistant glass meski tidak setangguh Corning Gorilla Glass.

Jaringan dan Performa Sony Xperia M2 Aqua

Smartphone kelas menengah dari Sony ini akan membawakan jaringan GSM, 3G HSDPA serta jaringan 4G LTE. Tersedia slot SIM berjenis micro untuk mendukung semua koneksinya. DI sisi konektivitas, perangkat ini dibekali dengan Bluetooth, USB, NFC serta Wi-Fi 802.11 a/b/g/n dan Wi-Fi Hotspot. Anda pun tidak perlu khawatir ketika smartphone ini berada di luar jangkauan 3G dan LTE karena ponsel ini dilengkapi dengan jaringan GPRS dan EDGE sehingga tetap mampu terkoneksi ke internet. Kecepatan internet HSDPA mencapai 42 Mbps sedangkan kecepatan LTE mencapai 50 Mbps UL dan 150 Mbps DL.

Untuk dapur pacu atau performa dari Xperia M2 Aqua cukup dapat diandalkan. Dibekali dengan processor Quad-core Cortex-A7 yang melaju dengan top speed 1.2 GHz. Processor dari chipset Qualcomm MSM8926-2 Snapdragon 400 tersebut akan ditopang dengan memori RAM 1 GB sehingga cukup lancar dalam menjalankan multitasking dari aplikasi-aplikasi berat sekalipu. Untuk segi pengolah grafis, disematkan Adreno 305 yang akan memberikan tampilan grafis cukup tajam ketika anda bermain game. Menariknya, Xperia M2 Aqua telah menjalankan sistem operasi Android v4.4.2 KitKat.

Kamera Sony Xperia M2 Aqua

Fitur kamera sekarang ini menjadi bahan pertimbangan tersendiri ketika membeli perangkat smartphone. Begitu pula dengan Xperia M2 Aqua ini yang menawarkan kamera utama beresolusi tinggi 3264 x 2448 pixels dengan lensa 8 MP. Fitur-fitur dari kamera belakang tersebut diantaranya auto focus dan LED flash yang dapat membidik obyek gambar dengan focus yang baik meskipun di tempat yang minim cahaya. Fitur lainnya adalah geo-tagging, face and smile detection, touch focus, HDR dan Panorama. Kemampuan kamera utama ini dalam merekam video pun cukup tangguh dengan kualitas [email protected] disertai fitur HDR. Sayangnya kamera depan pada Sony Xperia M2 Aqua ini tidak setangguh kamera utamanya karena hanya dilengkapi dengan lensa berjenis VGA berkualitas 480p. Tentunya dengan kamera depan tersebut kurang begitu maksimal untuk berselfie, namun tetap dapat digunakan untuk panggilan video.

Sony Xperia M2 Aqua- Kamera

Memori dan Fitur Sony Xperia M2 Aqua

Bagi anda yang suka mengunduh aplikasi dan game, anda tidak perlu cemas dengan ruang penyimpanan kecil pada smartphone ini karena Xperia M2 Aqua ini dibekali dengan penyimpanan internal yang lumayan besar. Memori internal yang dibekalkan berukuran 8 GB sehingga cukup mampu menampung banyak aplikasi dan game. Selain itu anda dapat mengupgrade melaluui penyimpanan eksternal yakni microSD hingga kapasitas maksimal 32 GB.

Fitur unggulan yang disuguhkan oleh Xperia M2 Aqua adalah kemampuan tahan air dan tahan debu yang dimilikinya. Dengan mengantongi sertifikasi IP65/IP68 menjadikan perangkat ini mampu dioperasikan di kedalaman air 1.5 meter selama 30 menit (bukan air laut) dan menjadikannya tahan debu. Fitur fitur lainnya yang ikut disuguhkan oleh Xperia M2 Aqua adalah GPS, Java, Browser, FM radio, MP3 player, MP4 player, Loudspeaker dan port audio 3.5 mm jack.

Sony Xperia M2 Aqua

BateraI dan Harga Sony Xperia M2 Aqua

Sebagai ponsel handal, smartphone ini tidak ditenagai dengan baterai yang berdaya kecil. Keseluruhan dari aktivitas smartphone ini ditopang oleh baterai berdaya 2300 mAh dari Li-Ion. Pihak Sony mengklaim bahwa Xperia M2 Aqua ini mampu stand-by selama 595 hingga 641 jam, waktu bicara hingga 11 h 23 min (2G) dan waktu pemutar musik hingga 37 h 11 min. Namun sayangnya baterai yang disematkan berjenis Non removable yang tidak dapat dilepas.

Seperti yang saya sebutkan diatas bhwa smartphone ini akan disasar untuk kalangan menengah. Dengan berbagai spesifikasi handal yang ada diatas, nyatanya harga yang akan dibanderolkan pada perangkat ini tidak terlalu mahal. Meskipun baru akan dirilis bulan September mendatang, diperkirakan harga Sony Xperia M2 Aqua sekitar Rp 3 jutaan. Namun kepastiannya kita nantikan saja perlisan resminya.

Sekian sedikit informasi dari saya terkait review Sony Xperia M2 Aqua, semoga bermanfaat dan dapat membantu anda sebagai pengetahuan sebelum membeli ponsel ini.

 Baca Juga Review Samsung Galaxy Alpha, Smartphone Handal Berlayar 4.7 inch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here