Intip Nokia Persiapkan Uji Coba Jaringan 5G, Yuk !

0
2339

OKETEKNO.COM – Nokia merupakan salah satu brand kenamaan yang belakangan melakukan kerja sama dengan Microsoft dan Microsoft sendiri telah resmi mengakuisi beberapa perangkat dari Nokia seperti Windows phone. Namun ternyata masih ada beberapa perangkat yang memang belum diakuisisi oleh Microsoft.

5g

Nokia Network sebelumnya merupakan perusahaan penghasil merger antara Nokia dengan Siemens yang dulunya adalah Nokia-Siemens Network. Dan Per Juli 2014, Nokia pun resmi membeli saham Siemens pada Nokia-Siemens Network tersebut dan alhasil kini menjadi Nokia Network.

Nokia Network sendiri mengembangkan yakni switchgear yang digunakan oleh para operator seluler untuk dapat mengembankan jaringan mereka. Dan kini Nokia Network telah merencanakan untuk dapatnya membentuk standar jaringan terbaru dalam komunikasi nirkabel yakni jaringan 5G.

Hal yang serupa pun dilakukan oleh para pesaingnya yakni Ericsson, Alcatel-Lucent, dan Huawei. Nokia sendiri akan segera melakukan uji coba jaringan 5Gnya tersebut di Oulu, Finnlandia pada awal tahun 2015 depan. Nokia juga mengungkapkan bahwa akan siap berbagi API dengan mitra investastor bahkan pesaing guna untuk membentuk model kolaboratif yang lebih baru.

Menurut beberapa pihak, jalan yang diambil oleh Nokia ini adalah jalan yang cukup baik dengan sedikit kekecewaan yang mungkin akan muncul jika terjadi persaingan standar. Namun hingga kini pihak Nokia juga belum memberikan keterangan mengenai spesifikasi jaringan 5Gnya.

Meski begitu kabar juga menyebutkan bahwa jaringan 5G Nokia ini akan mengusung 1000 kali lipat dari kapasitas jaringan LTE saat ini. Jaringan ini juga mengusung antara 10 dan 100 throughput tingkat data dari yang sekarang.

Disebut juga bahwa jaringan 5G ini akan dapat mengurangi konsumsi energi sebesar 90%, dengan tingkat latency yang akan berkurang lima kali lipat end to end. Dengan begini mungkin kecepatan yang diusungnya lebih dari 500 Mbps dan tingkat latency pada kisaran sub-20 milidetik.

Pihak Nokia nampaknya memang tengah serius menggarap jaringan terbarunya ini, hal ini juga terlihat bahwa vendor ini telah berdiskusi dengan pihak NTT DoCoMo. Dan Samsung akan bergabung untuk menjadi bagian dari percobaan 5G DoCoMo di Jepang.

Baca Juga Harga dan Spesifikasi Nokia Lumia 1520v Mini Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here