Internet di Indonesia Terancam Mati Total ? Benarkah ?

1
2456
Kiamat Internet

OKTEKNO.COMInternet Indonesia mati total, benarkah berita tersebut ? Jika hal tersebut benar adanya maka bisa dipastikan kemudahan memperoleh semua informasi lewat internet pupus. Bahkan impian Indonesia untuk menyediakan akses internet cepat dan tidak terbatas nampaknya akan tergantung begitu saja. Namun apakah yang menyebabkan rumor Internet di Indonesia terancam mati total ?

Kiamat InternetRumor tersebut nampaknya akan benar-benar terjadi jika semua penyedia layanan internet di Indonesia mematikan layanannya. Hal tersebut bukannya tidak beralasan, hal ini terjadi lantaran kasus yang tengah dialami mantan Direktur Utama Indosat Mega Media (IM2) yakni Indar Atmanto yang telah divonis hukuman penjara terkait tuduhan korupsi pengadaan jaringan 2.1 GHz/3G dari PT Indosat. IM2 dianggap menggelar layanan 3G namun tanpa mengantongi izin layanannya. Layanan 3G yang diadakan oleh IM2 tersebut selama ini diketahui menyewa frekuensi dari operator Indosat yang memang telah memiliki izin untuk mengoperasikan jaringan 3G. Alhasil Mantan Dirut IM2 tersebut divonis kurungan 8 tahun penjara serta denda sebesar Rp 300 juta dengan subsider kurungan 6 bulan.

Para penyedia Jasa Internet yang ada di Indonesia yang berjumlah lebih dari 200 ISP (Internet Service Provider) tentunya tidak ingin bernasib sama dengan kasus yang dialami Manta Dirut IM2 tersebut. Para penyedia jasa internet tersebut merasa terancam akan kasus tersebut karena kebanyakan bisnis yang mereka geluti selama ini menggunakan model yang sama. Untuk itu mereka tengah bersiap untuk mematikan layanan internet jika diklaim model bisnis yang telah mereka pergunakan selama ini dianggap menyalahi aturan yang telah ditetapkan oleh regulator telekomunikasi seperti Kementrian Kominfo dan Badan Regulasi Telekomuniasi Indonesia (BRTI).

Lalu apa jadinya jika internet mati total terjadi di Indonesia ? maka tentunya hal ini akan merugikan banyak pihak tidak terkecuali negara. Seperti di contohkan transaksi yang di IDX (Indonesia Stock Exchange) yang mempergunakan jasa internet setiap harinya. Selain itu banyak industri yang menggunakan koneksi internet seperti perbankan, online trading, institusi, pemerintahan, pendidikan, sosial media dan bahkan situs berita dan informasi. Hal tersebut tentu akan memberikan kerugian yang tidak sedikit bagi negara.

Dan yang juga terkena imbasnya jika Indonesia kiamat internet adalah pada masyarakatnya yang selama ini banyak menggandalkan internet sebagai media informasi dan pengetahuan. Kita berharap saja jika rumor internet di Indonesia terancam mati total tidak akan terjadi.

Baca Juga Rumor, Lenovo Tengah Siapkan Sisley, Smartphone Mirip iPhone 6

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here