Mito Fantasy U A60 vs Smartfren Andromax V3S, Duel Smartphone Duo Kamera LED Flash

0
13686
Perbandingan Mito Fantasy U A60 vs Smartfren Andromax V3S

OKETEKNO.COMMito Fantasy U A60 vs Smartfren Andromax V3S adalah dua smartphone berlayar lebar yang telah hadir di pasar smartphone Indonesia. Kedua ponsel cerdas, yaitu Mito Fantasy U A60 dan Smartfren Andromax V3S sama – sama memiliki duo kamera lengkap dengan LED flash atau Flash Light sehingga mampu mendukung kebutuhan fotografi baik menggunakan kamera depan ataupun kamera belakang.

Mito Fantasy U A60 sendiri merupakan smartphone terbaru dari vendor lokal Mito dimana saat ini tengah gencar meluncurkan produk smartphone barunya. Sementara sang rival yaitu Smartfren Andromax V3S merupakan produk ponsel cerdas dari vendor telekomunikasi berbasis CDMA dimana telah melebarkan pangsa pasarnya untuk memproduksi smartphone. Baik Mito Fantasy U A60 atau Smartfren Andromax V3S memiliki fitur unggulan. Bagi anda yang berniat membeli salah satu smartphone berkamera depan mumpuni dilengkapi LED Flash ini ada baiknya menyimak ulasan lengkap Mito Fantasy U A60 vs Smartfren Andromax V3S, Duel Smartphone Duo Kamera LED Flash dibawah ini.

Perbandingan Mito Fantasy U A60 vs Smartfren Andromax V3S

Layar Mito Fantasy U A60 vs Smartfren Andromax V3S

Layar pada Mito Fantasy U A60 memiliki ukuran cukup luas yakni 5.0 inch serta mengusung resolusi 720 x 1280 pixels. Jenis layar didalam ponsel cerdas besutan Mito Mobile adalah IPS LCD capacitive Touchscreen with Dragontrail® dimana membawakan kedalaman warna mencapai 16.7 juta warna serta memiliki kerapatan layar mencapai ~320 pixel per inch. Menariknya harga Mito Fantasy U A60 yang memang terjangkau ini, layarnya telah dilengkapi dengan lapisan anti gores dari Corning Gorilla Glass.

Sementara untuk layar Smartfren Andromax juga imbang dimana mengusung layar berukuran 5.0 inch serta beresolusi 720 x 1280 pixels. Jenis layar pada smartphone berbasis CDMA pada salah satu SIM nya, adalah IPS LCD with OGS Capacitive touchscreen yang mampu menghasilkan kualitas layar cukup bening nan tajam. Kepadatan layar perangkat Anromax V3S sendiri adalah ~294 pixel per inch serta dilengkapi dengan lapisan anti gores. Dari sektor layar Mito Fantasy U A60 lebih unggul dari Smartrfren Andromax V3S.

Desain Mito Fantasy U A60 vs Smartfren Andromax V3S

Desain dalam smartphone terbaru Mito mengusung desain premium dimana telah mengusung material leather case untuk membungkus bodi belakangnya. Sementara bahan untuk casing depannya adalah plastik. Namun pinggiran atau bezel di sepanjang sisinya telah mengusung bahan logam sehingga mampu menyuguhkan kesan premium dalam perangkat murah ini. Dimensi yang dimiliki adalah 144.8 x 72 x 8.8 mm serta memiliki berat 140 gram. Pilihan warna untuk Mito Fantasy U adalah Hitam dan Putih.

Sementara untuk desain Andromax V3S dimana juga besutan vendor lokal ini mengusung desain elegan menggunakan layar framless. Material pada casing belakangnya adalah plastik berjenis doff sementara pada bagian casing depan juga masih menggunakan material plastik. Tidak kalah dengan Mito Fantasy U, Andromax V3S juga dibekali material aluminium pada bezel sampingnya. Dimensi smartphone ini adalah 141.2 x 69.2 x 8.9 mm serta mengusung bobot terpaut sedikit lebih ringan yakni 139 gram. Pilihan warnanya adalah White, Black, Dark Blue. Dari desain antara Mito Fantasy U A60 vs Smartfren Andromax V3S, jelas Mito Fantasy U A60 lebih unggul.

Performa Mito Fantasy U A60 vs Smartfren Andromax V3S

Dapur pacu dalam Mito Fantasy U ditenagai oleh chipset Qualcomm® Snapdragon™ dimana didalamnya tersemat processor Quad Core berlaju 1.2 GHz serta telah diimbangi oleh RAM berkapasitas 1 GB sehingga mampu menghasilkan performa responsif dan powerfull bahkan saat pengguna menjalankan multitasking. Untuk pengolah grafis atau GPU mengusung Mali 400MP untuk menyuguhkan grafis mulus untuk penggunanya.

Sementara untuk performa Smartfren Andromax V3S juga tidak kalah gaharnya dengan mengusung processor Quad-core 1.2 GHz hasil manufaktur chipset Qualcomm Snapdragon MSM8612. Performanya juga akan disempurnakan oleh RAM berkapasitas 1 GB sehingga juga mampu mendukung multitasking aplikasi dan game berat. Untuk pengolah grafisnya menggunakan Adreno 302. Baik Mito Fantasy U A60 dan Smartfren Andromax V3S sama – sama mengusung sistem operasi Android OS v4.4 KitKat.

Kamera Mito Fantasy U A60 vs Smartfren Andromax V3S

Sektor kamera memang sama-sama diunggulkan baik oleh Mito Fantasy U A60 atau Smartfren Andromax V3S. Pada Mito Fantasy U mengusung kamera utama di belakang bodinya Beresolusi cukup besar yaitu 13 MP. Kamera tamanya tersebut disokong oleh fitur auto focus dan Flash light untuk memberikan kualitas lebih baik saat digunakan membidik obyek ditempat gelap. Bagi penggemar selfie, akan disuguhkan kamera depan beresolusi 5 MP dilengkapi Flash Light sehingga pengguna dapat berselfie dengan leluasa meskipun di tempat yang pencahayaannya minim sekalipun.

Sedangkan untuk sektor fotografi dalam smartphone Andromax V3S, nampaknya harus mengakui kekalahan dari pesaing barunya tersebut. Smartphone ini memiliki kamera utama beresolusi 8 MP dimana telah disempurnakan fitur LED Flash dan auto focus untuk mendukung kebutuhan fotografinya. Untuk kamera selfie atau kamera depan juga kalah dari Mito Fantasy U karena dalam Andromax V3S masih mengung kamera depan beresolusi 2 MP meskipun juga dibekali LED Flash. Dari sektor kamera, jelas Mito Fantasy U A60 lebih unggul dari Smartfren Andromax V3S. Namun baik Mito Fantasy U A60 atau Smartfren Andromax V3S imbang dalam merekam video beresolusi HD 720p.

Memori Mito Fantasy U A60 vs Smartfren Andromax V3S

Ruang penyimpanan dalam Mito Fantasy U A60 lumayan besar yakni mengusung kapasitas internal 8 GB. Namun dibekali pula dengan kemampuan ekspansi melalui microSD hingga kapasitas 32 GB untuk menyimpan beragam aplikasi, game dan file multimedia.

Sementara ruang penyimpanan Smartfren Andromax V3S lebih unggul ketimbang Mito Fantasy U karena dibekali kapasitas internal lumayan besar berkapasitas 8 GB untuk menyimpan beragam aplikasi pengguna. Dalam perangkat ini juga mendukung perluasan memori menggunakan microSD yang juga mampu mendukung kapasitas maksimal 32 GB sebagai penyimpanan eksternalnya.

Mito Fantasy U A60 vs Smartfren Andromax V3S

Spesifikasi Mito Fantasy U A60 vs Smartfren Andromax V3S
Spesifikasi Mito Fantasy U A60 Smartfren Andromax V3S
SIM Dual SIM (GSM and GSM) stand by Dual-sim (CDMA and GSM) stand by
Jaringan 2G GSM 900 / 1800 MHz GSM
Jaringan 3G WCDMA 900 / 2100 MHz CDMA EVDO Rev.A
Jaringan 4G No No
Ukuran Layar 720 x 1280 pixels, 5.0 inch (~320 ppi pixel density) 720 x 1280 pixels, 5.0 inch (~294 ppi pixel density)
Jenis Layar IPS LCD capacitive Touchscreen with Dragontrail®, 16.7M colors IPS LCD with OGS Capacitive touchscreen
Perlindungan layar Corning Gorilla Glass Yes
Dimensi Bodi 144.8 x 72 x 8.8 mm 141.2 x 69.2 x 8.9 mm
Berat 140 g 139 g
Multitouch Yes Yes
Kamera Belakang 13 MP 8 MP, 3200×2400 pixels
Fitur Auto focus, Flash Light auto focus, LED flash
Kamera Depan 5 MP, Flash Light 2 MP, 1600×1200 pixels with LED flash
Video Yes, HD 720p Yes, HD 720p
OS Android 4.4 KitKat Android OS, v4.4 KitKat
Chipset Qualcomm® Snapdragon™ Qualcomm Snapdragon MSM8612
CPU Quad Core 1.2 GHz Quad-core 1.2 GHz
GPU Mali 400MP Adreno 302
RAM 1 GB RAM 1 GB RAM
Memori Internal 8 GB 8 GB
Memori Eksternal microSD up to 32 GB microSD up to 32 GB
GPRS dan EDGE Yes Yes
WLAN WiFi 802.11 b/g/n Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot
Bluetooth Bluetooth v4.0 v4.0 with A2DP
NFC No No
USB USB Micro 5 Pin microUSB v2.0
GPS Yes Yes
Radio FM Radio Stereo FM
Browser Yes Yes
Baterai Li-Ion 2000 mAh Removable 2500 mAh
Warna White, Black White, Black, Dark Blue
Harga Rp 1.474.000 Rp 1.979.000,-

Kesimpulan Mito Fantasy U A60 vs Smartfren Andromax V3S

Dari ulasan perbandingan Mito Fantasy U A60 vs Smartfren Andromax V3S dapat diambil kesimpulan bahwa Mito Fantasy U A60 lebih unggul dari Smartfren Andromax V3S dilihat dari sektor layar, desain, kamera juga harga Mito Fantasy U A60 lebih murah ketimbang Smartfren Andromax V3S meskipun memiliki penyimpanan internal lebih besar. Harga Smartfren Andromax V3S juga lebih mahal dari harga Mito Fantasy U.

Namun masih banyak pihak meragukan kamera dan kualitas sebuah smartphone lokal, dimana banyak produk ponsel cerdas lokal yang memiliki kamera beresolusi tinggi namun hasilnya kurang memuaskan karena menggunakan kamera interpolasi. Untuk keputusan meminang antara Mito Fantasy U A60 atau Smartfren Andromax V3S, tentunya ada pada anda masing-masing.

Baca Juga Duel LG G3 Stylush vs Samsung Galaxy Grand 2, Mana Yang Terbaik ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here