Fitur Terbaru Android Lollipop dengan Material Design

0
8007
Sistem operasi Android Lollipop

OKETEKNO.COMAndroid Lollipop adalah sistem operasi paling baru dari Google yang telah resmi diluncurkan pada 26 Oktober 2014 lalu. Sebelumnya telah tersedia sistem android v4.4.4 KitKat dari Google. Bersamaan dengan diluncurkannya OS terbaru Android Lollipop tersebut, Google juga turut memperkenalkan dua smartphone seri Nexus yakni Motorola Nexus 6 dan tabet HTC Nexus 9. Lantas apa saja fitur terbaru yang dibawakan sistem operasi terbaru dari Google ini ?

Dengan di launcingnya sistem operasi Android Lollipop terbaru ini, para produsen smartphone dan tablet pun juga mengumumkan akan mengupdate perangkatnya alam waktu dekat ini. Para vendor smartphone yang mengumumkan akan menyediakan update sistem operasi lollipop diantaranya adalah Samsung, Motorola, HTC, Sony dan LG. Berikut fitur terbaru Android Lollipop dengan material design yang menarik.

Sistem operasi Android Lollipop

Desain

Dalam sistem operasi Android Lollipop ini memiliki desain yang cukup elegan dengan mengusung warna warni menarik. Selain itu navigasi pada layarnya juga lebih mudah. Android Lollipop ini juga diklaim lebih responsif akan sentuhan dan suara yang dikenal dengan material desain. Tampilan antarmuka yang dimiliki juga lebih berani dengan feedback yang halus namun jelas.

Notifikasi

Pada Android Lollipop v5.0 ini memiliki desain notifikasi yang fresh. Notifikasi yang dimiliki dapat menampilkan prioritas atau menyembunyikan siapa saja yang tidak diprioritaskan. Selain itu fitur baru dari notifikasinya adalah kemunculan diatas dari aplikasi yang sedang berjalan dimana memungkinkan pengguna untuk melihatnya tanpa memindah jendela layar. Untuk menempilkan notifikasinya, pengguna tinggal menggesernya kebawah.

Keamanan

Android Lollipop ini juga memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi. Sistem operasi ini hadir dengan enkripsi otomatis dimana mampu melindungi data jika hilang ataupun tercuri didalam perangkatnya.

Device Sharing

Pada perangkat yang telah menggunakan OS Lollipop ini dapat sharing atau berbagi data dan file dengan lebih mudah dan cepat. Didalam OS ini akan tersedia dukungan untuk banyak aplikasi baru yang akan mendukung kinerja perangkat. Selain itu dukungan Bluetooth 4.1, USB audio serta burst photo dapat menjadi aplikasi pihak ketiga.

Hemat Baterai

Sistem operasi baru dari Google ini juga memiliki keungguan lebih hemat baterai dari sistem operasi sebelumya.Perangkat dengan OS Lollipop memiliki baterai lebih tahan lama. Selai itu dibekali ula dengan perkiraan waktu tersisa dari pengisian penuh dimana akan ditampilkan saat perangkat dihubungkan ke sumber listrik. Usut punya usut, fitur notifikasi baterai yang dimiliki Android Lollipop paling akurat lho..!!

Android Lollipop

New Quick Settings

New quick settings atau pengaturan cepat baru merupakan salah satu fitur dalam Android OS v5.0 Lollipop ini. Dengan adanya fitur ini tentunya pengguna akan lebih mudah dalam menavigasi layar serta widgetnya. Dengan dua gesekan turun dari layar atas kebawah dapat mengontrol hotspot, rotasi layar, on/off wi-fi, Bluetooth serta GPS. Selain itu pengguna dapat dengan mudah mengontrol kecerahan dalam kondisi tertentu secara lebih mudah tanpa membuka menu utama settings.

Konektivitas

Dengan sistem operasi android Lollipop memberikan kenyamanan konektivitas dimana sistem tidak akan memutus koneksi internet jika pengguna berpindah dari jaringan wi-fi ke paket data ataupun sebaliknya. Selain itu ada pula dditur dimana koneksi data internet hanya akan berjalan jika ada jaringan hotspot dengan menggunakan wi-fi sehingga tidak akan menghabiskan pulsa reguler yang dimiliki.

Grafis lebih baik

Dari sistem operasi Lollipop ini tentu mampu menghasilkan grafis lebih baik, halus namun tajam yang akan memanjakan pengguna saat streaming video atau bermain game. Apalagi jika hardware perangkatnya memang mengusung hardware mumpuni, maka jelas akan lebih bagus lagi.

Run Time and Performance

Pada OS Lillipop ini dilengkapi dengan ART yakni sebuag run time android terbaru dimana akan memberikan dan meningkatkan performa perangkat lebih responsif terhadap aplikasi atau kinerja lainnya. hasilnya mampu meningkatkan kinerja perangkat 4x lipat.

Tambahan 15 Bahasa Baru

Dibandingkan dengan sistem operasi sebelumnya yakni KitKat, Android Lollipop ini lebih unggul dengan tambahan 15 bahasa baru yang dapat digunaan. Kelima belas bahasa tersebut diantaranya adalah Bahasa Basque, Bengali, Burma, China (Hong Kong), Galicia, Islandia, Kannada, Kyrgyz, Macedonia, Malayalam, Marathi, Nepal, Sinhala, Tamil, dan telugu. Dengan demikian total jumlah bahasa yang ada pada Android Lollipop adalah 68 bahasa.

OK Google

Akan lebih mudah dalam browsing internet menggunakan mesin pencari Google. Pengguna dapat mengguakan fiur Google bahkan saat layar tidak aktif dengan cara mengatakan ‘OK Google’ pada perangkat, maka akan secara otomatis perangkat mengakses Google.

Android TV

Dengan android Lollipop maka akan memudahkan pengguna dalam mengakses Google Cast ataupun pencarian dengan menggunakan suara untuk Google Play, You Tube dan aplikasi yang mendukung. Dengan begitu kita bisa melihat dengan cara mengatakan apa yang ingin kita lihat.

Demikian sedikit ulasan mengenai fitur terbaru dari sistem operasi Android Lollipop v5.0 yang dapat saya sampaikan. Anda dapat mengecek daftar smartphone yang mendapat upgrade OS Android Lollipop dengan klik disini. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda.

Baca Juga Cara Ubah Launcher Windows Phone ala iPhone iOS 7

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here