Acer Liquid Jade vs Lenovo Sisley, Duel Smartphone Tangguh 3 Jutaan

0
1774
Duel Acer Liquid Jade vs Lenovo Sisley

OKETEKNO.COMAcer Liquid Jade vs Lenovo Sisley adalah dua smartphone terbaru yang sama-sama menawarkan spesifikasi yang mumpuni dan performa tangguh. Dua smartphone tersebut sama-sama mengusung harga di angka 3 jutaan. Bagi anda yang saat ini tengah mencari smartphone kelas menengah dengan spesifikasi gahar, Acer Liquid Jade ataupun Lenovo Sisley ini dapat menjadi rekomendasi yang tepat.

Untuk Acer Liquid Jade sendiri saat ini telah tersedia di pasar smartphone Indonesia. Sementara untuk Lenovo Sisley sendiri masih sebatas dirilis oleh vendor asal Tiongkok dan kemungkinan nantinya akan menyambangi para pecinta gadget di tanah air. Lalu apa jadinya jika dua smartphone ini terlibat pertarungan sengit ? siapakah yang terbaik antara Acer Liquid Jade vs Lenovo Sisley yang sama-sama menawarkan harga 3 jutaan ini ? langsung saja simak ulasan lengkap perbandingan Acer Liquid Jade vs Lenovo Sisley dibawah ini.

Perbandingan Acer Liquid Jade vs Lenovo Sisley

Duel Acer Liquid Jade vs Lenovo Sisley

Desain Acer Liquid Jade vs Lenovo Sisley

Acer Liquid Jade memang sengaja diproduksi bagi penggunanya yang ingin tampil modis karena desain Liquid Jade ini sungguh cukup menawan. Meskipun material yang digunakan adalah plastik glossy yang mengkilap namun bodinya lumayan tipis dengan ketebalan 7.5 mm saja. Hanya saja kelemahan dari casingnya adalah mudah kotor karena cap sidik jari pengguna pada casingnya yang mengkilap. Secara keseluruhan dimensi Acer Liquid Jade adalah 140.5 mm x 69 mm denga bobot cukup ringan hanya 110 gram sehingga pengguna akan terasa nyaman saat menggunakannya. Desain empat sudutnya membulat dan dibagian bawah layarnya bersih dari tombol virtual.

Sementara desain Lenovo Sisley tidak kalah menawannya dimana mengadopsi desain dari iPhone 6 baik dari lekukan bodinya maupun usungan material yang digunakan. Bodinya dibungkus kombinasi metal dan glass yang membuatnya terlihat mewah nan elegan. Bodinya pun lebih tipis dari Liquid Jade yakni anya 6.9 mm saja. Untuk dimensi dari Lenovo Sisley cenderung sedikit lebih besar yakni 146 mm x 71.7 mm dengan bobot yang lebih berat berukuran 129 gram. Dibagian bawah layarnya terdapat tiga tombol kapasitif dengan bentuk empat sudut melengkung.

Layar Acer Liquid Jade vs Lenovo Sisley

Acer Liquid Jade dan Lenovo Sisley sama – sama mengusung bentang layar berukuran 5.0 inch namun tentunya memiliki ketangguhan layar berbeda. Pada layar Acer Liquid Jade menggunakan teknologi IPS LCD capacitive touchscreen beresolusi 720 x 1280 pixels serta memiliki kerapatan layar mencapai ~294 pixel per inch. Pada layar luasnya juga mampu mendukung multitouch dengan layar berlapis Corning Gorilla Glass 3 yang akan melindungi layarnya dari goresan.

Sementara layar Lenovo Sisley hadir dengan luas 5.0 inch dengan resolusi dan kepadatan yang sama. Resolusi yang dimiliki 720 x 1280 pixels dan kepadatan layar ~294 ppi. Namun jenis layar yang digunakan pada Lenovo Sisley lebih unggul dengan teknologi Super AMOLED yang lebih bening dan tajam. Sayangnya Lenovo Sisley harus mengakui kekalahan di sektor layar anti goresnya karena kaca layar smartphone ini tidak dilapisi lapisan anti gores.

Performa Acer Liquid Jade vs Lenovo Sisley

Untuk sektor pendaya gedor antara Acer Liquid Jade vs Lenovo Sisley sama-sama unggul dengan kapasitas RAM sama. Hanya saja pada Acer Liquid Jade mengusung processor Quad-core Cortex-A7 dengan kecepatan lebih tinggi yakni 1.3 GHz besutan chipset Mediatek MT6582. Processor tersebut akan memberikan performa responsif dimana akan ditunjang dengan RAM 1 GB. Di sektor pengolah grafis pada Liquid Jade menggunakan GPU Mali-400MP2. Sementara sistem operasi yang dibawakan masih mengusung Android OS v4.4.2 KitKat.

Sedangkan untuk dapur pacu atau performa Lenovo Sisley juga cukup responsif dengan usungan chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 yang didalamnya membawakan processor Quad-core Cortex-A53 dengan speed 1.2 GHz yang sedikit dibawah Liquid Jade. Namun Lenovo Sisley ini ditunjang dengan RAM 1 GB pula yang akan mendukung multitouch dengan lancar. Untuk grafisnya mengunggulkan pengolah grafis dari Adreno 306. Dari perbandingan Acer Liquid Jade vs Lenovo Sisley memang Acer Liquid jade lebih unggul dengan akselerasi lebih baik namun Lenovo Sisley juga lebih unggul dengan bekalan sistem operasi terbaru yakni Android OS v4.4.4 Kitkat.

Jaringan Acer Liquid Jade vs Lenovo Sisley

Di sektor jaringan antara Acer Liquid Jade vs Lenovo Sisley terjadi perbedaan yang cukup signifikan dimana Acer Liquid Jade hanya menawarkan jaringan 3G HSDPA dan 2GSM saja dengan kemampuan Dual SIM dan Dual Stand by. Namun konektivitas yang dimiliki diantaranya kecepatan internet HSDPA, HSUPA, GPRS, EDGE dan dukungan Wi-Fi, wi-fi hotspot dengan fitur Bluetooth serta port USB.

Sementara Lenovo Sisley jauh lebih unggul karena mengusung jaringan 4G LTE selain jaringan 3G HSDPA dan 2G GSM dengan didukung dua slot SIM yang mampu siaga bersama-sama. Untuk konektivitas internetnya menggunakan kecepatan LTE dengan speed super cepat. Selain itu juga menggunakan konektivitas HSDPA, HSUPA, GPRS dan EDGE dimana juga didukung dengan wi-fi dan wi-fi hotspot. Lenovo Sisley juga lebih lengkap dalam fitur transfer datanya yakni Bluetooth, port USB dan telah mendukung NFC. Di sektor jaringan antara Acer Liquid Jade vs Lenovo Sisley, Lenovo Sisley jauh lebih unggul dari Acer Liquid Jade.

Kamera Acer Liquid Jade vs Lenovo Sisley

Pada sektor kamera antara Acer Liquid Jade vs Lenovo Sisley juga memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Pada Acer Liquid Jade menawarkan kamera belakang dengan lensa 13 MP beresolusi 4160 x 3120 pixels. Kamera utama yang mampu menghasilkan foto berkualitas tersebut akan disempurnakan dengan fitur Auto focus. LED Flash dan Geo tagging. Sementara bagi pecinta selfie akan diakomodasi dengan kamera depan 2 MP yang juga dapat digunakan untuk selfie. Dari kamera utamanya mampu digunakan merekem video berkualitas 1080p.

Sementara kamera pada Lenovo Sisley juga menggunakan kamera belakang bersensor 13 MP dilengkapi dengan auto focus, LED Flash dan geo tagging. Dari kamera utamanya ini juga mampu digunakan merekam video beresolusi [email protected] Namun Lenovo Sisley lebih unggul dari Acer Liquid Jade pada bekalan kamera depannya karena memiliki lensa bersensor 8 MP dengan fitur AF dan LED Flash yang akan memanjakan pengguna saat selfie ataupun video call. Pada perbandingan Acer Liquid Jade vs Lenovo Sisley, Lenovo Sisley jauh lebih unggul.

Harga Acer Liquid Jade vs Lenovo Sisley

Memori Acer Liquid Jade vs Lenovo Sisley

Memori penyimpanan pada Acer Liquid Jade ini cukup gahar dengan memori internal 8 GB yang dapat digunakan oleh pengguna. Perangkat ini juga mendukung perluasan memori penyimpanan dengan menggunakan microSD yang berkapasitas maksimal 32 GB.

Untuk memori internal dalam Lenovo Sisley ini memang lebih besar dengan kapasitas 16 GB. Namun sayangnya pengguna hanya dipuaskan dengan memori internal tersebut karena dalam bodinya tidak dibekali slot microSD sehingga tidak dapat diperbesar lagi memorinya. Hal tersebut merupakan imbas dari bodi Lenovo Sisley yang cukup tipis.

Spesifikasi Acer Liquid Jade vs Lenovo Sisley

Spesifikasi Acer Liquid Jade Lenovo Sisley
SIM Dual SIM Dual SIM (dual stand-by)
Jaringan 2G GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2 GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2
Jaringan 3G HSDPA 900 / 2100 HSDPA 900 / 2100
Jaringan 4G No LTE
Ukuran Layar 720 x 1280 pixels, 5.0 inches (~294 ppi pixel density) 720 x 1280 pixels, 5.0 inches (~294 ppi pixel density)
Jenis Layar IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Multitouch Yes Yes
Perlindungan layar Corning Gorilla Glass 3 No
Dimensi Bodi 140.5 x 69 x 7.5 mm 146 x 71.7 x 6.9 mm
Berat 110 g 129 g
Material Plastic Glossy Metal & Glass
3.5 mm jack Yes Yes
Loudspeaker Yes Yes
Audio DTS sound enhancement No
Kamera Utama 13 MP, 4160 x 3120 pixels, autofocus, LED flash 13 MP, 4128 x 3096 pixels, autofocus, LED flash
Fitur Geo-tagging Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR
Kamera Kedua 2 MP 8 MP, AF, LED flash
Video 1080p [email protected]
OS Android OS, v4.4.2 (KitKat) Android OS, v4.4.4 (KitKat)
Chipset Mediatek MT6582 Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
CPU Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7 Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
GPU Mali-400MP2 Adreno 306
RAM 1 GB 1 GB
Memori Internal 8 GB 16 GB
Memori Eksternal miroSD, up to 32 GB No
GPRS dan EDGE Yes Yes
Speed HSDPA, HSUPA HSDPA, HSUPA, LTE
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot
Bluetooth Yes Yes
NFC No Yes
USB microUSB v2.0 microUSB v2.0
GPS Yes, with A-GPS Yes, with A-GPS
Radio FM radio FM Radio
Browser HTML HTML
Baterai Li-Ion 2100 mAh battery Non-removable Li-Ion 2300 mAh battery
Warna Green, Pink, Gray, Black White/silver, gray, pink, soft orange, blue
Harga Rp 3.5 jutaan Rp 3.9 jutaan

Kesimpulan Acer Liquid Jade vs Lenovo Sisley

Dari perbandingan Acer Liquid Jade vs Lenovo Sisley diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa Lenovo Sisley lebih unggul dari Acer Liquid Jade meskipun tidak memiliki slot microSD. Namun seiring spesifikasi Lenovo Sisley yang lebih unggul, harga Lenovo Sisley lebih mahal dari harga Acer Liquid Jade meskipun terpaut 400 ribuan saja. Namun sayangnya Lenovo Sisley belum tersedia di Indonesia.

Untuk keputusan dalam memilih antara Acer Liquid Jade vs Lenovo Sisley saya kembalikan kepada keputusan para pembaca semuanya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu.

Baca Juga Lenovo Sisley vs Samsung Galaxy Grand Prime, Duel Smartphone Selfie 5 Inch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here