5 Kelebihan iPhone Dibandingkan Android

3
17377
Kelebihan iPhone vs Android

OKETEKNO.COM – Sistem operasi Android besutan Google dan iOS milik Apple merupakan dua platform sistem operasi smartphone terbesar saat ini. Sistem operasi besar lainnya, seperti Windows Phone dan BlackBerry, masih tertinggal cukup jauh untuk sekadar mendekati jumlah pasar pengguna Android dan iOS.

Android dan iOS sebagai dua sistem operasi smartphone terbesar, sangat wajar apabila pengguna masing-masing smartphone platform tersebut sering menyombongkan dalam mengagumi kemampuan kedua platform ponsel pintar ini.

Kelebihan iPhone vs Android

Sistem operasi iOS besutan Apple yang merupakan saingan besar Android, memiliki kekhasan dan kelebihan tersendiri dibandingkan sistem operasi Android. Nah, berikut beberapa kelebihan yang bisa “disombongkan” oleh pengguna iPhone kepada pengguna Android.

5 Kelebihan iPhone Dibandingkan Android

1. Aplikasi Terbaik iOS Jadi Prioritas Pengembang

Aplikasi-aplikasi terbaik, seperti Instagram, Vine, dan game Plants vs Zombies 2, biasanya datang lebih awal ke aplikasi smartphone iPhone. Aplikasi-aplikasi tersebut akan tersedia secara eksklusif terlebih dahulu di sistem operasi iOS ini, sampai akhirnya pihak developer memutuskan untuk menghadirkannya di Android dan sistem operasi lain.

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi untuk platform lain biasanya tidak sebentar. Lamanya ketersediaan sebuah aplikasi di Android disebabkan oleh beberapa faktor, seperti perubahan desain agar bisa berjalan optimal dan penggunaan fitur-fitur dasar Android serta menyesuaikan terhadap resolusi layar serta spesifikasi smartphone Android yang begitu banyak jenisnya.

2. Update Software dari iOS Apple Langsung Tersedia

Pengguna Android harus bersabar cukup lama, kadang sampai berbulan-bulan, untuk mendapatkan update sistem operasi terbaru dari Google. Sebagai contoh, Google telah merilis Android 4.3 pada akhir bulan Juli 2013. Namun, para pengguna perangkat Android, seperti HTC One, baru bisa mendapatkan update tersebut pada akhir bulan September 2013 mendatang.

Mengapa update software Android perlu menunggu lama? Hal ini dikarenakan setelah Google merilis versi terbaru dari sistem operasi mereka, pihak pengembang akan menguji coba apakah versi baru ini dapat berjalan dengan baik di perangkat buatan mereka. Para vendor yang memiliki theme atau tampilan antarmuka sendiri, juga harus menguji, apakah fitur baru di sistem operasi ini tidak konflik dengan yang sudah ada. Hal ini berbeda dengan iOS, hanya perangkat dan sistem operasinya hanya dibuat oleh Apple sendiri.

3. Smartphone iPhone Terbuat dari Bahan Metal

Beberapa perangkat Android memang tidak dipersenjatai dengan bahan kelas atas. Kebanyakan dari mereka masih menggunakan bahan plastik. Bahan tersebut memang dipilih karena mampu menjaga keringanan dan juga memberikan kemampuan tahan bentur.

Tidak seperti smartphone Android, iPhone besutan Apple menggunakan bahan metal yang dilindungi dengan kaca. Hal tersebut memberikan kesan premium dan juga high-end.

4. Android Terfragmentasi

Sistem operasi buatan Google ini memang sudah terfragmentasi (digunakan di berbagai macam perangkat yang berbeda) dan sering ditemuinya sebuah aplikasi Android yang tidak bekerja dengan baik di perangkat Android tertentu.

Banyak aplikasi Android yang tidak kompatibel pada perangkat dengan ukuran layar dan resolusi yang berbeda, terutama pada smartphone Android berlayar kecil atau yang dilengkapi dengan keyboard QWERTY. Hal semacam ini bisa menyebabkan menyebabkan inkonsistensi pada perangkat Android.

Berbeda dari Android, Apple tidak perlu bekerja terlalu keras untuk masalah ini. Meski iPhone sudah memiliki 6 generasi, resolusi dan ukuran tidak terlalu berubah. Aplikasi akan secara konsisten bekerja di berbagai seri.

5. Dukungan iTunes

Apple memiliki gudang musik, acara televisi, dan film yang sangat lengkap di iTunes. Para penggunanya tidak perlu menyediakan waktu khusus pergi ke toko untuk berbelanja kebutuhan hiburan. Pengguna hanya perlu mengunjungi iTunes, mencari apa yang dibutuhkan, dan saat itu juga mereka bisa langsung menikmatinya.

*) Dari berbagai sumber.

3 COMMENTS

  1. 1 lagi kelebihan iphone yg orang sering lupa :
    Dgn specifikasi yg biasa2 aja, ternyata harganya luar biasa.
    Sepertinya kita perlu menunggu orang gila, utk membelinya.
    Ayo…..ayo….siapa mau beli ? Angkot seharga Ferari !

    • tenang Bro’…kl gak pernah make iPhone mending gak usah komen..ibarat gak pernah naik angkot, eh komentar gimana rasanya naek angkot..hehe..peace

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here