Dampak Jika BBM untuk Android dan iPhone Dirilis Akhir September 2013

1
7641
Aplikasi Blackberry Messenger

OKETEKNO.COM – Sekarang ini lagi ramainya pemberitaan mengenai isu BlackBerry akan segera menerapkan aplikasi BBM di Android pada semua ponsel yang berbasis Android. Tentu hal ini menjadi sebuah kabar yang menggembirakan bagi para pengguna smartphone Android untuk bisa menikmati Blackberry Messanger. Pihak BlackBerry sendiri sudah secara resmi mengkonfirmasikan bahwa aplikasi ini akan segera meluncur pertengahan atau akhir September 2013 ini.

Sebenarnya informasi mengenai kehadiran aplikasi BMM di Android sendri masih menuai pro dan kontra. Meski tidak banyak terdengar, namun beberapa pihak menyayangkan keputusan lepasnya “kekhasan” aplikasi ini. Pihak lain yang setuju tentu saja menyambut gembira atas kehadiran aplikasi BBM ini. Meskipun pengguna Android memiliki banyak pilihan aplikasi chating yang lebih baik, namun kehadiran BMM on Android tentu saja menjadi angin segar bagi para penggunanya.

Aplikasi Blackberry Messenger

Jika saja BBM untuk Android dan iPhone resmi dirilis akhir September 2013 tentu akan menimbulkan beberapa dampak kejadian yang akan terjadi. Berikut ini beberapa prediksi dampak akan terjadi jika BBM untuk Android dan iPhone dirilis September 2013 :

Pengguna Android akan Meningkat

Dampak yang pasti akan terjadi jika BBM untuk Android adalah semakin meningkatnya pengguna smartphone akan pindah menggunakan smartphone bersistem operasi Android. Bahkan kemungkinan besar pengguna Blackberry akan cenderung berkurang. Orang tentu saja akan lebih memilih sebuah perangkat yang harganya lebih terjangkau untuk menikmati layanan BBM dibandingkan harus membeli produk smartphone dengan sistem BB10 yang harganya cukup tinggi. Berkat aplikasi Blackberry Messanger untuk Android ini kemungkinan bertambahnya pengguna Android akan lebih meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Smartphone BlackBerry Kembali Bangkit

Kebanyakan orang sudah mengetahui bahwa perusahaan yang dulunya bernama RIM ini sedang dilanda krisis finansial. Bahkan rumor yang berkembang, Blackberry menyediakan opsi untuk menjual perusahaan ke pihak lain. Kurang menggeliatnya produk berbasis sistem operasi BB10 membuat perusahaan asal Kanada ini mengalami kerugian.

Untuk menyelematkan perusahaan tentu banyak hal bisa dilakukan, salah satunya adalah akusisi atau merger. Namun BlackBerry bisa saja bangkit tanpa perlu gabung dengan perusahaan lain. Tentu saja yang diperlukan adalah perbaikan manajemen serta mengubah fokus perusahaan. Salah satunya dengan menjadi penyedia layanan. Aplikasi BBM untuk Android bisa menjadi langkah awal layanan antar platform yang dilakukan Blackberry.

Keinginan banyak orang akan kehadiran aplikasi BBM untuk Android bisa menjadi titik tolak bangkitnya perusahaan ini dari masa-masa krisis. Layanan yang sangat populer tentu akan banyak diunduh oleh banyak orang. Dan hal tersebut sangat baik bagi reputasi perusahaan.

Aplikasi BBM Akan Mendominasi

Dengan hadirnya aplikasi BBM untuk Android tentu saja akan mempengaruhi Top Applications on Market. Kemungkinan besar setelah lama nangkring di posisi puncak sebagai aplikasi messanger populer, tampaknya aplikasi WhatsApp perlu waspada terhadap para pesaingnya. Line boleh dikatakan sedang populer dan bisa menjatuhkan popularitas WhatsApp. Namun dua layanan ini sebaiknya perlu lebih waspada karena akan kedatangan aplikasi yang tergolong populer, BBM for Android. Selain populer, BBM menyajikan banyak fitur yang cukup menarik, ada kemungkinan aplikasi ini dapat mendominasi bahkan merajai aplikasi messanger.

SMS Akan Semakin Ditinggalkan

Fitur SMS merupakan fitur dasar yang membuat sebuah ponsel semakin terkenal. Namun kehadiran smartphone membuat layanan pesan singkat ini bisa ditinggalkan pelan-pelan oleh para pengguna smartphone. Dengan kehadiran aplikasi messanger BBM untuk Android secara tidak langsung akan menarik pengguna yang tadinya hanya menggunakan ponsel biasa. Hal itu dikarena aplikasi pesan instan ini tentu lebih seru dbandingkan SMS. Selain itu semakin banyaknya pengguna BBM, maka perlu bersiap pula dalam menghadapi berbagai Broadcast Message yang mungkin sebagian informatif dan sebagian lagi akan terasa mengganggu.

Itulah beberapa dampak yang mungkin bisa terjadi ketika BBM on Android mulai banyak diunduh dari Google Play Store. Semua orang akan mudah terhubung. Namun tentu juga jangan berekspektasi tinggi, mengingat BlackBerry sedang dalam krisis bukan tidak mungkin akan bertambah buruk ketika kualitas BBM untuk Android dan iOS tidak memuaskan para penggunanya.

Terima Kasih

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here