Perbandingan Samsung Galaxy Grand Prime VS Samsung Galaxy A3, Anda Pilih Mana ?

0
17804
Perbandingan Samsung Galaxy Grand Prime VS Samsung Galaxy A3, Anda Pilih Mana ?

Oketekno.comSamsung Memang pantas bila mendapat julukan rajanya smartphone Android, hampir setahun belakangan ini pasaran smartphone android dunia dipenuhi oleh produk Samsung. Dan sekarang saya akan melakukan perbandingan 2 smartphone terbaru Samsung yakni Samsung Galaxy Grand Prime VS Samsung Galaxy A3. Penasaran apa saja kelebihan dan kelemahan dari 2 smartphone terbaru itu? Silahkan anda simak ulasan dibawah ini.

Perbandingan Samsung Galaxy Grand Prime VS Samsung Galaxy A3, Anda Pilih Mana ?

Harga Samsung Galaxy Grand Prime VS Samsung Galaxy A3

Harga jual dari kedua perangkat pintar memiiki perbedaan yang jauh dan sangat signifikan. Harga dari Samsung Galaxy A3 ternyata  lebih mahal 2x lipat dibandingkan harga dari Samsung Galaxy Grand Prime. Harga Samsung Galaxy A3 saat ini harga barunya masih dikisaran harga Rp 5.700.000,-. Sedangkan harga  dari Samsung Galaxy Grand Prime hanya dibanderol dikisaran harga Rp 2.596.000,- untuk harga barunya. Bagaimana ? tertarik untuk memiliki yang mana ?? tapi tunggu dulu, sebelum anda memutuskan ingin membeli smartphone yang mana antara Samsung Galaxy Grand Prime VS Samsung Galaxy A3 alangkah baiknya kita simak dulu spesifikasi yang dimiliki kedua smartphone tersebut.

Spesifikasi Samsung Galaxy Grand Prime VS Samsung Galaxy A3

Kita mulai dari sektor jaringan yang dimiliki, Samsung Galaxy Grand Prime VS Samsung Galaxy A3 memiliki jaringan yang sama persis, yakni keduanya telah didukung oleh jaringan tercepat saat ini yaitu 4G LTE, dengan menggunakan jaringan tersebut anda bisa menikmati akses internet dengan kecepatan tinggi bila berada djangkauan jaringan LTE tersebut. Terdapat pula jaringan 3G HSDPA dan 2G GSM untuk kebutuhan anda ketika berada diluar area 4G LTE.

Untuk ukuran layar Samsung Galaxy Grand Prime VS Samsung Galaxy A3 nampaknya Grand Prime lebih unggul. Berbekal layar berukuran 5.0 inch beresolusi 540 x 960 pixels membuatnya nyaman untuk digunakan karena memiliki ukuran layar yang sangat lapang, layar tersebut memiliki kerapatan mencapai 220 ppi, namun sayangnya layar yang digunakan oleh Samsung Galaxy Grand Prime masih berjenis TFT, sehingga anda akan kesusahan bila menggunakannnya dibawah sinar matahari jika tidak mempertajam kontrasnya. Sedangkan Samsung Galaxy A3 memiliki ukuran 0.5 inch lebih kecil dibandingkan Samsung Galaxy Grand Prime yakni memiliki ukuran 4.5 inch saja, meskipun begitu resolusi layar yang dimilikinya juga 540 x 960 pixels. Namun meskipun memiliki ukuran layar lebih kecil namun Samsung Galaxy A3 masih unggul dari jenis layar yang digunakan ketimbang Samsung Galaxy Grand Prime. Layar yang digunakan Samsung Galaxy A3 berjenis IPS LCD sehingga pengguna tidak akan kerepotan menggunakan smartphone ini meski berada dibawah sinar matahari.

Beralih ke sektor media penyimpanan Samsung Galaxy Grand Prime VS Samsung Galaxy A3 , keduanya memiliki memori eksternal berkapasitas maksimal mencapai 64 GB. Sedangkan untuk memori internalnya Samsung Galaxy A3 lebih unggul karena berbekal memori internal berkapasitas 16 GB dan memiliki RAM berukuran 1,5 GB. Karena Samsung Galaxy Grand Prime memiliki harga setengah lebih murah dibandingkan harga Samsung Galaxy A3, maka memori internal yang dimiliki Samsung Grand Prime pun juga berukuran setengah dari sodaranya tersebut. Memori internal Samsung Galaxy Grand Prime berkapasitas 8GB dan memiliki RAM berukuran 1GB.

Perbandingan Samsung Galaxy Grand Prime VS Samsung Galaxy A3, Anda Pilih Mana ?

Meski Samsung Galaxy Grand Prime memiliki harga lebih murah, namun hal itu tidak berdampak untuk sektor dapur pacunya. Untuk performa dari Samsung Galaxy Grand Prime VS Samsung Galaxy A3 bisa dikatakan seimbang, karena keduanya sama-sama menggunakan prosesor Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 dengan chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410, keduanya akan berjalan pada sistem operasi Android OS, v4.4.2 (KitKat) dan menggunakan pengolah gravis dari Adreno 306.

Tidak hanya disitu saja, sektor kamera dari Samsung Galaxy Grand Prime juga setara sodara mudanya tersebut dengan harga lebih mahal. Samsung Galaxy Grand Prime VS Samsung Galaxy A3 memiliki ukuran kamera yang serupa yakni pada kamera utamanya berukuran 8 MP, 3264 x 2448 pixels yang dibekali dengan fitur autofocus serta terdapat LED Flash. Pada kemra depannya telah disematkan sebuah kamera berkekuatan 5MP yang bisa anda gunakan untuk berfotro bersama teman, kerabat, atau pasangan anda dengan kualitas gambar yang sangat jernih, kamera tersebut juga bisa anda gunakan untuk melakukan videocall juga. Mungkin sedikit perbedaan untuk sektor kamera dari Samsung Galaxy Grand Prime VS Samsung Galaxy A3 ialah fitur yang dimilikinya. Samsung Galaxy A3 lebih banyak fitur daripada Samsung Galaxy Grand Prime. Fitur yang terdapat pada Galaxy A3 diantaranya Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama. Sedangkan yang terdapat pada Galaxy Grand Prime hanyalah Geo-tagging, touch focus, namun hal itu tidak menjadi masalah besar.

Untuk kapasitas battery nya, dalam persaingan Samsung Galaxy Grand Prime VS Samsung Galaxy A3 nampaknya Galaxy A3 mengkaui keunggulan sodara tuanya tersebut. Samsung Galaxy Grand Prime memiliki daya battery lebih besar yakni 2600 mAh berjenis Li-Ion, sedangkan Galaxy A3 hanya memiliki daya battery sebesar 1900 mAh berjenis Li-Ion juga, namun sayangnya battery pada Galaxy A3 ini berjeni non removable atau tidak bisa dilepas, jadi apabila ada kerusakan battery maka pengguna harus membawanya ke Service center untuk menggantinya. Untuk lebih lengkap ndari spesifikasi Samsung Galaxy Grand Prime VS Samsung Galaxy A3, anda bisa menyimaknya pada table dibawah ini.

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy Grand Prime VS Samsung Galaxy A3

 

Spesifikasi Samsung Galaxy Grand Prime Samsung Galaxy A3
Jaringan 2G GSM3G HSDPA4G LTE 2G GSM3G HSDPA4G LTE
Body 144.8 x 72.1 x 8.6 mm (5.70 x 2.84 x 0.34 in) 130.1 x 65.5 x 6.9 mm (5.12 x 2.58 x 0.27 in)
Bobot 156 g (5.50 oz) 110.3 g (3.88 oz)
Layar 540 x 960 pixels, 5.0 inches (~220 ppi pixel density) 540 x 960 pixels, 4.5 inches (~245 ppi pixel density)
Jenis Layar TFT capacitive touchscreen, 16M colors Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Memori Internal 8 GB, 1 GB RAM 16 GB, 1.5 GB RAM
Memori Eksternal microSD, up to 64 GB microSD, up to 64 GB
Kamera utama 8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus 8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama
Kamera depan 5 MP 5 MP
OS Android OS, v4.4.2 (KitKat) Android OS, v4.4.2 (KitKat)
Chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
Prosesor Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 306 Adreno 306
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetooth v4.0, A2DP v4.0, A2DP, EDR, LE
USB microUSB v2.0 microUSB v2.0
Radio FM radio FM radio
Warna White, Gray Pearl White, Midnight Black, Platinum Silver, Soft Pink, Light Blue, Champagne Gold
Fitur – MP4/H.264 player
– MP3/WAV/eAAC+/FLAC player
– Photo/video editor
– Document viewer
– ANT+ support
– Active noise cancellation with dedicated mic
– MP4/WMV/H.264 player
– MP3/WAV/WMA/eAAC+/FLAC player
– Photo/video editor
– Document viewer
Battery Li-Ion 2600 mAh battery Non-removable Li-Ion 1900 mAh battery
Harga Rp 2.596.000,- RP 5.700.000,-

 

Demikian ulasan saya mengenai perbandingan Samsung Galaxy Grand Prime VS Samsung Galaxy A3, untuk Samsung Galaxy Grand Prime anda sudah bisa mendapatkannya di Indonesia dan untuk harga pastinya anda bisa menanyakan langsung pada outlet hp diwilayah anda karena bisa jadi harga disetiap daerah bisa saja berbeda. Sedangkan jika anda tertarik memiliki Samsung  Galaxy A3 harus bersabar dulu, karena perangkat ini belum dipasarkan di Indonesia. Sekian dari saya semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.

Baca juga Perbandingan Samsung Galaxy Grand Prime VS Huawei Honor 4X

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here