Harga Samsung Z1 Terbaru Februari 2015 dan Spesifikasi

1
20332
Harga Samsung Z1 Terbaru

Harga Samsung Z1 Terbaru

OKETEKNO.COMSamsung Z1 dengan sistem operasi Tizen pertama kini telah resmi diluncurkan oleh vendor smartphone Korea Selatan dengan harga terjangkau. Harga Samsung Z1 ini dibanderol murah untuk segmen low-end yakni di level sejutaan. Untuk ketersediaan Samsung Z1 di Indonesia sebagai pasar berkembang belum diketahui. Samsung Z1 ini memiliki nomor model Z130H atau SM-Z130H/DS.

Pengembangan sistem operasi Tizen memang telah lama digarap Samsung, namun realisasi peluncurannya baru dilakukan pada 14 Januari 2015 di India pada produk Samsung Z1 ini. Sebelumnya juga sempat hadir smartphone Tizen namun tertunda peluncurannya. Spesifikasi Samsung Z1 dengan harga terjangkau ini sebenarnya tidak terlalu istimewa namun dapat dijadikan referensi bagi sahabat pembaca yang ingin mencoba smartphone dengan OS Tizen baru. Apalagi harga Samsung Z1 sangat terjangkau menjadi daya tarik tersendiri. Simak spesifikasi Samsung Z1 selengkapnya pada ulasan berikut.

Samsung Z1 hadir dengan bentang layar berukuran 4.0 inch, memang tidak terlalu luas namun pas dengan resolusi 480 x 800 pixels serta kepadatan mencapai ~233 pixel per inch. Teknologi layar yang digunakan adalah PLS (Plane Line Switching) TFT capacitive touchscreen, layar ini lumayan bening meskipun tidak sejernih Super AMOLED. Permukaan layarnya belum didukung kaca anti gores mengingat harga Samsung Z1 sendiri sangat murah meriah. Namun layarnya memiliki fitur multitouch yang cepat merespon sentuhan.

Harga Samsung Z1 Terbaru

Desain Samsung Z1 ini lumayan menarik dimana hadir dengan material plastik dalam warna hitam, putih, serta merah anggur yang cantik. Penampilan layarnya memang standart dengan rasio 59.8 persen antara layar dan bodinya.  Sementara dimensi Samsung Z1 ini adalah 120.4 mm x 63.2 mm dengan tebal 9.7 mm dimana jauh dari kesan slim. Meskipun demikian bobot Samsung Z1 saat digenggam cukup ringan karena memiliki berat hanya 112 gram saja.

Hadir dengan harga terjangkau untuk brand raksasa Samsung memang wajar jika spesifikasi Samsung Z1 yang dibawakan tidak terlalu istimewa. Seperti Samsung Galaxy V yang hadir dikelas sama dengan fitur standart namun cukup sukses dipasaran.  Samsung Z1 membawakan fitur Dual SIM dengan usungan jaringan 2G SGM dan 3G HSDPA saja. Tentunya jaringan 4G LTE tidak dibekalkan mengingat harga Samsung Z1 memang murah meriah. Bagi pengguna memiliki kegemaran browsing akan dinyamankan dengan speed HSPA, GPRS dan EDGE dalam perangkat ini. Fitur seperti Wi-Fi, Bluetooth, port USB dan GPS navigasi tidak ketinggalan dihadirkan dalam perangkat ini sebagai pelengkap konektivitas Samsung Z1.

Sistem operasi dalam Samsung Z1 adalah Tizen OS v2.3 dimana diklaim sebagai sistem operasi yang ringan. Kelebihan OS Tizen ini mampu menjalankan aplikasi yang sudah ada pada sistem operasi Android. Selain itu Samsung menjanjikan waktu Booting yang cepat, performalitas tinggi saat digunakan browsing dan penggunaan daya baterai cukup rendah sehingga akan meningkatkan kinerja ponsel ini meskipun Samsung Z1 memiliki spesifikasi standart.

Dapur pacu Samsung Z1 ditenagai processor Dual-core dengan laju 1.2 GHz berarsitektur Cortex-A7 dengan chipset Spreadtrum SC7727S. Sementara pengolah grafisnya menggunakan Mali-400 dengan grafis lumayan halus. Kinerja Samsung Z1 ditunjang dengan RAM 768 MB, sedikit lebih besar dibandingkan hardware Samsung Galaxy V.  Meskipun demikian performa yang dimiliki Samsung Z1 OS Tizen ini lumayan responsif.

Dengan harga Samsung Z1 yang meluncur sejutaan, jangan mengharapkan kamera beresolusi tinggi hadir di smartphone low-end Samsung ini sobat. Samsung Z1 ini memang dibekali dengan dual kamera namun resolusi yang dibawakan masih rendah. Kamera belakang Samsung Z1 hanya memiliki sensor 3.15 MP saja dengan resolusi 2048 x 1536 pixels. Meskipun resolusi kamera utamanya tidak terlalu tinggi, Samsung telah membekalinya dengan fitur LED Flash untuk digunakan memotret ditempat yag kurang cahaya. Dibekalkan pula fitur Geo-tagging serta face detection untuk memberikan kenyamanan pengguna saat berfoto atau menandai lokasi pengguna saat berfoto.

Harga Samsung Z1 Terbaru

Untuk kamera depan Samsung Z1 ini ini mengusung lensa dengan format VGA sehingga kurang begitu jernih saat digunakan untuk pengambilan foto selfie. Meskipun demikian, harga Samsung Z1 yang murah meriah ini masih cukup mumpuni dengan dibekalkannya fitur kamera depan. Dengan begitu pengguna masih dapat melakukan panggilan video dengan kamera depan dari Samsung Z1.

Untuk urusan ruang penyimpanan, Samsung memang membekali smartphone ini dengan kapasitas internal yang kecil yakni hanya 4 GB saja. Belum lagi data sistem operasi yang dibekalkan dan aplikasi pre instal kemungkinan memakan sebagian memori internal tersebut. Namun pengguna tidak perlu khawatir, karena Samsung membekalkan card slot dalam bodi perangkat ini yang dapat dimasuki kartu microSD untuk menambah kapasitas memori penyimpanan. MicroSD yang support untuk ekspansi mendukung kapasitas maksimal 64 GB sehingga pengguna dapat lebih nyaman dalam hal menyimpan file untuk Samsung Z1.

Fitur Samsung Z1 juga dibekali dengan browser, Java, Sensor Accelerometer juga fitur FM radio sebagai media hiburan. Bagi anda yang gemar menikmati musik, smartphone ini juga dibekali MP3 player dan MP4 player yang ditunjang dengan loudspeaker, terdapat pula port audio 3.5 mm jack dalam Samsung Z1 ini.

Sebagai smartphone low-end dengan harga Samsung Z1 yang terjangkau semua kalangan, vendor Samsung membekali perangkat ini dengan baterai lumayan besar. Baterai Samsung Z1 adalah Li Ion berdaya 1500 mAh dengan jenis removable. Dari baterai lumayan tersebut tentunya dapat menghasilkan waktu siaga sedikit lebih lama. Apalagi Samsung Z1 ini mampu digunakan telepon hingga waktu 8 jam. Simak selalu update harga Samsung Z1 terbaru dan ketersediannya dibawah ini.

Harga Samsung Z1

Spesifikasi Samsung Z1 yang standart dan masuk dalam kategori smartphone low-end membawakan harga Samsung Z1 yang cukup terjangkau. Harga Samsung Z1 dibanderol 80 EUR atau sekitar Rp 1.185.000,- per unit dalam warna White, Black serta Wine Red dengan sistem operasi baru yakni OS Tizen hasil karya vendor Samsung. Samsung Z1 telah resmi dirilis di India pada Januari 2015. Belum diketahui ketersediaan Samsung Z1 dan harga terbarunya di Indonesia, kita tunggu saja kabar selanjutnya. Jadi stay terus di oketekno.com.

Spesifikasi Samsung Z1

GENERAL 2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2
3G Network HSDPA 900 / 2100
4G Network No
SIM Dual SIM
BODY Body dimension 120.4 x 63.2 x 9.7 mm (4.74 x 2.49 x 0.38 in)
Body weight 112 g (3.95 oz)
DISPLAY Display type PLS TFT capacitive touchscreen, 16M colors
Display size 4.0 inches (~59.8% screen-to-body ratio)
Resolution 480 x 800 pixels (~233 ppi pixel density)
Multitouch Yes
Protection No
SOUND Alert type Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5 mm jack Yes
MEMORY Internal memory 4 GB, 768 MB RAM
Card slot microSD, up to 64 GB
DATA GPRS Yes
EDGE Yes
Speed HSPA
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n
Bluetooth v4.1, A2DP
USB microUSB v2.0
CAMERA Primary camera 3.15 MP, 2048 x 1536 pixels, LED flash
Features Geo-tagging, face detection
Video Yes
Secondary camera VGA
PLATFORM OS Tizen OS, v2.3
Chipset Spreadtrum SC7727S
CPU Dual-core 1.2 GHz Cortex-A7
GPU Mali-400
FEATURES Sensors Accelerometer
Messaging SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Browser HTML
Radio FM radio
GPS Yes, with A-GPS
Java Yes, via Java MIDP emulator
Colors White, Black, Wine Red
– MP4/H.264 player
– MP3/WAV/AAC/Flac player
– Photo viewer
– Document viewer
BATTERY Li-Ion 1500 mAh battery
Stand-by
Talk time Up to 8 h (3G)
Music play

Itulah sedikit informasi terkait harga Samsung Z1 terbaru dan spesifikasi lengkap yang hadir sebagai smartphone OS Tizen pertama. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan membantu sahabat pembaca yang mencari referensi smartphone Samsung dengan harga murah terjangkau.

Baca Juga Harga HP Samsung Galaxy Terbaru 2015

1 COMMENT

  1. Sedikit tambahan informasi: Tizen OS tidak hanya dikembangkan oleh samsung, namun juga Linux Foundation. Dengan spesifikasi segitu, kelancarannya melebihi dari galaxy grand. (Review dr youtube). Ada rumor juga samsung akan mengeluarkan varian berikutnya yaitu Z2. Penjualan perdana samsung di india ini sukses banget.
    Jadi pingin banget punya hp ini. Berharap Tizen OS bisa menggeser posisi android ya, hehe.
    Ada informasi kapan hp Z1 diluncurkan d indonesia?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here