Tips Supaya Baterai Android Anda Bisa Awet

0
11289

baterai android cepat habisOKETEKNO.COM – Dengan berbagai aplikasi canggih yang dimiliki oleh OS Android, tak ayal membuat anda betah berlama – lama main dengan gadget kesayangan anda tersebut bukan?

Ya, semua fitur dalam OS Android memang menarik untuk dimainkan hingga mungkin kita menjadi ketagihan dan menyebakan daya baterai kita menjadi cepat habis dan mengurangi ke-awetannya.

Beberapa tips berikut ini mampu memaksimalkan daya baterai anda dan memperlama kegunaannya. Mungkin anda sudah banyak yang mengetahui dan menggunakannya, tapi tak ada salahnya bila menyimak sekali lagi.

 

Jaga suhu gadget tetap dingin

Bila suhu gadget anda mulai panas, ada indikasi bahwa daya baterai anda melemah dan cepat rusak. Sebaiknya hindari pemakaian berlebihan dan jangan biarkan terpapar sinar matahari langsung.

Bila berada di luar ruangan, bisa anda masukkan saku atau tas dan jangan terlalu sering dikeluarkan.

 

Turunkan brigthness layar

Karena layar adalah komponen utama pada gadget anda, maka  disinilah daya baterai paling banyak digunakan. Karenanya penting untuk sedikit menurunkan tingkat kecerahannya agar memperawet baterai anda.

 

Mempersingkat periode screen timeout

Selain faktor brigthness, pengaturan screen timeout juga perlu anda perhatikan karena setting ini yang mengatur seberapa lama layar akan menyala jika tidak terjadi kontak.

Cobalah untuk mengurangi jeda waktu screen timeout, sehingga layar akan otomatis mati begitu tidak terpakai.

 

Aktifkan POWER SAVING MODE

Sebagian Android juga dilengkapi dengan fitur power saving mode yang dapat anda otak –atik di menu settingan gadget anda. Jika power saving mode diaktifkan, Android akan secara otomatis mematikan koneksi Wi-fi, GPS, dan bluetooth atau menurunkan kecerahan layar.

Power saving mode memiliki pengaruh yang signifikan untuk performa gadget anda. Jadi disarankan untuk mengaktifkan bila dirasa baterai anda mulai melemah.

 

Perhatikan penggunaan flash kamera dan wallpaper

Pemilihan gambar animasi pada wallpaper ternyata juga mempengaruhi kinerja baterai, memang sih terkesan lebih lucu dan keren dibanding dengan wallpaper statis. Namun itu memercepat kinerja daya baterai anda.

Juga penggunaan flash kamera yang sangat berpengaruh besar pada daya baterai, jadi disarankan untuk mengurangi pemakaiannya untuk memperpanjang umur baterai anda.

 

Demikian berbagai tips untuk baterai gadget Android anda, semoga bermafaat dan jangan lupa cek juga Tips Cara Meningkatkan Kinerja Android Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here