Facebook Lite (FB) Solusi Tepat Untuk Tiga Masalah di Indonesia!!!

0
14370
Facebook Lite Siap Meluncur di Indonesia

Smartphone Low-End Harus Coba Aplikasi Facebook Lite

Oketekno.com – Facebook Lite diluncurkan juga akhirnya setelah sekian lama ditunggu, aplikasi Facebook Lite telah resmi dirilis di Indonesia. Sekarang pun Facebook Lite telah tersedia di Play Store, kalian bisa langsung download Aplikasi Facebook Lite ini di Play Store.

Aplikasi Facebook Lite ini merupakan bentuk lain dari Facebook yang kebanyakan di Indonesia terlalu lambat untuk diakses. Masalah tersebut dikarenakan perangkat smartphone yang masih memiliki spesifikasi yang kurang tinggi, jaringaninternet lambat, dan kapasitas media penyimpanan yang kecil.

Namun dengan menggunakan Facebook Lite tiga masalah tersebut bisa teratasi, karena aplikasi Facebook Lite ini dari awal dibangun tidak mengambil arsitektur aplikasi Facebook original versi Android. Hal tersebut dibeberkan Vijay Shankar, Produt Manager Facebook Lite, bahwa dengan cara seperti itu tim pengemabang Facebook Lite bisa lebih leluasa dalam mengatasi masalah yang ada di aplikasi Facebook versi Android.

Menurut Shankar sendiri mengutip dari data Kementrian Komunikasi dan Informatika, sekitar 70 persen pengguna smartphone di Indonesia masih mengakses internet menggunakan jaringan 2G. Koneksi terrsebut memang kurang  cepat untuk mengakses situs, termasih Facebook.

Untuk itu Facbook Lite dirasa sangat cocok jika digunakan oleh penggunakan smartphone yang masih mengakses internet dengan jaringan 2G. Facebook Lite bisa dibuka dengan cepat meskipun menggunakan jaringan 2G, karena karakteristik aplikasi tidak membutuhkan terlalu banyak bandwidth internet.

Selain itu ungkap Shankar bahwa kebanyakan foto yang ditampilkan sudah hasil kompresi sehingga membuat data yang digunakan semakin kecil. Semua sebenarnya tergantung penggunaan sehingga belum diketahui besarnya penghematan data. Akan tetapi jika dibandingkan, penggunaan data dari Facebook Lite jauh lebih kecil dari aplikasi Facebook biasa, tambahnya.

Facebook Lite ini memang memiliki ukuran yang sangat kecil, hanya sekitar 430 kb saja, sehingga dengan ukuran tersebut hadirnya Facebook Lite tidak memberatkan kapasitas ruang penyimpanan.

Meskipun Facebook Lite hadir lebih ringan dan lebih kecil, Shankar mengatakan bahwa pengguna Facebook Lite akan mendapatkan pengalaman tak jauh beda dari Facebook original. Fungsi dasar dari Facebook, seperti ungguh foto, update status, berkomentar, dan membagikan tautan berita semua ada pada Facebook Lite.

Hanya, saat ini aplikasi Facebook Lite belum bisa digunakan untuk memutar video. Karena pemutaran video dapat memberatkan aplikasi dan juga menyedot internet cukup besar, sehingga fitur tersebut belum dihadirkan.

Facebook Lite ini merupakan versi lebih sederhana dari situr Facebook yang ada. Namun Facebook menambahkan beberapa fungsi modern, seperti push notification serta integrasi aplikasi dengan kamera ponsel agar pengalam yang didapat pengguna menyerupai aplikasi Facebook di ponsel premium.

Baca Juga Smartfren Andromax R vs Oppo Joy 3 Duel Spesifikasi dan Harga Terbaru, Semakin Memanas!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here