Keunggulan Windows Phone 8

0
33976

OKETEKNO.COM | Beberapa hari yang lalu telah dirilis 3 produk high end dari Nokia yaitu Nokia Lumia 1020, Nokia Lumia 1320, dan Nokia Lumia 1520 yang kesemuanya berjalan pada OS Windows Phone 8. Memang setelah memutuskan untuk bergabung dengan Microsoft Corp, Nokia menjadi salah satu produsen gadget yang mempunyai sistem operasi sendiri seperti iOS dari Apple. Akan tetapi pamor dari Windows Phone dan iOS ini masih kalah dengan open source dari Google yaitu OS Android yang selalu memberikan perubahan signifikan pada setiap versinya dan kini sudah sampai pada versi 4.4 Android kitkat. Sepertinya persaingan Android, Windows Phone, dan iOS ini akan berjalan terus seiring kemajuan – kemajuan teknologi global.

 Windows Phone 8

Windows phone sendiri juga mengalami banyak perubahan mulai dari Windown Phone 7 hingga kini Windows Phone 8. Lebih dari itu, sebenarnya fungsi Windows Phone 8 juga diharapkan untuk dapat menggantikan fungsi PC dekstop sementara, jadi bukan hanya untuk perangkat mobile. Memang sudah terkenal bahwa keunggulan platform dari microsoft ini adalah pada User Interface yang mudah digunakan, jadi pada Windows Phone 8 ini akan terasa sangat optimal penggunaannya dalam fungsi tochscreen. Untuk lebih mengenal apa saja keunggulan Windows Phone 8, oketekno.com sudah merangkumkan sedikit untuk anda.

  • Mengadopsi Kernel Windows NT

Apakah Kernel itu? Kernel adalah perangkat lunak yang menjadi inti sistem operasi, seperti pada Windows. Kernel di tugaskan untuk melayani macam – macam program aplikasi agar mengakses perangkat keras secara aman. Windows NT adalah sistem operasi 32 bit dengan kernel yang mudah dikembangkan untuk aplikasi  baru dengan kata lain pada Windows Phone 8 ini akan menjadi lebih mudah bagi pengembang aplikasi untuk mengembangkan berbagai fitur aplikasi atau bahkan membuat yang baru seperti sistem open source pada Android.

  • Resolusi Layar Yang Bisa DikostumisasiTampilan Windows Phone 8

Sama seperti pada perangkat dekstop, pada perangat mobile pun windows phone 8 juga sudah dapat di ganti kerapatan resolusinya. Ini berguna bagi anda saat mulai bosan dengan tampilan resolusi layar yang begitu – begitu saja. Setting pada resolusi layarnya mempunyai tiga pilihan, yaitu WVGA(800×480 Pixels), WXVGA (1280×768 Pixels), dan True 720p (1280×720 Pixels). Tentunya tampilan layarnya juga lebih mudah di atur sesuai keinginan pengguna.

  • User Interface Yang Mudah dan Cepat

Tampilan muka pada windows phone memang khas dengan gaya kotak – kotaknya, akan tetapi untuk windows phone 8 ini akan lebih terasa hidup karena icon tersebut dapat bergerak layaknya animasi, dengan halaman penuh shortcut yang bertujuan agar pengguna lebih mudah dalam mengakses halaman yang ingin dituju. Karena menurut penelitian, banyak pengguna OS windows yang lebih suka memakai tombol shortcut yang dinilai lebih simple. Selain mudah dan cepat, windows phone 8 juga tetap memberikan layanan multi tasking yang bisa anda gunakan untuk mengatur tampilan bar sama seperti yang ada di Android atau iOS.

  • Sudah Support NFC

NFC atau Near Field Communication adalah teknologi yang memungkinkan bisa digunakan untuk komunikasi antar perangkat elektronik dalam medan dekat. Anda dapat melakukan transaksi antar perangkat dengan menggunakan NFC dengan mudah, bahkan anda dapat juga membeli tiket apapun hanya dengan mengaktifkan NFC pada ponsel. Ini bisa saja membuat anda tak perlu lagi membawa dompet. Akan tetapi, di Indonesia fitur ini masih belum dapat dimaksimalkan.

  • Dukungan Memori Eksternal

Memori eksternal adalah salah satu kekurangan yang dimiliki windows phone 7, oleh karena itu sebagai penyempurnanya windows phone 8 kini sudah dilengkapi dengan memori eksternal sehingga anda tak perlu khawatir lagi bila ingin menyimpan file yang memang ukurannya lebih besar. Untuk saat ini, dukungan yang diberikan pada space penyimpanan eksternal ini masih sebatas 16GB-64GB, tapi itupun sudah tergolong sangat memadai untuk menyimpan ribuan lagu atau pun film kwalitas HD.

  • Dukungan Processor Multi Core

Dalam versi sebelumnya, kernel windows CE hanya mendukung untuk hardware dengan kekuatan memproses data processor dual-core. Akan tetapi dengan kernel windows NT pada Windows Phone 8 ini sudah dapat menerima dukungan untuk processor quad-core. Penggunaannya sendiri juga sudah di atur agar tetap bisa stabil dan lebih hemat baterai.

  • Aplikasi Yang User FriendlyAplikasi Windows Phone 8

Pasti anda sudah mengenal aplikasi – aplikasi Microsoft Office atau Internet Eksplore bukan? Di windows phone 8 juga di lengkapi aplikasi berikut sebagai ciri khas dari microsoft. Kini anda bisa browsing menggunakan Internet Eksplorer 10 di genggaman anda. Selain itu ada juga skype yang sudah dipasangkan sebagai bawaan Windows Phone 8 untuk melakukan panggilan video call langsung dengan mudah.

Sedangkan bagi anda yang membutuhkan aplikasi editing dokumen seperti word, excel, power point atau pdf sudah tak perlu repot lagi untuk mengunduh di store, karena microsoft office sudah terpasang di platform satu ini. Program office ini menunjukkan kenerja yang lebih baik dibanding bila dipasangkan pada Android sehingga pengguna akan derikan sensasi nyaman saat menggunakannya.

Nah, bagaimana menurut anda dengan Keunggulan Windows Phone 8 tersebut, cukup tertarik untuk mencobanya? Semoga dapat menjadi perbandingan anda sebelum memilih smartphone. Jangan lupa untuk membaca juga Kelebihan dan Kekurangan iOS 7 yang sudah kami posting sebelumnya. Semoga bermanfaat dan kunjungi terus oketekno.com untuk informasi teknologi terbaru anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here