Simak Persaingan ZTE Sonata 2 VS ZTE Maven, Mana Lebih Unggul?

0
2039
Simak Persaingan ZTE Sonata 2 VS ZTE Maven, Mana Lebih Unggul

OKETEKNO.COMZTE Sonata 2 dan ZTE Maven merupakan Smartphone yang sma sama diusung oleh Vendor yang bermarkas di Shenzen , Republik Rakyat Tiongkok. ZTE merupakan pencipta, pengembang dan merupakan pemasok global bagi penikmat telekomunikasi dan solusi jaringan telekomunikasi.

Kedua smartphone ini diumunkan pada tanggal yang sama yankni pada tangga 26 Juni 2015. Keua smartphone ini memiliki perbandingan kelebihan yang sama sama mumpuni untuk melengkapi kebutuhan gadget penggunanya. dibandrol dengan harga yang sama sama terjangkau, menjadikan ZTE Sonata 2 dan ZTE Maven menjadi pilihan sulit bagi penggunanya.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang perbandingan dari kedua Smartphone keluaran ZTE tersebut. Bagi anda yang sekarang sedang dilema untuk memilik salah satu diantar kedua smartphone itu, silahkan simak perbandingan sengit antara kedua Smarphone ZTE, yaitu ZTE Sonata 2 VS ZTE Maven.

Simak Persaingan ZTE Sonata 2 VS ZTE Maven, Mana Lebih Unggul,,

Tampilan ZTE Sonata 2 Dan ZTE Maven

Untuk segi tampilan sendiri ZTE Sonata 2 memberikan layar yang bertipe IPS LCD yang telah berkapasitas layar sentuhg seluruhnya, begitu pula dnegan ZTE maven Telah membekali denagn Layar bertipe IPS LCD. Layar bertipe IPS LCD yang dibekalkan keduanya menghasilkan kaya warna ang sama sama 16 juta.

Perbedaan maru terjadi dari segi bentang layar yabng diusung msing masing, ZTE Sonata 2 membentang Layar IPS LCD selebar 4.0 inch namun untuk ZTE Maven membntang layar hingga 4.5 inch.

Dari perbedaan layar, menghadsilakn resolusi yang berbeda pula resolusi ZTE Sonata 2 sebesar 480 x 800 pixels sedangkan ZTE Maven sebesar 480 x 854 pixels. Sehingga keuda smartphone tersebut menghasilkan kerapatan layar yang berbeda pula, untuk kerapatan Layar ZTE Sonata 2 sebesar -233 pixel per inchi(ppi) dan untuk ZTE maven sebesar -218 ppi.

Perlindunga layar juga terjadi perbedaan, untuk ZTE Sonata 2 telah memberikan perlindungan layar Dragon Trail Glass, namun pada ZTE Maven belum dilengkapi Perlindungan layar yang melindungi dari beragam goresan.

Keterangan ZTE Sonata 2 ZTE Maven
Type IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors IPS capacitive touchscreen, 16M colors
Size 4.0 inches 4.5 inches
Resolution 480 x 800 pixels (~233 ppi pixel density) 480 x 850 pixels (~218 ppi pixel density)
Multitouch Yes Yes
Protection Dragontail Trail Glass No

Konektivitas ZTE Sonata 2 dan ZTE Maven 2

Konektivits juga menjadi persaingan yang ketat diatara keduanya. Pada ZTE Sonata 2, tekologi yang ditetapkan untuk konektifitsa hanya sampai 3G saja dan belum sampai 4G LTE, untuk ZTE Maven sendiri sudah menggunakan pilihan jaringan yang komplit hingga 4G.

Kecepatan yang dihasilkan tentu jg berbeda walau sama 3G namun kecepatan ZTE Sonata 2 dan ZTE Maven berbeda, Kecepatan maksimal ZTE Sonata 2 adalah dapat dipacu hingga HSPA 21 Mbps; HSUPA 5.76 Mbps, dan untuk ZTE Maven berkecepatan HSPA 21 Mbps HSUPA 5.76 Mbps;LTE, Cat4,50 Mbps UL,150 Mbps DL.

Jaringan GPRS dan EDGE sama sama dibekalkan keduanya namun untuk Sekto SIM Card ZTE maven menggunakan SIM dnegan jenis Micro atau SIM yang kecil.

Keterangan ZTE Sonata 2 ZTE Maven
Technology GSM / HSPA GSM / HSPA /LTE
2G bands GSM 850, 900, 1800, 1900 GSM 850,900,1800,1900
3G bands HSPA 850, 1900,2100 HSDPA 850, 1900, 2100
4G bands No LTE 700,850,1700,1900,2100
Speed HSPA 21 Mbps; HSUPA 5.76 Mbps HSPA 21Mbps HSUPA 5.76 Mbps;LTE, Cat4,50 Mbps UL,150 Mbps DL
GPRS Yes Yes
EDGE Yes Yes
SIM Yes Micro SIM

 Performa Mumpuni

Performa mumpuni yang diusung oleh ZTE Sonata 2 dan ZTE Maven memang mengalami bebrapa perbedaan. Diantaranya ZTE Sonata 2 yang menggunakan OS yang masih menggunakan KitKat namun untuk ZTE maven sudah emmgunakan Android Lolipop. Dari sini sudah diketahui bahwa ZTE maven Lebih unggul dari sediu OS yang menggunakan Robot Hijau atau android dengan versi terbaru.

Prosesor tangguh yang disediakan keduanya juga mengusunbg spesifikasi yang tangguh, namun juga ada beberapa perbedaan, ZTE Sonata 2 mengusung prosesor Qualcomm MSM8210 Snapdragon 200 namun untuk ZTE Maven mengusung Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 “64-bit”. Kecepatan yang dapat dipacu oleh keduanya berbeda, untuk ZTE Sonata 2 dapat dipacu hingga 1.2 GHz berkat Dual Core Cortex-A7 dan untuk ZTE Maven dapat dipacu hingga 1.2 GHz berkat bantuan dari Quad core Cortex – A53.

Untuk urusan grafis kedua ponsel pintar ini diserahkan pda GPU Adreno, namun memiliki perbedaan jika ZTE Sonata 2 menggunakan Adreno Versi 302, ZTE Maven menggunakan Adreno versi 306. Namun RAM kedua Smartphone ini sama yakni sebesar 1GB.

Keterangan ZTE Sonata 2 ZTE Maven
OS Android OS v4.4.4 (KitKat) Android OS v5.1Lolipop
Chipset Qualcomm MSM8210 Snapdragon 200 Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 “64-bit”
CPU Dual Core 1.2 GHz, Cortex-A7 Quad Core 1.2 GHz, Cortex-A53
GPU Adreno 302 Adreno 306
RAM 1 GB RAM 1 GB RAM

 Duel Kamera yang Mumpuni

Duel sengit juga terjadi pada sector kamera yang dibekalkan, ZTE Sonata 2 memberi perlawanan pada sector kamera depan, walau kedua ponsel memiliki kamera utama sama sama 5 MP. namun sangat disayangkan pada ZTE Maven kamera depan masih menggunakan resolusi VGA dan belum menggunakan Mega Pixels (MP)

Kedua smartphone ini memberikan fitur yang sama pada sector kamer keduanya membekali fitur Geo-tagging, digital zoom, face detection, touch focus, panorama. Fitur kamera yang mumpuni ini tentu akan melengkapi sebagai perangkat selfie bagi penggunaya masing masing.

Keterangan ZTE Sonata 2 ZTE Maven
Primary 5 MP, 2592 x 1944 pixels, LED Flash 5 MP, 2592 x 1944 pixels, LED Flash
Features Geo-tagging, touch focus, face detection digital zoom, panorama Geo-tagging, digital zoom, face detection, touch focus, panorama
Video [email protected] 1080p
Secondary 2 MP VGA

 Memori Dan Baterai

Memori yang merupakan kelengkapan vital yang disediakan memberikan persainganketat antara keduanya. Keduanya membekali dnegan memori eksternal dengan Slot MicroSD yang dapat menyimpan data hingga 32 GB besarnya, baik untuk ZTE Sonata 2 atau ZTE Maven.

Namun ada beberapa perbedaan yang mencolok pada Sektor Memori Internal kedua Smartphone asal Tiongkok ini. ZTE Sonata 2 membekali dnegan memori internal sebesar 4 GB dan ZTE Maven membekali dengan Memori sebesar 8 GB. Sector memori internal ini merupakan sector yang vital karena pda memori internal ini akan tersimpan beberapa aplikasi yang diunduh oleh penggunanya masing masing.

Dari sini dapat diketahui juga bahwa Memori ZTE Maven memang dirasakan lebih unggul dari pada mamroi ZTE Sonata 2 yang hanya memiliki memori internal sebesar 4 GB. Kemudian pda sketor baterai yang menjadi penyokong oprasionl Duo ZTE ini. Untuk pengguna ZTE sonata 2 harus puas dnegan beklan baterai yang bertipe removable atau bukan baterai tanaman berjenis Li-Ion dengan besar daya tampung baterai hinbgga 1650 mAh. Sementara baterai dengan tipe Remivable juga dibekalkan pada ZTE Maven yang juga berjenis Li-Ion berdaya tampung yang lebih banyak yakni 2100 mAh. Ini menegaskan bahwa tingkat operasional ZTE Maven Lebih lama ketimbang ZTE Sonata.

Keterangan ZTE Sonata 2 ZTE Maven
Memori Internal 4 GB 8 GB
Memori Eksternal MicroSD hingga 32 GB MicroSD hingga 32 GB
Baterai Li-Ion 1650 mAh Li-Ion 2100 mAh

 Harga ZTE Sonata 2 Dan ZTE Maven di Indonesia

Harga yanbg ditetapkan untuk Duo ZTE ini akan menyesuaikan dengan yang dibekalkan di dalamnya. Tentu juka menelisik spesifikasi di atas sudah dapat diketahui bahwa penghargaan yang lebih tinggi akan ditujukan untuk ZTE Maven. Bagaimana tidak , spesifikasi yang ditawarkan saja sudah lumayan mumpuni daripada ZTE Sonata 2.

Harga ZTE Maven dibandrol dengan kisaran 50 EUR atau jika dirupiahkan Harga ZTE Maven seharga Rp 750.000,- per unit. harga ZTE Maven ini ditujukan untuk ZTE Maven Baru. Sedangkan untuk saingan ZTE Maven yang satu ini, ZTE Sonata 2 dibandrol dengan harga kurang lebih Rp 400.000,- per unit. Harga ZTE Sonata 2 ini untuk smartphone baru. Jika dilihat dari kedua harga yang ditawarkan ZTE ini mennadakan bahwa ZTE Sonata 2 dan ZTE Maven ini menyasak pangsa pasar menengah kebawah atau Low-End.

Keterangan ZTE Sonata 2 ZTE Maven
Harga Baru Rp 400.000,- Rp 750.000,-
Harga Bekas Rp – Rp –

*harga diatas dapat berubah sewaktu waktu

Smartphone ZTE Sonata 2 dan ZTE Maven merupakan smartphone keluaran vendor ZTE. Namun mengusung spesifiaski yang bededa, tentu harga yang dihasilkan juga berbeda. Walaupun Duo Smartphone itu berasal dari Vendor yang sama yakni ZTE. ZTE Sonata 2 VS ZTE Maven memiliki kelemahan dan kelebihan masing masing, kemana anda akan menjatuhkan pilihan tergantung pada penilaian anda sendiri. Sekian yang dapat saya sampaikan mengenai Harga ZTE Sonata 2 dan Harga ZTE Maven duel sengit Duo ZTE smartphone Murah di Indonesia. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Baca Juga Daftar Harga Smartphone Huawei Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here