Samsung Sedang Mengembangkan OS Tizen

0
7791

OKETEKNO.COM | Ada OS baru yang kini mulai dikembangkan oleh Samsung pada perangkat smartphone keluaran terbarunya nanti. Ya, kabar akan hadirnya OS Tizen dari Samsung bukan isapan jempol belaka, karena pihak Samsung sudah resmi menjalin kerjasama dengan perusahaan Operating Sistem Tizen dalam pengembangan smartphone terbaru yang dikabarkan nanti akan memakai kode nama GT-18800/GT-18805.

Samsung Tizen 2

Kode nama yang beda pada kedua calon smartphone di atas menunjukkan bahwa sebenarnya keduanya merupakan satu varian yang sama, mungkin hanya akan mempunyai sedikit perbedaan pada beberapa fitur tambahan pada salah satunya. Cikal bakal smartphone ber-platform Tizen pertama ini dikabarkan akan memakai fitur dual sim pada perangkatnya.

OS Tizen sendiri adalah sebuah sistem operasi berbasis Linux sama seperti Android yang bisa dipasangan pada smartphone, tablet, dan smart TV. Sama – sama memiliki lisensi sebagai platform open source, OS Tizen ini adalah proyek pengembangan Linux dengan waktu yang cukup panjang. Sempat dikabarkan akan rilis pada pertengahan 2013 antara bulan agustus dan september, kemudian di undur menjadi pada akhir 2013, hingga sekarang terdengar kabar akan rilis pada awal 2014.

Samsung Tizen

Kabar kerja sama antara Samsung dengan Tizen sendiri ini pun akhirnya diketahui setelah muncul informasi dari pihak tizen bahwa mereka telah bekerja sama dengan salah satu raksasa elektronik asal korea yang akan memakai OS mereka untuk mengisi produk terbarunya dengan beberapa aplikasi seperti HTML5 mozilla/5.0. Proyek Tizen ini berada dalam pengawasan Linux Fondation yang di atur oleh Technical Steering Group (TSG) yang terdiri dari pihak Samsung dan Intel. Menarik kita tunggu kehadiran smartphone dengan OS Tizen ini awal tahun depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here