Facebook (FB) Sebarkan Akses Internet Seluruh Dunia Gunakan Pesawat Bertenaga Surya, Benarkah?

0
1125
Facebook (FB) Sebarkan Akses Internet Seluruh Dunia Gunakan Pesawat Bertenaga Surya, Benarkah?

Oketekno.com – Google belum lama dikabarkan melakukan project Loon yaitu project yang menggunakan balon udara untuk sebarkan internet didaerah terpencil yang sudah diketahui oleh pihak Google negara mana saja yang akan diterapkan Project Loon tersebut.

Nah! Kali ini pihak Facebook juga memiliki ambisi untuk sebarkan akses intern di seluruh dunia supaya semua bisa komunikasi via internet lebih mudah. Kalau Google gunakan balon udara, namun Facebook menggunakan peawat bertenaga surya dengan nama Aquila.

Pesawat yang akan digunakan Facebook atau FB untuk menyebarkan akses internet memiliki infrastruktur akses internet yang akan disebarkan di area yang tidak memiliki akses internet. Dari strukturnya dalam area tersebut tidak mendukung kabel, jaringan telepon serta BTS.

Facebook (FB) Sebarkan Akses Internet Seluruh Dunia Gunakan Pesawat Bertenaga Surya, Benarkah?

Keunggulan pesawat yang dimiliki Facebook untuk menyebar akses internet tersebut bisa terbang di angkasa selama kurang lebih 90 hari nonstop. Sedangkan pesawat Aquila akan pancarkan sinar laser dari ketinggian 60 ribu sampai 90 ribu kaki diatas permukaan laut.

Sinar laser yang terdapat pada pesawat adalah sebuah receiver kecil yang terletak di permukaan tanah serta akan mampu akses internet dengan kecepatan 10Gbps yang lebih maksimal. hal ini merupakan akses internet yang tidak hanya disediakan didaerah terpencil dan disediakan oleh Facebook langsung. Pihak terkait ingin sediakan infrastruktur, sedangkan akses internet akan disediakan oleh pihak lain, semisal memiliki kerja sama dengan provider Indosat yang sebagai penyedia akses internet.

Baca Juga Daftar Harga Paket Internet Indosat Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here