Google Goggles, Aplikasi Mesin Pencari Berbasis Foto

0
55348

OKETEKNO.COM | Menjadi salah satu mesin pencari nomor satu di dunia membuat Google semakin bernafsu meningkatkan inovasi dalam fasilitas pencariannya. Istilah googling yang melekat untuk kegiatan browsing di internet menjadi bukti bahwa google memang sangat membantu menemukan informasi di dunia maya. Dalam menggunakan search engine satu ini, kita hanya perlu memasukkan kata kunci lalu Google yang akan menemukan semua kemungkinan yang berhubungan dengan kata kunci tersebut.

google goggles

Tak cukup dengan kata kunci, kini google mengembangkan fasilitasnya dengan mesin pencari menggunakan foto. Google menciptakan aplikasi pengenalan gambar yang diberi nama Google Goggles. Aplikasi ini berfungsi sebagai mesin pencari berbasis gambar dari perangkat smartphone yang menggunakan platform Android dan iOS v4.0.

Aplikasi Google Goggles ini memungkinkan anda dan pengguna smartphone lain dapat melakukan pencarian dari foto yang di ambil dari kamera smartphone anda. Akan terasa kegunaannya untuk mencari tahu tantang produk, landmark terkenal, barcode, karya seni, dan gambar lain yang cukup populer yang mungkin dapat anda temukan secara online. Selain itu, aplikasi ini juga bisa anda gunakan sebagai penerjemah bahasa Inggris, Itali, Jerman, Perancis, dan juga Spanyol hanya dari teks yang anda foto.

Google-Goggles

Dalam pengambilan foto sebaiknya perhatikan efek pencahayaan. Karena pencahayaan, kwalitas foto, dan koneksi internet juga mempengaruhi mesin pencari Google Goggles ini dalam menganalisa gambar. Misal, apabila fokus pada foto anda sedikit kabur maka proses analyzing bisa dipastikan akan gagal. Begitu pula jika foto anda sudah memiliki kwalitas sempura, sedangkan koneksi jaringan anda bermasalah, mungkin akan menemukan kegagalan juga. Aplikasi multiguna ini bisa anda download secara gratis di Google Mobile App atau Android Market bagi ponsel ber-platform Android.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here