Review iPad Air, Tablet dengan Layar 9,7 inch

0
8569
Review iPad Air, iPad Generasi ke 5 dengan Layar 9,7 inch

OKETEKNO.COM – Pada bulan November tahun 2013 ini pabrikan Apple kembali meluncurkan tablet terbaru jenis iPad generasi ke 5, yaitu iPad Air. Meski pabrikan Apple terkenal dengan produknya yang memiliki harga tinggi, namun hal tersebut tidak pernah menyurutkan semangat pihak Apple untuk berhenti berkarya dan tetap bersaing dalam pasaran ponsel dunia kelas atas.

Review iPad Air, iPad Generasi ke 5 dengan Layar 9,7 inch

iPad Air dihadirkan dengan berbekal beberapa komponen yang terbilang mumpuni yang lebih baik jika dibandingkan dengan beberapa perangkat Apple yang sudah pernah meluncur sebelumnya. Maka jangan heran jika perangkat terbaru dari Apple ini juga ditawarkan dengan harga yang tergolong tinggi. Namun jika anda adalah penggemar perangkat besutan Apple, hal tersebut sudah tidak mengherankan lagi. Yang penasaran seperti apa iPad Air, sebelumnya saya sudah pernah membahas tentang spesifikasi iPad Air, dan pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang review iPad Air, tablet yang memiliki layar 9,7 inch.

Baca disini untuk mengetahui Spesifikasi Lengkap iPad Air

Desain dan Display iPad Air

iPad Air memiliki desain bodi yang terbilang ramping dan slim dengan dimensi 240 x 169.5 x 7.5 mm yang memiliki berat 469 gram. Dengan balutan warna putih yang tidak menyolok, membuat iPad Air ini semakin mempesona dimata konsumen. Namun sangat disayangkan, ukuran iPad Air ini tergolong besar yaitu 9,7 inch, yang jauh lebih besar dari kebanyakan tablet yang hanya berukuran 7 inch, sehingga akan sedikit ribet saat membawanya kemana-mana.

Review iPad Air, iPad Generasi ke 5 dengan Layar 9,7 inch

iPad Air menggunakan jenis layar LED-backlit IPS LCD, capacitive touchscreen, yang memiliki 16 juta warna, namun sayang kerapatan gambar yang dimilikinya hanya 264 ppi untuk ukuran tablet sebesar iPad Air. iPad Air juga telah dilengkapi dengan pelindung layar Scratch-resistant glass, oleophobic coating, sehingga layar iPad Air tahan dengan goresan.

Kamera iPad Air

iPad Air hadir dengan dibekali kamera utama yang memiliki ukuran 5 MP yang mengusung resolusi 2592 x 1944 pixels dengan autofocus. Dan telah di lengkapi dengan beberapa fitur seperti Geo-tagging, touch focus, face detection, dan juga HDR. Namun yang menjadi kelemahan dri kamera utam iPad Air ini adalah tidak dibekali dengan fitur LED Flash, sehingga kurang begitu maksimal saat digunakan untuk pengambilan gambar pada ruang yang memiliki cahaya minim.

Review iPad Air, iPad Generasi ke 5 dengan Layar 9,7 inch

Selain kamera utama, iPad Air ini juga telah dibekali dengan kamera kedua yang memiliki resolusi bidik 1.2 MP dengan fitur face detection, FaceTime over Wi-Fi or Cellular yang sering digunakan video call oleh pengguna. Serta juga tertanam video dengan durasi [email protected] yang disempurnakan dengan fitur video stabilization.

Memori dan Fitur iPad Air

iPad Air ini nantinya akan dihadirkan dengan berbagai versi media penyimpanan internal, mulai dari 16 GB, 32 GB, 64 GB dan yang paling tinggi dengan media penyimpanan internal 128 GB. Namun sayangnya iPad Air ini tidak dilengkapi dengan ekspansi slod microSD, jadi anda tidak bisa menambahkan memori eksternal pad iPad Air ini.

Review iPad Air, iPad Generasi ke 5 dengan Layar 9,7 inch

Beberapa fitur yang telah diselipkan pada iPad Air ini diantaranya adalah messaging dengan iMessage, Email, Push Email, IM. Browser dengan menggunakan HTML (safari), GPS dengan A-GPS support and GLONASS. Juga tersedia  beberapa fitur multimedia seperti MP3 dan MP4 player, Siri natural language commands and dictation, AirDrop file sharing, iCloud cloud service dan juga tersedia TV Out yang bisa menemani anda kapan saja dan dimana saja. Dan masih banyak beberapa fitur yang lainnya.

Jaringan, Koneksi dan Performa iPad Air

iPad Air telah dilengkapi dengan beberapa jaringan yang belum banyak digunakan oleh beberapa perangkan ponsel dan juga tablet, diantaranya adalah jaringan 2G GSM dan CDMA, jaringan 3G HSDPA dan CDMA, serta jaringan 4G LTE. Dengan menggunakan optional Single SIM dengan model Nano SIM.

Untuk melakukan koneksifitas, seperti transfer data iPad Air juga telah dilengkapi dengan Bluetooth versi 4.0 dengan A2DP, EDR, yang bisa anda gunakan untuk transfer data jarak dekat sesama pengguna tablet atau pun ponsel, dan jika anda ingin melakukan transfer data dari perangkat dengan PC, iPad Air juga telah dilengkapi dengan slot USB versi 2.0.

Review iPad Air, iPad Generasi ke 5 dengan Layar 9,7 inch

Anda yang gemar browsing-browsing internet, iPad Air juta dilengkapi dengan jaringan GPRS, EDGE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi hotspot dan juga DC-HSDPA, 42 Mbps; HSDPA, 21 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps, LTE, 100 Mbps; EV-DO Rev. A, up to 3.1 Mbps.

iPad Air berjalan dengan menggunakan OS terbaru dari Apple yaitu iOS versi 7.0.3, yang telah diperkuat dengan prosesor Dual-core yang berkecepatan hingga 1.3 GHz Cyclone (ARM v8-based). Serta disempurnakan dengan chipset Apple A7 yang telah dipadukan dengan 1 GB RAM DDR3. Dan untuk grafis sepenuhnya dengan menggunakan PowerVR G6430 (quad-core graphics).

Daya Baterai dan Harga iPad Air

iPad Air mengkonsumsi baterai dengan tipe Li-Po yang memiliki kapasitas 8,820 mAh, jadi anda bisa menikmati waktu percakapan dan juga berkirim pesan dalm jangka waktu yang lumayan lama. Namun jika anda menggunakannya untuk beberapa aktivitas multimedia, seperti melihat TV, merekam video dan lain-lain, iPad Air mampu bertahan hanya dengan durasi waktu kurang lebih selama 10 jam.

Review iPad Air, iPad Generasi ke 5 dengan Layar 9,7 inch

Melihat beberapa spesifikasi unggula yang telah dusung oleh iPad Air, maka harga iPad Air sampai kepasaran diperkirakan akan jatuh sekitar Rp. 6,2 juta untuk versi iPad Air Wifi Only (16GB), Rp. 7,4 juta iPad Air Wifi Only (32GB), Rp. 8,5 juta iPad Air Wifi Only (64GB), dan Rp. 9,8 juta iPad Air Wifi Only (128GB).

Sedang untuk harga iPad Air versi Wifi+4G LTE (16GB) Rp. 7,7 juta, Rp. 8,9 juta untuk iPad Air versi Wifi+4G LTE (32GB), Rp. 10,1 juta untuk iPad Air versi Wifi+4G LTE (64GB), dan Rp. 11,4 juta untuk iPad Air versi Wifi+4G LTE (128GB).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here