Review Nokia Lumia 2520, Tablet pertama Nokia dengan Windows RT

0
5701
Review Nokia Lumia 2520, Tablet pertama Nokia dengan Windows RT

OKETEKNO.COM – Nokia yang dulu pernah menjadi penguasa pasaran ponsel dunia, yang saat ini posisinya telah digantikan oleh Samsung, tidak hanya tinggal diam saja melihat beberapa pesaingnya yang ramai dengan meluncurkan perangkat baru yang menjadi tren pasar pada saat ini. Tablet, itulah perangkat yang banyak dikejar masyarakat pada saat ini, Nokia yang dulu lebih terkenal dengan perangkat smartphone Nokia Lumia, saat ini beralih menjadi Nokia Lumia Tablet. Tablet pertama yang telah berhasil dirilis dan telah diperkenalkan pada bulan Oktober kemarin adalah Lumia 2520.

Review Nokia Lumia 2520, Tablet pertama Nokia dengan Windows RT

Nokia Lumia 2520 memiliki desain bodi yang elegan dan tidak meninggalkan kesan yang kaku dengan tampilan yang cukup menawan, diklaimkan bahwa Lumia 2520 ini akan menjadi pesaing iPad Air tablet terbaru dari Apple. Mampukah Nokia Lumia 2520 ini bersaing dengan iPad Air? Anda sendiri yang bisa menentukannya (^^,).

Baca disini melihat Spesifikasi Nokia Lumia 2520

Pada sebelumnya saya sudah pernah mengulas tentang review iPad Air, dan pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan dengan anda semua untuk mengulas lebih lengkap mengenai tablet Nokia Lumia 2520 ini. Yang sudah pada penasaran, langsung saja simak review Nokia Lumia 2520 dibawah ini.

Desain dan Display Nokia Lumia 2520

Merupakan perubahan besar dari Nokia Lumia yang dulu lebih dikenal dengan smartphone yang berukuran 4,0 hingga 4,8 inch saja, kini menghadirkan Nokia Lumia 2520 dengan layar yang berukuran 10.1 inch. Dengan layar yang lebih besar dan lega, pengguna lebih leluasa dalam pengoperasian perangkat tersebut. Tablet ini menggunakan jenis layar IPS LCD yang akan tetap terlihat jernih jika pada saat anda gunakan ditempat terbuka atau dibawah sinar matahari. Selain itu layar pada Nokia Lumia 2520 ini  telah mendapat perlindungan ClearBlack display yang telah disusun dari Corning Gorilla Glass, sehingga mampu bertahan dengan goresan.

Review Nokia Lumia 2520, Tablet pertama Nokia dengan Windows RT

Dengan tampilan desain luar yang terlihat cantik dan menawan membuat tablet ini banyak yang melirik meski memiliki bentuk yang terbilang kotak tanpa lengkung pada sudut-sudutnya, ditambah lagi dengan balutan warna-warna glosy yang dibungkus dengan casing unibody polikarbonat yang lembut membuatnya lebih terlihat elegan, menjadikan Lumia 2520 ini semakin tampil lebih percaya diri dihadapan publik. Dengan ukuran serta berat yang seimbang, yakni berdimensi  267 x 168 x 8.9 mm dengan berat 615 gram, meski dibilang lebih berbobot dari pada iPad Air.

Kamera Nokia Lumia 2520

Jika melihat dari segi kamera, Nokia Lumia 2520 ini telah dibekali dengan kamera utama yang memiliki kekutan bidik  6.7 MP dengan resolusi 3088 x 1744 pixels yang telah menggunakan lensa buatan dari Carl Zeiss. Namun sayangnya untuk fitur dari kamera utama tersebut belum dilengkapi dengan fitur LED Flash, jadi sangat kurang baik jika anda gunakan untuk mengabil gambar ditempat yang bercahaya minim.

Review Nokia Lumia 2520, Tablet pertama Nokia dengan Windows RT

Untuk kamera kedua dari Nokia Lumia 2520, juga telah disediakan kamera dengan ukuran 2MP yang kebanyakan lebih difungsikan sebagai video call oleh pengguna. Untuk pengambilan video juga telah disediakan video recorder dengan kualitas full HD yang memiliki durasi [email protected]

Memori dan Fitur Nokia Lumia 2520

Untuk melihat media penyimpanan dari Nokia Lumia 2520 ini telah dibekali dengan memori internal yang berkapasitas 32 GB namun jika anda masih merasa kurang tempat untuk penyimpanan, Nokia juga telah melengkapi Lumia 2520 ini dengan slot microSD yang memiliki kapasitas hingga 32 GB juga. Jadi jika anda adalah pengguna tablet terbaru Nokia ini, maka anda tidak akan takut kekurangan tempat untuk menyimpan data yang ingin anda koleksi.

Review Nokia Lumia 2520, Tablet pertama Nokia dengan Windows RT

Salah satu fitur yang bisa menambah kualitas dari Nokia Lumia 2520 ini adalah adanya fitur Dolby Headphone sound enhancement, sehingga suara yang dikeluarkan dari tablet ini terdengar tajam dan juga sangat jernih. Selain itu beberapa fitur umum yang dibawanya adalah MP4/DivX/Xvid/H.264/H.263 player, MP3/WAV/eAAC+ player, GPS, Browser dengan HTML dan messaging SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM. Dan masih banyak fitur menarik lainnya yang ada pada Lumia 2520 ini.

Jaringan, Koneksi dan Performa Nokia Lumia 2520

Nokia Lumia 2520 ini menggunakan optional single SIM dengan micro SIM yang sudah mendapatkan dukungan jaringan 2G, 3G dan juga 4G LTE. Ditambah dengan adanya jaringan yang bisa anda gunakan untuk melakukan koneksi dengan internet, diantaranya adalah jaringan GPRS, EDGE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi hotspot dan HSDPA, 42.2 Mbps, HSUPA, 11.5 Mbps; LTE, Cat4, 50 Mbps UL, 150 Mbps DL.

Untuk melakukan transfer data anda juga tidak akan kebingungan, karena Lumia 2520 ini telah dilengkapi dengan Bluetooth yang bisa anda gunakan untuk transfer data sesama perangkat ponsel atau juga tablet dengan jarak dekat. Dan jika anda ingin menghubungkan dengan perangkat anda dengan PC atau laptop, maka anda juga telah disediakan slot USB.

Review Nokia Lumia 2520, Tablet pertama Nokia dengan Windows RT

Melihat performa dari Nokia Lumia 2520, berjalan dengan menggandengan sistem operasi terbaru dari Microsoft yaitu Microsoft Windows RT yang telah disempurnakan dengan chipset Qualcomm MSM8974 Snapdragon 800 berpaduan dengan RAM yang berkapasitas 2 GB.  Performa Lumia 2520 diperkokoh dengan adanya prosesor Quad-core yang berkecepatan hingga 2.2 GHz Krait 400. Untuk bagian grafis Nokia Lumia 2520 sepenuhnya telah dipercayakan pada Adreno 330.

Daya Baterai dan Harga Nokia Lumia 2520

Nokia Lumia 2520 ini telah berhasil mengkonsumsi daya baterai dengan jenis Li-Po yang telah berkapasitas 8000 mAh, dengan kapasitas baterai tersebut tablet Nokia Lumia 2520 ini mampu bertahan selama kurang lebih 12 jam untuk pemakaian normal. Sedang akan mampu bertahan kurang lebih 600 jam dalam keadaan standby.

Review Nokia Lumia 2520, Tablet pertama Nokia dengan Windows RT

Jika kita melihat dari berbagai spesifikasi serta fitur yang telah diusung oleh Nokia Lumia 2520 ini, pasti kita berfikir bahwa Nokia Lumia 2520 ini adalah perangkat termahal, namun sesungguhnya harga Nokia Lumia 2520 $ 499 atau setara dengan Rp. 5,7 juta di Amerika Serikat tanpa adanya ikatan kontrak dengan operator manapun.

Cek disini untuk melihat Daftar Harga HP Nokia Terbaru

Harga tersebut jauh lebih murah jika dibanding dengan perangkat tablet terbaru dari Apple, iPad Air. Namun sayangnya belum ada pengumuman mengenai kehadiran perangkat ini di negara kita tercinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here