Tahun 2017, Google Riliskan Project Ara

0
6540
Tahun 2017, Google Riliskan Project Ara

Oketekno.com – Sebelumnya Google telah mengumumkan bahwa Project Ara telah selesai dan akan dirilis pada kuartal 2016. Namun proyek tersebut terkendala dan sempat molor oleh adanya isu modular yang kurang kompatibel.

Google akan meluncurkan bentuk smartphone terbaru Project Ara yang akan dirilis tahun depan 2017. Untuk saat ini, google bekerja sama dengan perusahaan lain seperti Micron, Panasonic, Toshiba, Sony dan iHealth untuk mengembangkan modul Project Ara mulai dari layar hingga kamera.

Menurut keterangan PhoneArena pada hari Sabtu (21/5/2016), Google mengumumkan proyeknya tersebut telah mendapatkan antusiasme pengunjung. Project Ara sendiri telah mengusung teknologi modular layaknya sebuah permainan puzzle.

Tahun 2017, Google Riliskan Project Ara

Google Ara ini memiliki 6 modular slot yang masing-masing slot dapat diisi dengan modul yang sesuai dengan keinginan pengguna. Slot ini terhubung melalui jaringan Unipro. Slot ponsel yang satu ini telah berstandarisasi hal ini bertujuan agar modul yang dibuat tidak cepat rusak meski dilepas atau dipasang berkali-kali.

Pengguna bisa membongkar ataupun melepas komponen modular yang layaknya sebuah permainan puzzle. Hal tersebut dikarenakan Project Ara sendiri memiliki teknologi magnetis tanpa harus melakukan reboot saat akan mengganti modular. Pengguna bisa membongkar pasang komponen modular hanya dengan bantuan perintah suara.

Dengan perintah suara, ponsel Project Ara secara otomatis mampu mengganti modular yang satu dengan modular yang lain. Misal pengguna ingin melepas kamera maka perintah suara yang dilakukan adalah “Ok Google, lepaskan kamera!” maka modular kamera akan terlepas.

Selain membawa modular kamera, Google Ara juga memiliki modular speaker dan pendeteksi glukometer untuk pendeteksi penyakit diabetes. Hp yang satu ini  telah lama dalam melakukan pengembangan device.

Menurut laporan yang ada, sudah ada sekitar 30 orang yang sudah memiliki ponsel Ara ini. Sebelumnya sejauh ini Google sudah mengembangkan ponsel modular pertama di dunia LG G5.

Namun ponsel tersebut masih tidak sepenuhnya ponsel modular. Setidaknya jika dibandingkan dengan ponsel modular yang saat ini sedang dikembangkan oleh Google. LG G5 masih perlu pembaharuan dan perkembangan dalam masalah device.

Baca Juga Daftar Harga Smartphone Huawei Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here