Oven Listrik atau Oven gas, Mana yang Terbaik?

0
12195
Oven Listrik atau Oven gas, Mana yang Terbaik?

Oven Listrik atau Oven gas, Mana yang Terbaik?

Oven adalah alat dapur yang digunakan untuk memanggang serta pemanasan. Pemanfaat oven sendiri mayoritas dipakai untuk membuat kue. Meskipun bisa dipakai untuk mematangkan makanan selain dari kue, namun pemakaian terbesarnya cenderung ditunjukkan untuk pembuatan kue.

Berdasarkan jenis sumber daya pengoperasiannya, oven terbagi menjadi dua jenis, yakni oven listrik dan oven gas. Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Oven Listrik

Oven listrik identik dengan simpel dan praktis. Jenis oven ini tidak memerlukan banyak ruang untuk meletakkannya. Selama pengoperasiannya oven listrik ini mengatur secara otomatis kondisi panas di dalam interiornya sesuai pengguna yang sudah ditentukan sebelumnya. Pada oven listrik terdapat fitur “Timer”. Fungsi dari fitur tersebut yaitu untuk mengatur berapa lama waktu penyalaan oven, sehingga oven ini mati dengan sendirinya.

Oven listrik mempunyai sejumlah fitur pengapian dengan konsumsi daya listrik yang berbeda. Terdapat tiga jenis pengapian yang bisa digunakan, yakni api atas, api bawah dan api atas bawah. Ketiga jenis pengapian tersebut mengonsumsi daya listrik yang berbeda, konsumsi daya listrik yang paling besar ialah pada pengapian jenis api atas bawah.

Oven Listrik atau Oven gas, Mana yang Terbaik?

Oven Gas

Oven gas tidak seperti oven listrik, oven gas ini memerlukan ruang yang cukup luas untuk meletakkannya. Selain mempunyai fisik yang lebih besar, pengguna pun mesti mempunyai tempat untuk mengondisikan penempatan tabung gas (LPG).

Dari segi harga, harga oven gas lebih murah ketimbang oven listrik. Pada oven gas tidak terdapat fitur otomatis yang fungsinya untuk mengatur suhu panas interior oven gas. Seluruh prosedur standar pemanggangan yang bisa dilakukan secara otomatis di oven listrik, pada oven gas ini mesti dilakukan secara manual.

Nyala api oven gas tidak akan pernah mati secara otomatis sebagaimana oven listrik. Pengaturan suhu panasnya dilakukan di awal ketika hendak melakukan pemanggangan, untuk mematikannya harus dilakukan secara manual.

Oven Listrik atau Oven gas, Mana yang Terbaik?

Oven Listrik atau Oven Gas?

Hal penting yang harus dipahami dalam memilih oven ialah seberapa jauhkah niat kita untuk bisa memaksimalkan keberadaan perangkat ini. Membuat makanan seperti kue adalah sebuah proses yang memerlukan keahlian dalam mengolah sejumlah bahan makanan.

Secanggih dan semodern apapun alat memasak yang kita gunakan, apabila tidak disertai dengan keahlian dalam mengolah bahan makanan maka hasilnya tidak akan maksimal.

Maka dari itu, jangan terpaku pada kecanggihan ataupun keunggulan yang dimiliki pada sebuah perangkat. Perangkat seperti oven hanyalah sebagai pendukung saja untuk keahlian dalam mengolah bahan makanan yang kita miliki. Entah itu oven listrik ataupun oven gas, keduanya akan berfungsi dengan sangat baik dan maksimal apabila didukung dengan kemahiran yang kita miliki dalam mengolah bahan makanan mulai dari awal hingga siap dihidangkan.

Bagi Anda yang ingin membeli oven sebaiknya kunjungi Ralali.com. Di Ralali.com jual oven sangat lengkap, harganya terjangkau dan berkualitas dengan pilihan jenis dan merk ternama yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here