Layar Berteknologi IPS LCD, AMOLED dan TFT, Mana yang Lebih Bagus??

5
367509

OKETEKNO.COM – Semakin canggih perangkat komunikasi berbasis smartphone dan juga tablet, maka semakin canggih pula jenis layar yang diusung oleh perangkat tersebut. Jenis-jenis layar yang mungkin sering kita dengar dan sering kita temui dalam smartphone atau tablet terbaru pada saat ini, contohnya saja seperti Samsung Galaxy S8 yang menggunakan Super AMOLED, diantaranya adalah IPS LCD, AMOLED dan juga TFT.

Layar Berteknologi IPS LCD, AMOLED dan TFT, Mana yang Lebih Bagus??

Untuk teknologi IPS LCD, AMOLED, dan juga TFT begitu penting keberadaanya pada perangkat Smartphone yang memang fungsinya sebagai penerjemah dari GPU yakni dengan mengubah kode perintah yang ada di GPU lalu diubah dengan sebuah tampilan seperti apa yang telah kita lihat di layar smartphone kalian. Lalu apa perbedaan dari jenis-jenis layar tersebut? Yuk, mari kita kenali layar smartphone yang kita gunakan.

Layar IPS LCD

Jenis layar IPS LCD ini banyak kita jumpai dalam smartphone kelas menengah, akan tetapi masih ada juga smartphone dengan harga menengah kebawah akan tetapi dibekali dengan teknologi ini, contohnya saja seperti Evercoss Genpro X, namun sebelumnya perlu kita pahami tentang apa itu jenis layar IPS LCD. IPS (In Plane Swtiching) merupakan suatu panel teknologi LCD  yang mampu menampilkan banyak perbedaan ketika dipandang mata secara normal. Layar dengan teknologi IPS ini menawarkan hasil gambar yang sangat bagus dan cocok untuk fotografi, salah satunya yakni seperti yang sudah diaplikasikan pada Oppo F1s.

Sedangkan kelemahan dari layar yang menggunakan teknologi IPS LCD ini adalah konsumsi daya yang tergolong besar dan juga kecerahannya tidak bisa tampil sempurna.

Ketahui Juga : Macam-Macam GPU yang Wajib Diketahui

Layar AMOLED

Kita sering mendengar nama layar AMOLED untuk smartphone terbaru seperti Oppo R7, apa itu layar AMOLED?? AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) adalah jenis layar yang menggunakan teknologi OLED (Organic Light Emitting Diode). Sedang OLED sendiri merupakan sebuah benda padat yang memiliki film yang sangat tipis yang  mengandung molekul organik dan mampu menghasilkan cahaya apabila mendapat aliran listrik, untuk teknologi jenis ini yang terbaru yakni Super AMOLED.

Teknologi OLED memiliki ketajaman layar yang tergolong tinggi namun memiliki daya yang tergolong rendah. Dengan AMOLED merupakan wujud transformasi dari OLED biasa yang mempu merubah setiap pixel secara langsung dan sangat efisien untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang membutuhkan resolusi HD sekalipun, misalnya saja seperti aplikasi edit foto. Disamping itu layar dengan teknologi AMOLED juga memiliki kelebihan serta kelemahan, diantaranya seperti dibawah ini.

Kelebihan Layar AMOLED

  • Memiliki kecerahan yang sangat tinggi.
  • Teknologi AMOLED memiliki pengaturan warna RGB, sehingga hasil video serta foto tampak begitu stabil seperti yang sudah di contohkan pada Asus Zenfone 3 Deluxe Zs570KL.
  • Mampu menghemat daya hingga 40%.
  • Masih tetap terlihat jernih, meski digunakan saat berada dibawah sinar matahari langsung.

Simak Nih : Cara Mudah Main Game di PC Tanpa Gunakan VGA

Kelemahan Layar AMOLED

Perangkat yang menggunakan jenis layar AMOLED pasti memiliki harga yang tergolong tinggi. Karena AMOLED merupakan jenis layar baru yang juga menggunakan teknologi baru.

Layar Berteknologi IPS LCD, AMOLED dan TFT, Mana yang Lebih Bagus??

Layar TFT

TFT merupakan kepanjangan dari Thin Film Transistor yang merupakan jenis layar yang menggunakan teknologi LCD. Layar dengan menggunakan jenis layar TFT ini mampu memberikan resolusi yang cukup baik dan layar TFT juga mampu menampilkan gambar yang mengusung berjuta warna. Layar dengan jenis TFT ini tergolong mahal dan juga mampu menyedot daya yang sangat besar, memang terbukti teknologi ini hanya terdapat pada kelas smartphone menengah ke atas seperti Sony Xperia E1, Vivo Y51L, Lenovo A1000, dan masih banyak lagi yang telah diberitakan oleh Oketekno.

Ketahui Juga : Penyebab dan Cara Atasi Ponsel Nge-Lag Saat Main Game HD

Kelebihan dan kelemahan dari Layar yang menggunakan teknologi TFT adalah memiliki tampilan layar yang tergolong tajam dan juga jenih serta mempu menerima respon sentuhan yang sangat cepat, yang cocok banget untuk bermain game HD seperti Tekken 7. Sedang kekurangannya adalah boros baterai.

Semoga info layar ponsel diatas bisa menjadi salah satu refrensi buat anda tentang jenis layar pada perangkat kesayangan anda. Semoga info ini bisa bermanfaat buat anda, dan jangan lupa share and comment juga artikel ini pada saudara atau sahabat anda yang saat ini sedang membutuhkan. Terima kasih.

Baca Juga : Macam-macam cpu yang harus diketahui

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here