Bahaya Smartphone Bagi Anak yang Wajib Orang Tua Ketahui!

0
2991
Copyright ©abcnews.go

Bahaya Smartphone Bagi Anak yang Wajib Orang Tua Ketahui!

Oketekno.com – Perkembangan teknologi smartphone saat ini memang sudah tak bisa dibendung lagi ya, dimana saat ini banyak perusahaan gadget yang terus menerus generasi baru untuk memasok kebutuhan pasaran, beberapa diantaranya yakni Samsung, iPhone, Lenovo, Asus, Xiaomi, Oppo dan lainnya. Tidak hanya perangkatnya saja, dan bahkan para developer aplikasi pun juga meluncurkan berbagai aplikasi maupun game menarik untuk kebutuhan para pengguna gadget.

Pengguna gadget saat ini tidak hanya anak remaja hingga orang dewasa saja, bahkan saat ini anak-anak pun juga sudah mulai bermain gadget ini. memang pengenalan teknologi kepada anak adalah sebuah bentuk peningkatan dimana hal ini bisa sangat baik untuk pertumbuhan mereka, lantas apa jadinya jika hal ini berlebihan ?

Copyright ©abcnews.go

Nah pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi informasi kepada anda semua tentang bahaya smartphone bagi anak yang perlu anda ketahui. Wah kira-kira apa ya dampak negatifnya ini ? simak ulasannya dibawah ini.

Bahaya Smartphone Bagi Anak :

#Susah Tidur

bahaya smartphone bagi anak yang pertama adalah akan membuat si kecil susah tidur nantinya. Hal ini dikarenakan didalam sebuah smartphone mengeluarkan caay yang disebut Blue Light mirip seperti cahaya di siang hari. Cahaya ini mampu mengirimkan sinyal yang membuat otak mereka menjadi bingung nantinya. Berlakukan kegiatan tanpa gadget sekitar 1-3 jam sebelum anak anda tidur dengan menggantinya dengan kegiatan lain yang lebih bermanfaat, seperti membaca buku maupun membaca dongeng.

Ketahui Juga : Bahaya Main Ponsel Sebelum Tidur yang Musti Kamu Ketahui!

#Tubuh Jadi Kurang Gerak

Didalam masa pertumbuhan, anak-anak memang di anjurkan untuk terus bergerak atau aktif dalam melakukan segala hal, seperti berlari-lari, melompat maupun bermain yang sangat bisa membantu pertumbuhannya. Nah jika anak anda sudah bermain gadget, pastinya ia hanya akan berdiam diri di tempat untuk memainkanya, dan hal itu biasanya terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama, kebanyakan yang dioperasikan anak tersebut adalah game terpopuler yang terdapat dalam Play Store. Hal ini akan membuat pertumbuhan anak terganggu dan bisa menjadikan anak obesitas.

#Gangguan Mata

bahaya smartphone bagi anak selanjutnya adalah bisa menyebabkan mata anak anda menjadi buram, kering dan bahkan bisa membuat anak menjadi pusing nantinya. meskipun belum ada laporan resmi terkait kerusakan mata, namun jika hal ini dibiarkan berlanjut bisa membuat anak mengalami masalah mata nantinya. biasakan untuk mengatur waktu bermain gadget pada anak anda agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan, salah satu solusi mengatasinya adalah gunakan aplikasi screen dimmer untuk menjaga kesesuaian kontras layar.

Para Orangtua, Simak Nih : cara mudah mengawasi konten Facebook anak anda!

#Kurangnya Jiwa Sosialisasi Pada Anak

Tak hanya menjadi masalah dalam kesehatan saja, terlalu sering bermain gadget bisa membuat anak anda menjadi kurang bersosialisasi dengan lingkungan. Mereka akan lebih suka menghabiskan waktu berdiam diri di rumah daripada bermain dengan teman sebayanya, hal ini bisa membuat anak anda menjadi orang yang pendiam dan acuh kepada teman dan bahkan keluarganya sendiri, tidak hanya terjadi kepada anak kecil loh, untuk kejadian yang satu ini juga bisa terjadi pada orang dewasa, untuk selengkapnya bisa anda simak pada laman dampak buruk Smartphone di kehidupan sosial berikut.

Copyright ©Depositphotos

#Gangguan Mental

Memang bukanlah sebuah hal yang wajar jika anak yang memiliki usia sangat dini ini bisa terganggu pada kejiwaanya. Namun banyak studi yang mengemukakan jika penggunaan teknologi yang berpebihan ternyata bisa meningkatkan masalah depresi pada anak, selain itu membuat ia menjadi kurang konsentrasi, autisme, Kecemasan, Bipolar, dan masalah kejiwaan lainnya, gangguan kesehatan tersebut tidak hanya terjadi pada anak kecil yang bermain smartphone berlebihan, ternyata orang dewasa yang bermain Instagram pun juga bisa memicu penyakit tersebut, kok bisa? simak nih alasannya pada Instagram Picu Krisis Kejiwaan Bagi Remaja yang harus dihindari ini.

Info Penting : Cara Gunakan Internet Aman yang Harus di Terapkan!

#Jadi Pelupa

Beragam teknologi saat ini memang bisa memproses sebuah informasi dengan sangat cepat ya, dan hal ini membuat anak kita menjadi terlalu cepat dalam menyerap infromasi, hal ini berdampak membuat anda menjadi kurang bisa berkonsntrasi dan daya ingat menjadi menurun. Apabila anak anda menjadi kurang bisa konsentrasi, pastinya hal ini bisa berdampak negatif pada aktifitas belajarnya nanti.

#Terkena Paparan Radiasi

bahaya smartphone bagi anak yang paling banyak ditakutkan adalah adanya paparan radiasi yang dikeluarkan oleh gadget tersebut. teknologi nirkabel ini sangat berbahaya bagi tubuh manusia apalagi anak-anak, dampak yang diberikan bisa lebih parah lagi nanti pasalnya daya tahan tubuh dan otak masih sangat lemah, sebenarnya ada cara untuk meminimalkan resiko ini dengan terapkan tips mudah meminimalkan bahaya radiasi ponsel, bukan berarti ketika terapkan ini anda sudah terhindar dari resiko itu.

Nah itu tadi beberapa ulasan tentang bahaya smartphone bagi anak yang perlu anda ketahui. Sebagai orang tua memang kita harus bisa menuntun anak kita agar bisa berkembang secara baik nantinya, namun tetap harus menyesuaikan batas wajarnya agar anak-anak bisa bertumbuh sesuai dengan usianya nanti.

Baca juga :  Tips dan Trik Memilih Tablet Yang Cocok Untuk Anak

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY