Beberapa Titik Balik Dunia Gadget Selama Tahun 2013

0
2697

OKETEKNO.COM | Selang beberapa hari lagi kita akan meninggalkan tahun 2013. Tahun baru sudah di depan mata. Banyak hal – hal yang sudah terjadi selama setahun belakangan ini, terlebih lagi pada industri gadget entah terjadi di tanah air atau tingkat global. Sebut saja mulai dari meningkatnya pengguna Android dan iOS, naik turunnya perjalanan Blackberry, dan masih banyak lagi.

gadgets 2013

Memang dunia industri gadget sedang mengalami peningkatan pesat di bidang teknologi. Pasar yang semakin memanas dengan banyaknya saingan baru dan berbagai varian baru yang muncul, seperti Operating sistem berbasis sailfish, firefox, dan yang terakhir muncul rumor adanya Normandy. Ada beberapa momen yang menjadi titik balik pada industri gadget selama tahun 2013, dan berikut ini telah oketekno.com rangkumkan untuk anda.

 

  • Diluncurkannya Samsung Galaxy S4

Titik balik berkembangnya operating sistem berbasis Android adalah diluncurkannya Samsung Galaxy S4 pada bulan Maret kemarin. Ya, smartphone satu ini mengawali berbagai pengembangan seri dan varian dari ponsel pintar. Setelah munculnya Samsung Galaxy S4 banyak vendor lain yang mencoba memberikan persaingan dengan meluncurkan berbagai perangkat andalan miliknya seperti yang dilakukan Lenovo, Oppo, Sony, HTC, dan masih banyak lagi.

Awal tujuan di luncurkannya Samsung Galaxy S4 ini adalah untuk meruntuhkan dominasi Blackberry dan iPhone. Ternyata dibalik itu sukses membawa android menjadi sistem operasi yang mendominasi pasar global.

 

  • Munculnya Google Glass

Sebelumnya hanya menjadi impian mempunyai kacamata pintar, namun dengan adanya Google Glass membuat para penikmat gadget dapat memperlangkap koleksi teknologinya. Bahkan disebut – sebut dengan adanya Google Glass, inovasi – inovasi lain mulai berkembang dan terbukti setelah masa peluncuran Google Glass muncul pula si jam tangan pintar Samsung Smartwatch dan Smart ring.

 

  • Dirilisnya Moto X

Motorola memang sempat tertinggal jauh, namun tak menciutkan semangatnya untuk terus berkembang dan maju di industri gadget. Setelah berkutat dengan Google untuk menyiapkan smartphone terbarunya, akhirnya pada bulan agustus lalu motorola merilis Motorola Moto X yang di klaim sebagai pelopor smartphone android GPE (Google Play Edition).

 

  • Update iOS7 dan Windows Phone 8

Pada bulan Juni 2013 lalu iPhone, iPad, dan iPod mendapatkan sentuhan baru dengan resmi dirilisnya iOS7 sebagai penyempurna seri sebelumnya. Berbagai keunggulan ditambahkan untuk menarik minat penggunanya. Mulai dari desain modern, pembaruan aplikasi, layanan share foto dan iCloud, iTunes radio, dan masih banyak lagi.

Setelah iOS mendapatkan perombakan, tak ketinggalan giliran Windows phone yang mengalami pengembangan dengan di-updatenya sistem operasi milik Microsoft tersebut menggunakan Windows phone 8. Sama seperti iOS, Windows phone 8 juga mempunyai keunggulan di bidang desain tampilannya dan berbagai aplikasi bawaannya yang semakin lengkap.

  • Munculnya BBM For Android dan iOS

Seiring menaiknya jumlah pengguna Android dan berhasil menempatkan diri sebagai yang terpopuler di antara operating sistem lain membuat pamor Blackberry seakan berangsur menghilang. Puncaknya adalah pada diluncurkannya aplikasi yang menjadi andalan milik Blackberry, yaitu BBM Messager lintas platform.

BBM messager adalah aplikasi pesan singkat yang sempat menjadikan Blackberry sebagai smartphone dengan pemakai terbanyak di dunia. Akan tetapi pada bulan oktober 2013 kemarin dikeluarkan sebuah aplikasi BBM Messager yang dapat di install pada smartphone Android dan iOS dengan spesifikasi perangkat tertentu. Ini adalah hal yang fenomenal, karena dalam 24 jam peluncurannya, aplikasi ini langsung mencapai kurang lebih sekitar 10 juta orang yang mendownloadnya.

 

Seperti itulah ulasan Beberapa Titik Balik Dunia Gadget Selama Tahun 2013 yang sudah oketekno.com rangkumkan untuk anda. Baca dan kunjungi terus halaman kami, dan dapatkan informasi teknologi terbaru setiap hari. Terima kasih,

 

Baca juga serba serbi dunia teknologi DISINI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here