Cara Mengetahui Shutter Count (SC) Pada Kamera DSLR

0
3321
copyright ©denatureofficial

Cara Mengetahui Shutter Count (SC) Pada Kamera DSLR

Oketekno.com – Kalian semua yang suka akan fotografi khususnya untuk fotografer, kali ini kita akan membahas tentang Cara Mengetahui SC Pada Kamera DSLR, sebelum membahas caranya kalian pasti penasaran kan apa itu SC.? (khususnya untuk orang awam) oleh karena itu sebelum saya menunjukkan caranya saya akan menjelaskan dahulu apa itu SC (Shutter Count).

Shutter Count alias SC adalah berapa banyak tombol shutter yang bisa kita tekan atau kata lainnya yaitu berapa banyak jumlah foto yang bisa kita hasilkan dari kamera DSLR tersebut. Hal inilah yang mempengaruhi umur dari suatu kamera yang akan kita beli nantinya, apalagi kita belinya second pasti Shutter Count akan menjadi perhatian lebih dari sang pembeli.

Contohnya pada kamera DSLR seperti Canon 650D atau sejenisnya, pada umumnya kamera jenis ini mempunyai jumlah 9999 jepretan, setalah kita mengambil gambar sebanyak 9999 maka kamera sudah tidak mau berfungsi lagi dikarenakan sensor kamera yang telah mencapai batas.

Simak Juga :Begini Cara Sembunyikan Video dan Foto Pada iPhone!

Jangan dikira kita bisa memakai kamera tersebut selamanya dengan cara menghapus sebagian dari foto yang telah kita ambil di dalam memory card kita, karena masa penggunaan kamera DSLR bukan diukur dari penuh atau tidaknya memory card, melainkan pada Shutter Count yang telah di desain untuk beberapa jepretan saja. Jika masa Shutter Count sudah mendekati masa puncaknya atau akhir, maka akan timbul beberapa gejala-gejala yang mungkin itu tidak mengenakkan bagi para fotografer yaitu susah untuk mengambil gambar atau sering macet.

Nah, sekarang ini kita akan membahas tentang bagaimana sih Cara Mengetahui SC Pada Kamera DSLR.

  1. Secara Online, untuk beberapa merk bisa diketahui berapa kapasitas Shutter Count yang bisa dihasilkan oleh produk tersebut dengan cara membuka situs Camera Shutter Count atau bisa juga untuk kamera bermerk Nikon bisa membuka situs Nikon Shutter Count.
    copyright ©btobey

    copyright ©btobey
  2. Menggunakan aplikasi EXIF Viewer, pertama kalian download dahulu aplikasi tersebut kemudian buka aplikasinya, setelah tampilan home dari aplikasi tersebut terbuka klik menu open maka akan muncul spesifikasi lengkap disertai dengan shutter count yang bisa dihasilkan.
    copyright ©denatureofficial

    copyright ©denatureofficial

Dengan kedua cara diatas perlu kita ketahui bahwa jangan asal membeli kamera berjenis DSLR secara sembarangan, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui dan salah satu bagian terpentingnya adalah jumlah shutter count yang bisa dihasilkan dari kamera tersebut. Demikian artikel tentang Cara Mengetahui SC Pada Kamera DSLR, semoga bisa membantu kalian yang lagi membutuhkan refresi sebelum membeli kamera jenis DSLR.

Baca Juga :Cara Merawat Smartphone Baterai Non-Removable !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here