Begini Cara Charger Smartphone yang Benar Agar Baterai Awet!

0
5507
Copyright ©coolpie

Begini Cara Charger Smartphone yang Benar Agar Baterai Awet!

Oketekno.com – Kebanyakan smartphone sekarang ini dibekali dengan baterai dengan jenis Lithium-Ion, baterai jenis ini dikenal cukup awet saat digunakan bahkan ada produk Smartphone yang secara berani membuat Smartphone dengan jenis tanam (non-removable battery) seperti yang diterapkan pada beberapa vendor terkenal yakni Samsung, iPhone, Oppo, Asus, dan lainnya. Pada saat Smartphone yang menggunakan jenis ini mengalami kerusakaan pada baterai, maka akan mengalami kesulitan saat menggantinya, hal ini dikarenakan kita tidak tahu cara charger smartphone yang benar.

Agar kejadian tersebut tidak menimpa kita, maka ada beberapa cara yang bisa kita lakukan salah satunya yaitu memerhatikan pengisian daya pada Smartphone kita, lembaga spesialis pengembangan baterai Battery University telah melakukan penelitian bahwa baterai yang berada di Smartphone kita bisa juga stres, nah dengan adanya stres yang berkepanjangan bisa mempercepat usia baterai smartphone kita.

Copyright ©dolgin

Apabila kita ingin baterai smartphone tetap awet sepanjang waktu, Battery University memberikan beberapa cara charger smartphone yang benar berdasarkan hasil penelitian mereka. Ketika mengisi daya pada Smartphone kita, usahakan segera mencabut charger saat baterai sudah penuh bila tidak maka akan berdampak buruk dalam jangka panjang, hal ini dapat mengurangi konsentrasi zat kimia di dalam baterai.

Selanjutnya yang harus kita perhatikan adalah jaga kondisi baterai selalu dingin, sudah jelas ketika kita menggunakan Smartphone secara berlebihan atau overheat bisa menyebabkan suhu panas yang berlebihan dan tentunya menjadi musuh besarnya baterai, untuk mengatasi permasalahan tersebut anda juga bisa ketahui pada laman cara mengatasi Smartphone panas dengan Aplikasi Android berikut.

Selain itu jangan melakukan pengisian daya mencapai 100 persen, karena baterai berjenis Lithium-Ion (Li-Ion) tidak perlu diisi daya sampai 100 persen, terkadang kita membutuhkan Smartphone harus terisi penuh karena akan digunakan untuk bepergian jauh, akan tetapi hal ini jangan sering dilakukan karena bisa membuat voltase tinggi hingga menjadikan stres baterai dalam waktu panjang, hal ini tentunya sangat bertolak belakang bukan dengan cara yang terdapat pada cara kalibrasi baterai Smartphone dengan mudah ini, karena pada cara tersebut hanya untuk dapatkan kapasitas lebih maksimal tanpa memandang kesehatan baterai itu sendiri.

Ketahui Juga : Cara Rawat Ponsel Baterai Non-Removable Agar Awet dan Tahan Lama!

Tidak hanya himbauan agar menghindari pengisian daya yang mencapai 100 persen, Battery University juga memperingatkan jangan sampai Smartphone kehabisan daya hingga 0 persen dikarenakan bisa memotong begitu banyak umur baterai, waktu yang disarankan untuk pengisian daya adalah saat Smartphone kehilangan daya 10 persen atau kapasitas baterai sudah mencapai 40 persen.

Apabila cara charger smartphone yang benar yang satu ini sulit untuk dilakukan, isi daya sesering mungkin agar tidak memberikan dampak buruk pada baterai kita, justru malah akan diuntungkan, untuk ketahui cara hemat baterai lebih banyak bisa disimak pada laman 11 cara ampuh menghemat baterai Smartphone agar lebih awet.

Baca Juga : Cara merawat baterai laptop non-removable supaya awet dan tahan lama

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY