Tips Merawat Powerbank Agar Tidak Cepat Rusak Bahkan Meledak!

0
3869
Copyright ©Razer

Tips Merawat Powerbank Agar Tidak Cepat Rusak Bahkan Meledak!

Oketekno.com – Powerbank merupakan nyawa bagi orang yang melakukan perjalanan jauh yang tidak memungkinkan ada tempat untuk mengisi daya baterai Smartphonenya, dengan begitu kalian juga jangan sampai lalai untuk melakukan perawatan PowerBank yang kalian miliki, nah kali ini kami akan berbagi tips merawat PowerBank supaya tetap awet dan tidak cepat rusak tentunya, salah satu cara mencegah yakni memerhatikan cara pengisian dayanya, sebenarnya tidak beda jauh dengan cara charger dengan Smartphone, untuk itu simak nih cara charger yang benar agar baterai awet.

Sebelum membahas tips merawat PowerBank, perlu kita ketahui berapa kali pengisian daya yang mampu dilakukan oleh PowerBank tersebut, akan tetapi rata-rata hanya mampu 500 kali isi daya saja bukannya setelah itu sudah tidak bisa dipakai lagi, melainkan setelah ini kapasitas penyimpanan PoweBank akan berkurang dan akan menjadi 80 persen bahkan lebih sedikit.

Lanjut Baca :Asus Zenfone 4 Max, Bekali Baterai Powerfull Bisa Untuk Powerbank!

Kalian sudah penasaran dengan tips merawat PowerBank berikut yang harus dilakukan,

  1. Charge power bank dengan daya listrik yang sesuai.

Misalnya 5 volt/2 ampere (5V/2A), kalau kita melakukan pengisian daya dibawah tegangan itu kemungkinan besar akan menyebabkan kerusakan bahkan bisa sampai meledak.

Ketahui Juga : Cara Rawat Smartphone Baterai Non-Removable Agar Awet

  1. Charge power bank di suhu ruangan normal (25 derajat Celcius).

Sama dengan baterai Smartphone, kalau PowerBank suhunya mencapai 30 derajat bahkan lebih, dengan ini PowerBank kalian akan cepat mengalami kerusakan dan memperpendek umurnya.

  1. Jangan buat power bank ‘kerja keras’

Contohnya adalah kalian menggunakan PowerBank sambil mengisi dayanya atau mungkin memainkan aplikasi yang cukup berat (misalnya bermain game), hindarilah cara ini karena akan membuat PowerBank harus bekerja ekstra (2 kali lipat) dan menyebabkan suhu yang berlebih dan tentunya akan merusak baterai penyimpanan PoweBank itu sendiri, sama dengan Smartphone juga karena cara ini memang menjadi pantangan tersendiri bagi para gamers yang selalu bermain setiap saat.

  1. Jaga power bank agar selalu kering.

Kondisi lembab juga bisa membahayakan untuk PowerBank karena bisa muncul uap air yang masuk dan menyebabkan bagian dalam PowerBank berkarat.

  1. Isi daya sesekali bila lama tak dipakai

Tidak lama dipakai juga sering diabaikan oleh pemiliknya yang mengakibatkan berkurangnya daya pada PowerBank kita, jika kita tidak menggunakannya lebih dari 1 bulan maka isi dayanya sesekali supaya kapasitas penyimpanannya tetap.

Tips Lainnya : Cara Mudah Kalibrasi Baterai Smartphone Agar Tahan Lebih Lama

  1. Jangan sampai terjatuh

Yang terakhir ini mungkin sering terjadi pada traveler, karena medan yang dilalui cukup sulit sehingga tanpa sengaja menjatuhkan PowerBank mereka. Hal ini jangan sampai terjadi karena benturan akan merusakkan internal dari PowerBank itu sendiri, akan tetapi kini sudah banyak beredar silicon case untuk melindungi PowerBank kita dari benturan.

Itulah beberapa tips merawat PowerBank yang bisa anda lakukan supaya PowerBank kalian tetap awet dan tahan lama dalam penggunaannya.

Baca Juga :Begini Cara Charger Smartphone yang Benar Agar Baterai Awet!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here