Tips Memilih Sebelum Membeli Smartphone Bekas

0
4028

OKETEKNO.COM | Penggunaan smartphone memang sangat berkembang pada beberapa tahun ini. Setelah muncul dan berkembang pesat smartphone berbasis blackberry, selanjutnya iOS memberikan kejutan dengan meluncurkan iPhone yang juga diterima dengan baik dipasaran. Hingga akhirnya kini pasar smartphone di kuasai oleh ponsel dengan sistem operasi berbasis Android.

Baca Juga Tentang Tips Melacak Smartphone yang Hilang

Tips-Membeli-Smartphone-Bekas

Sekarang tidak sedikit masyarakat pengguna smartphone lebih memilih membeli smartphone dalam kondisi bekas. Hal yang menjadi pertimbangan utamanya tentu saja tentang harga yang jauh lebih murah, namun dalam memilih smartphone bekas hendaknya harus teliti. Beberapa hal perlu anda perhatikan terlebih dahulu sebelum memulai transaksi jual beli. Dan kali ini oketekno.com memberikan tips atau saran bagi anda yang hendak memutuskan untuk membeli smartphone bekas atau second. Langsung saja silahkan baca tips memilih sebelum membeli smartphone bekas di bawah ini.

 

 1. Cek Harga Bekas Di Pasaran

Cobalah untuk mengecek kisaran harga bekas smartphone yang jadi incaran anda. Jangan sampai saat membeli anda akan mendapatkan harga yang lebih mahal atau malah tidak seusai dengan kondisi barangnya. Luangkan waktu untuk sekedar browsing di internet mengenai harga dan spesifikasi detail smartphone pilihan anda.

 

 2. Cek Kelengkapan Smartphone

Setelah dirasa menemukan smartphone yang cocok antara spasifikasi dan harga yang anda inginkan, langkah beriktunya adalah cek kelengkapan aksesoris bawaansmartphone tersebut. Cek apakah charger yang dipakainya asli, ada kabel HDMI, Handset, dan beberapa kelengkapan lainnya. Pastikan tidak ada yang kurang untuk membantu memudahkan transaksi anda.

 

 3. Cek Masa Garansi Smartphone

Masa garansi ini juga tidak kalah penting, cobalah anda cek masih berlaku ataukah tidak masa garansi smartphone yang anda beli. Hal ini nantinya akan berpengaruh pada harga yang ditawarkan.

 

 4. Cek Nomor IMEI

Jangan lupa untuk memeriksa nomor IMEI yang biasanya tertera pada kardus kemasan penjualan smartphone, dan cocokkan dengan nomor IMEI pada smartphone dengan cara tekan *#06# untuk smartphone berbasis android dan Blackberry.

 

 5. Cek Fisik, Fitur, dan Kelengkapan Software

Nah, ini adalah langkah terakhir. Silahkan anda cek kondisi fisik smartphone anda mulai dari kamera, speaker, speaker phone, mic, layar, dan lain – lain. Setelah itu jangan lupa pula cek beberapa fitur sensor, dan installasi software pada perangkat smartphone anda. Hal itu dilakukan untuk menanggulangi agar anda tidak membeli smartphone dalam kondisi rusak.

 

Demikianlah Tips Memilih Sebelum Membeli Smartphone Bekas yang sudah oketekno.com rangkumkan untuk anda. Sebaiknya anda lebih berhati – hati dalam memilih smartphone bekas agar anda tidak menyesal nantinya. Karena sebaik – baiknya kondisi smartphone bekas, masih jauh lebih baik apabila anda membeli yang baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here