Cara Setting Kamera Smartphone Agar Setara DSLR dengan Mode Manual

0
6286
Copyright ©IDS

Cara Setting Kamera Smartphone Agar Setara DSLR dengan Mode Manual

Oketekno.com – Di era perkembangan zaman saat ini, sudah banyak sekali kamera smartphone yang memiliki kualitas setara dengan kamera pocket bahkan kamera DSLR yang salah satunya yakni Sony Xperia XZ Premium. Tentu hal ini menjadi sebuah keuntungan tersendiri ya, karena akan mempermudah kalian untuk mengambil objek gambar dengan mudah hanya menggunakan kamera smartphone saja.

Namun sayangnya, para pemilik smartphone ini lebih suka menggunakan mode otomatis untuk berfoto, alasanya agar lebih simpel. Namun perlu diketahui, justru dengan mode manual maka kamu akan mendapatkan hasil foto lebih mantap lagi jika dibandingkan dengan mode manual lho guys.

Copyright ©IDS

Nah pada kesempatan kali ini kita ingin berbagi informasi kepada kalian semua tentang Cara Setting Kamera Smartphone Agar Setara DSLR dengan mode manual. Nah mungkin untuk tehnik yang kali ini sedikit ribet ya jika dibandingkan dengan mode otomatis, namun untuk kualitas gambar yang dihasilkan nanti tak akan buat kamu kecewa deh, jika masalah editing foto anda bisa juga nih mencoba aplikasi edit foto untuk Android, iOS, Windows terbaik.

Cara Setting Kamera Smartphone Agar Setara DSLR

Nah untuk mendapatkan hasil jepretan gambar yang bagus dengan mode manual, ada beberapa hal yang harus kamu otak atik terlebih dahulu pada pengaturannya, seperti:

#Mengatur Shutter Speed

Shutter speed merupakan lamanya waktu rana kamera terbuka untuk mengambil cahaya menuju ke sensor kamera. Untuk pengaturan shutter speed ini biasanya disetting dalam ukuran sepersekian detik, semakin lama shutter speed maka akan semakin banyak cahaya yang masuk ke sensor kamera. Tentu fitur ini sangat cocok digunakan untuk fotografi dalam kondisi malam hari maupun cahaya yang redup.

Copyright ©jalantikus

Namun jika kamu memfoto sebuah objek yang bergerak, maka bisa memilih pengaturan Shutter speed yang paling cepat. Untuk melakukan hal ini perlu dikombinasikan dengan settingan ISO yang tepat juga nanti.

Simak juga: Cara Mudah Mengetahui Berita Hoax yang Tersebar di Internet!

#Mengatur ISO

Cara Setting Kamera Smartphone Agar Setara DSLR selanjutnya ialah dengan melakukan pengaturan pada bagian ISO. ISO ini merupakan sebuah tingkat sensitivtas kamera kepada cahaya yang ada disekitar objek, dan untuk ISO ini diukur dengan satuan angka. Semakin rendah angka dari ISO maka semakin rendah senstif cahaya yang akan ditangkap.

Copyright ©jalantikus

Contoh sederhananya, jika misal kamu memfoto objek berupa bunga ditaman pada siang hari. Maka pilihlah ISO paling rendah karena memang kondisinya memiliki cahaya yang cukup banyak. sebaliknya, jika kamu berfoto pada malam hari maka bisa menambah skor ISO, namun perlu di ingat jika semakin tinggi ISO yang kamu atur, maka akan semakin banyak Noise juga nantinya.

Ikuti Nih : Aplikasi Edit Foto Picsart, Ubah Fotomu Dengan Efek Magis yang Menarik

#Mengatur Eksposur

Nah buat kamu yang memiliki hobi dibidang eksposur pastiya sudah tak asing lagi ya dengan istilah eksposur? Seperti halnya kamera profesional, smartphone kini juga dibekali dengan fitur ini, seperti Asus Zenfone 2 Laser 6.

Copyright ©jalantikus

Fungsi dari Eksposur ini ada untuk menyesuaikan keadaan sebenarnya dalam objek foto tadi. Jadi nanti kamu bisa menyesuaikan warna dari objek foto agar hasilnya lebih maksimal sesuai yang diharapkan.

Lanjut baca: Cara Mudah Mengatasi Smartphone Android Lemot

#Mengatur White Balance

Cara Setting Kamera Smartphone Agar Setara DSLR selanjutnya ada pada bagian White Balance. Fitur ini nantinya akan berdampak pada hasil akhir foto. Alasan penggunaan fitur ini karena melihat kondisi pencahayaan dari objek foto yang bisa berubah-ubah.

Copyright ©jalantikus

Jadi fungsi utama dari kegunaan white balance ini agar kamera mendapatkan pencahayaan yang tepat agar hasil bidikan semakin mantap. Agar objek yang memliki warna merah tetap merah, hijau tetap hijau. sehingga ke akuratan warna bisa sesuai dengan yang diharapkan.

#Fokus Manual

Agar hasil jepretan kamera bisa makin mantap dan tajam, maka diperlukan fokus yang baik pula, untuk itu keakuratan fokus pada objek akan berpengaruh pada hasil jepretan foto kamu nanti.

Copyright ©technoid

Namun kebanyakan mereka sering kali menggunakan autofocus untuk lebih mudah, akan tetapi tak jarang yang mereka dapati justru malah gambar yang blur atau fokusnya salah. Maka dari itu, pemilihan fokus manual sangat cocok dilakukan, apalagi buat kalian yang suka konsep fotografi makro atau dengan jarak dekat, untuk autofocus memang sudah lama diterapkan, akan tetapi tak jarang juga produk yang sudah terapkan sensor sentuhan untuk mengganti focus kamera tersebut, salah satunya yakni Oppo.

Nah bagaimana guys? Cukup mudah bukan tehniknya? Mungkin cukup sekian dulu ulasan dari kam tentang Cara Setting Kamera Smartphone Agar Setara DSLR, semoga artikel ini bermanfaat ya.

 

Baca juga: Cara Foto Selfie Tampil Ganteng dan Cantik Menggunakan FaceApp

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY