11 Cara Ampuh Menghemat Baterai Smartphone Agar Lebih Awet

0
3564
Copyright ©techno.okezone

11 Cara Ampuh Menghemat Baterai Smartphone Agar Lebih Awet

Oketekno.com Saat ini kebanyakan smartphone telah dibekali dengan teknologi yang makin canggih saja ya, mulai dari layar yang lebih luas, prosesor makin tangguh, serta kapasitas RAM yang semakin besar membuat para pemilih ponsel memiliki kencenderungan yang berlebihan pada smartphone mereka, untuk para pengguna smartphone yang hanya memiliki kapasitas RAM kecil misalnya saja hanya 1 GB, jangan khawatir karena masih bisa memaksimalkannya lagi, untuk caranya bisa simak pada laman cara mempercepat kinerja HP Android RAM 1GB biar ngebut kali ini.

Dampak negatifnya, hal ini bisa mengurangi usia baterai smartphone karena terlalu seringnya digunakan untuk beraktifiitas, untuk menjaga kondisi baterai tetap bagus anda harap ketahui cara pengisian dayanya pada laman cara charger Smartphone yang benar agar baterai awet berikut ini. Namun pada kesempatan kali ini kami akan membantu mengatasi masalah kalian tersebut dengan memberikan informasi tentang Cara Ampuh Menghemat Baterai Smartphone agar lebih awet.

Copyright ©techno.okezone

Cara yang kami sarankan kali ini sangatlah mudah untuk dilakukan, dengan melakukan tehnik ini maka kamu bisa menjaga usia dari baterai smartphone bisa awet dengan waktu yang cukup lama. Tak perlu berlama-lama lagi, silahkan simak ulasan tentang Cara Ampuh Menghemat Baterai Smartphone dibawah ini:

Jangan Aktifkan Mode Getar

Saat anda sedang melakukan meeting, biasanya sering menggunakan mode getar agar nantinya sebagai notifikasi apabila ada pesan masuk di ponsel. Memang menguntungkan sih karena tidak berisik, namun tanpa kita sadari hal ini membuat baterai bekerja lebih. Maka dari itu, cara ampuh menghemat baterai smartphone sebaiknya aktifkan mode silent saja jika memang sibuk. Dan hal ini juga akan menjaga baterai tetap awet tidak mudah rusak, biasanya aplikasi yang sering disenyap termasuk kedalam daftar kumpulan aplikasi SMS, Chat dan Telephone Gratis ini nih, iya kan?.

Copyright ©upstation

Hindari Permukaan Smartphone panas

Seperti yang kita ketahui, jika panas sinar matahari ini membuat kecerahan dari cahaya ponsel berkurang serta bisa membuat permukaan dari smartphone gampang overheat nanti. Nah jika panas dari luar bergabung dengan panas dari permukaan baterai, maka hal ini nantinya bisa berdampak pada baterai smartphone cepat kembung dan rusak nanti, untuk hindari Overheat yang bekepanjangan anda bisa simak nih cara atasi Smartphone Android overheat agar suhu turun dengan cepat.

Ketahui Juga : Cara Merawat Smartphone Baterai Non-Removable Agar Awet dan Tahan Lama!

Hindari smartphone menjadi Overheat

Seperti halnya manusia, smartphone juga perlu istirahat sejenak dan tidak bekerja terus menerus, karena hal ini nantinya bisa membuatnya menjadi overheat. Gunakanlah smartphone ini dengan bijak sesuai kebutuhan saja, seperti mematikan beberapa aplikasi yang tidak digunakan yang berada di background, dengan berjalannya banyak aplikasi pastinya akan menguras daya baterai yang banyak juga kan, nah oleh karena itu bisa simak nih tips supaya baterai Android anda bisa awet yang kami sajikan khusus untuk kalian.

Copyright ©netonid

Hindari kebiasaan Charger Baterai Semalaman

cara ampuh menghemat baterai smartphone agar tidak cepat rusak selanjutnya jangan biasakan melakukan isi daya baterai semalaman. Hal ini juga bisa membuat overheat nantinya pada permukaan smartphone sehingga membuat baterainya cepat rusak. Lebih baik melakukan isi ulang saat baterai tinggal 30% dan mencabutnya saat daya sudah terisi sekitar 90%. Hal ini bertujuan menjaga siklus dari baterai smartphone kamu nantinya, cara tersebut ditujukan bagi baterai yang masih kuat atau daya nyala masih lama, untuk daya nyala yang sudah rendah bisa coba atasi dengan cara kalibrasi baterai Smartphone dengan mudah.

Simak juga: Bahaya Smartphone Bagi Anak yang Wajib Orang Tua Ketahui!

Jauhi Aplikasi yang banyak iklan

Kebanyakan semua aplikasi saat ini memang memiliki iklan didalamnya, karena itu memang sangat wajar. Namun bagaimana jika iklan yang terdapat aplikasi tersebut terlalu banyak? tanpa kita sadari hal ini juga bisa memperpendek usia dari baterai tersebut, karena iklan yang ada dalam aplikai tersebut sangat banyak sehingga membuat ponsel menjadi lelet, hal ini akan membuat konsumsi baterai makin besar nantinya, apalagi aplikasinya bagus seperti yang terdapat dalam aplikasi Android gratis terbaik paling populer ini, gak bakalan henti-henti kan mengoperasikannya.

Copyright ©telset

Aktifkan Battery Saver

Sejak kemunculan OS android Lollipop, hal ini membuat ponsel android didukung dengan fitur Baterry Saver. Fitur ini sangat berguna untuk menjaga baterai smartphone agar tetap awet nantinya, saat keadaan baterai sedang lowbat, maka dengan kamu mengaktifkan fitur ini akan membuat sistem akan otomatis mengurangi performa Cpu saat keadaan low-batt nantinya, jika dalam keadaan baterai sudah low-bat jangan pernah digunakan untuk menjalankan aplikasi cukup berat yah seperti yang ada pada daftar game gratis Android terbaik paling populer di Google Play Store kali ini.

Simak Nih: Cara Charger Smartphone yang Benar Supaya Usia Makin Lama

Gunakan Secara Bijak Fitur Lokasi

cara ampuh menghemat baterai smartphone selanjutnya ialah mengurangi penggunaan layanan lokasi. Dengan mengaktifkan fitur lokasi secara terus menerus, hal ini bisa membuat konsumsi daya betarai makin besar dan membuatnya cepat habis. Jika hal ini terus dibiarkan, maka jangan kaget dalam waktu satu bulan saja maka nantinya baterai akan cepat drain, untuk fitur yang satu ini memang kebanyakan digunakan untuk mengetahui keberadaan seseorang, akan tetapi bisa juga loh digunakan untuk melacak smartphone anda yang hilang dan jika belum mengetahui caranya bisa simak nih cara mudah melacak ponsel Android yang hilang dari genggaman berikut.

Pengaturan Layar Ponsel Android

Untuk pengaturan ini bisa dilakukan pada bagian tingkat kecerahan dari layar, pilihlah yang sedang hingga rendah agar baterai smartphone semakin awet nanti. Selain itu, tingkat kecerahan layar yang terlalu tinggi juga tak baik untuk kesehatan mata. Jangan lupa pada bagian time sleepnya juga sebaiknya menggunakan waktu yang sedikit saja, sekitar 1 menit sudah cukup, untuk cara ini juga disarankan pada laman cara mudah menghemat baterai Smartphone Windows Phone yang bisa disimak cara lain dalam link tersebut.

Lanjut Baca: Tips Mudah Memperkuat Sinyal WIFI

Aktifkan Airplane mode

Cara Ampuh Menghemat Baterai Smartphone selanjutnya ialah dengan menggunakan fitur airplane mode. Fitur ini sangat cocok digunakan jika saat kalian sedang keluar kota dan mengetahui jika tak ada jaringan dari kartu seluler yang kalian gunakan. Dengan begini maka baterai smartphone tak akan terbuang percuma, akan tetapi anda tetap bisa loh berselancar di dunia maya meskipun dalam mode airplane, nah untuk caranya anda bisa kunjungi cara internetan dengan mode Airplane kali ini.

Copyright ©tribuntravel

Update Aplikasi hanya menggunakan WiFi

Setiap aplikasi pasti membutuhkan update ya agar fitur yang digunakan bisa maksimal, nah untuk melakukan update ini sebaiknya pada saat kalian terhubung oleh Wifi saja. Hal ini dikarenakan, pada saat tersambung ke Wifi, maka jaringan hanya akan terkunci pada jaringan itu saja, sehingga membuat penggunaan CPU dan juga baterai tidak berat dan bisa berhemat. Selain itu, cara ini juga bisa membuatmu hemat kuota juga, nah selain update aplikasi yang ada kalian harus coba juga nih kumpulan aplikasi Android gratis terbaru yang layak kamu coba.

Gunakan wallpaper statis

Dengan memilih sebuah live wallpaper memang membuat tampilan semakin kece ya, namun perlu di ingat hal ini juga membuat baterai smartphone juga cepat habis nantinya. untuk itu, pemilih wallpaper statis bisa menjadi cara cerdas untuk membuat baterai smartphone tetap awet nantinya, apalagi wallpapernya termasuk kedalam kumpulan aplikasi wallpaper terpopuler untuk Android berikut ini, wah cepet banget habisnya nih.

Nah itu tadi ulasan dari kami tentang Cara Ampuh Menghemat Baterai Smartphone agar lebih awet, semoga apa yang kami sampaikan ini bermanfaat untuk pembaca semua.

Baca juga: Kapasitas Daya Cepat Habis? Berikut Cara Kalibrasi Baterai Smartphone Dengan Mudah!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY