Smartphone Sering Lelet? Berikut 3 Cara Agar RAM Tidak Cepat Penuh Di Android

0
5170
Copyright ©duniadaus

Smartphone Sering Lelet? Berikut 3 Cara Agar RAM Tidak Cepat Penuh Di Android

Oketekno.com – Memiliki masalah seperti smartphone lelet tentu sangat menyebalkan ya, apalagi saat itu kita butuh waktu yang cepat untuk mencari infromasi tertentu. Sebenarnya hal leletnya kinerja tersebut bukan sepenuhnya kesalahan dari smartphone itu sendiri, bisa jadi karena kapasitas RAM yang digunakan sudah terlalu penuh, untuk mengatasi hal tersebut anda bisa juga coba bersihkan memori untuk percepat HP Android, bagi anda yang belum tau caranya bisa di simak ulasan selengkapnya pada link cara bersihkan memori android agar kinerja seperti baru lagi.

Penuhnya kapasitas RAM ini bisa dikarenakan terlalu banyaknya aplikasi yang berjalan di background tanpa kita sadari. Nah untuk itu sebagai pemiliki gadget kita diwajibkan untuk pandai merawat perangkat kita sendiri agar performanya bisa tetap stabil.

Copyright ©duniadaus

Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi tips tentang Cara Agar RAM Tidak Cepat Penuh pada kalian semua. RAM memang fungsinya tidak sebagai penyimpanan internal, maka dari itu ukurannya tidak selalu besar. Kita harus pandai-pandai mengatur penggunaan RAM ini, agar tidak cepat penuh dan kinerjanya maksimal atau bisa juga kalian menambahkan RAM pada perangkat Smartphone kalian, untuk pembahasan tentang bagaimana caraya bisa kalian ketahui pada link cara menambah RAM di Smartphone Android yang harus dicoba.

Berikut Cara Agar RAM Tidak Cepat Penuh di Android yang bisa kalian coba:

Hapus Aplikasi yang Jarang Digunakan

Memiliki banyak aplikasi didalam smartphone memang sangat keren ya, apalagi hal ini membuat ponsel kita nampak semakin canggih. Namun jika aplikasi tersebut sudah jarang digunakan, hal ini tentu sangat sayang sekali ya, karena akan berdampak negatif pada RAM nanti.

Copyright ©tikusliar

Tanpa kita sadari, terkadang aplikasi tersebut berjalan di background ponsel tanpa kita ketahui, dan alhasil akan membuat RAM akan bekerja secara percuma nantinya. untuk itu, menghapus aplikasi yang sudah tidak digunakan adalah solusi cerdas untuk menghemat pemakaian RAM nantinya. caranya silahkan pergi ke menu setting >> aplikasi, pilih aplikasi yang diinginkan lalu tap hapus instalasi, akan atetapi cara ini tidak perlu dilakukan pada aplikasi yang justru malah menambah RAM yang ada pada smartphone kalian, untuk mengetahui apa sajakah aplikasinya bisa anda simak ulasan selengkapnya pada link daftar aplikasi tambah RAM untuk Smartphone.

Simak juga: Tips Cara Menambah RAM di Smartphone Android

Gunakan Aplikasi RAM Manager

Cara Agar RAM Tidak Cepat Penuh selanjutnya kali ini kita membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga yang bernama RAM Manager. Fungsi dari aplikasi RAM Manager ini adalah untuk menyesuaikan kebutuhan RAM untuk menjalankan aplikasi.

Copyright ©Helodroid

Ada beberapa pilihan pengaturan yang bisa kamu setting nanti, seperti more free memory, Balance for Everyday, hingga Hard gaming untuk kamu yang suka bermain game, untuk para gamers jangan sampai ketinggalan nih tentang 5 Game Android Terbaru Super Keren ini wajib di coba.

Atur Lagi Media Penyimpanan

Cara Agar RAM Tidak Cepat Penuh yang terakhir adalah melakukan manajemen pada media penyimpanan, dan yang menjadi fokus utama pada memori internal. Jika memori internal kalian sudah penuh sesak dengan berbagai file multimedia, maka silahkan pindahkan ke memori eksternal ya.

Copyright ©zopini

Karena memori internal ini disiapkan untuk menyimpan file aplikasi pada ponsel android, dan tak bisa dipindah ke memori eksternal. Biasanya berkas file yang ada di dalam memori internal ini berasal dari aplikasi chating, seperti BBM, Whatsapp, hingga Line.

Nah itu tadi sedikit ulasan dari kami tentang Cara Agar RAM Tidak Cepat Penuh, jika masih saja lelet anda bisa cari solusi lain seperti percepat Hp Android tanpa root semoga apa yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Baca juga: Cara Mempercepat Kinerja HP Android RAM 1GB Biar Ngebut!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here