Mengenal Berbagai Tipe LCD Touchscreen Ponsel Anda

0
15980

OKETEKNO.COM | Penggunaan ponsel, khususnya smartphone kini memang mengalami masa – masa peningkatan yang dinilai paling tinggi. Yang bertengger puncaknya sekarang masih di kuasai oleh smartphone berbasis android yang memang penggunaannya seperti sulit untuk ditembus oleh operating sistem lain semisal iOS, Blackberry, ataupun Windows phone. Android menjadi penguasa smartphone karena platform tersebut memiliki sistem kerja berbasis open source sehingga memudahkan para pengembang untuk bermanipulasi menciptakan aplikasi – aplikasi baru yang mendukung perangkat tersebut.

layar sentuh

Kebanyakan perangkat android menggunakan perangkat yang memakai spesifikasi layar berupa teknologi touchscreen sehingga memudahkan anda untuk melakukan navigasi pada perangkatnya. Teknologi touchscreen sendiri juga dibedakan menjadi dua jenis yang berbeda, yaitu Capasitive touhscreen dan Resistive touchscreen.

  • Capasitive Touchscreen adalah layar sentuh yang banyak anda temui pada teknologi smartphone. Cara kerjanya adalah dengan mengukur interaksi yang diberikan dengan menggunakan gesekan sinyal elektrik yang terjadi antara jari anda dengan layar transparent grid. Jadi dalam menggunakannya anda tidak perlu menekannya, cukup dengan menggesernya saja. Layar ini mendukung untuk melakukan multitouch dan bahkan ada beberapa jenis teknologi lain yang mengikuti kinerja layar Capasitive touchscreen ini antara lain adalah AMOLED, TFT dan IPS.

 

AMOLED adalah Active Matrik Organic Light Emitting Diode yaitu teknologi yang memenfaatkan kinerja dari OLED (Organic Light Emitting Diode) yang mempunyai tingkat kehitaman yang lebih baik dibanding teknologi varian lain. Dengan begitu layar akan semakin terlihat cerah, tampilan yang diberikan pun semakin jelas meskipun terpapar sinar matahari secara langsung. Penggunaan layar AMOLED ini di klaim dapat menghemat penggunaan daya baterai.

TFT atau Thin Film Transistor adalah teknologi layar yang menggunakan LCD berwarna sehingga mampu memberikan ketajaman gambar yang lebih baik. Jenis teknologi layar yang seperti ini kebanyakan disebut sebagai Active-Matriks Colour Display. Cara kerja layar jenis ini adalah dengan memberikan micro transistor di setiap pixels yang dapat dinyalakan atau dimatikan secara individu. Hanya saja dalam menggunakan TFT ini daya yang dipakai oleh layar menjadi lebih banyak selain itu harganya juga tergolong mahal.

Yang ketiga adalah IPS atau in-Plane Switching adalah teknologi LCD TFT untuk meningkatkan kwalitas dalam reproduksi warna dan viewing angel sehingga yang terkesan dari penggunaan teknologi ini adalah layar lebih luas dan daya pandang anda akan menjadi terasa lebih lebar. Penggunaan IPS ini memerlukan daya yang sama besarnya dengan teknologi TFT. Namun kwalitasnya hampir sama dengan AMOLED.

 

  • Resistive touchscreen cara kerjanya adalah dengan memanfaatkan dua buah lapisan transparan yang berfungsi untuk mengukur perbedaan resistensi apabila disentuh. Kerja layar berikut ini menggunakan sedikit tekanan sehingga dalam memanfaatkannya anda perlu sedikit menekannya atau stylus, plectrum atau benda sejenis yang mungkin dapat mendukungnya. Pada layar ini belum mendukung untuk fitur multitouch.

 

Demikianlah Berbagai Tipe Layar LCD Touchscreen dari ponsel yang anda gunakan yang sudah redaksi oketekno.com ulaskan untuk anda. Semoga dapat memberikan tambahan informasi dan memperluas wawasan kita dalam mempelajari teknologi terbaru. Ikuti terus ulasan informasi teknologi di oketekno.com dan jadilah yang pertama tahu. Terima kasih

Baca juga Mari Mengenal Corning Gorilla Glass

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here