Nokia Mengakhiri Masa Bakti Symbian dan Meego

0
2755

OKETEKNO.COM | Perkembangan teknologi yang terlihat mencolok akhir – akhir ini pada perangkat gadget khususnya ponsel, mau tidak mau membuat beberapa produk yang terdahulu harus rela mengakhiri masa baktinya dan di gantikan dengan berbagai jenis dan varian baru. Itulah yang sepertinya kini sedang dirasakan oleh jajaran ponsel berbasis symbian dari Nokia.

Symbian dari Nokia bisa dikatakan sebagai pelopor adanya ponsel yang berjalan menggunakan sistem operasi. Dengan symbian, Nokia pernah memuncaki pasar ponsel global sebelum akhirnya era smartphone menggusur dan menaruh vendor asal Finlandia ini ke posisi terbawah dalam perjalanan industri gadget.

symbian

Kini setelah penggunaan symbian dirasa sudah tidak menarik minat pengguna gadget, pada bulan Oktober lalu melalui web resminya, Nokia memberitakan bahwa tidak akan lagi memberikan dukungan untuk para developer dalam menembangkan perangkat symbian dan Meego. Nokia sudah memutuskan untuk menghentikan layanan update dan pengembangan konten baru seperti aplikasi, game, atau tema kepada Symbian dan Meego terhitung mulai tanggal 1 Januari 2014.

Tanggal yang di tentukan sudah lewat, dan ternyata benar bahwa OVI STORE sudah tidak menerima tambahan aplikasi terbaru lagi. Menurut Twitter resmi dari Symbian Signed Team (@SymbianSigned), mereka menuliskan, “That was it, we are officially closed. Thank you all for the past years!” sebagai perpisahan dengan Nokia symbian.

Perpisahan dengan perangkat symbian ini artinya adalah Nokia sudah memutuskan untuk menghentikan layanan tentang aplikasi dan berbagai dukungannya terhadap ponsel berbasis symbian dan Meego sehingga para developer sudah tidak bisa meluncurkan aplikasi baru atau update melalui Ovi Store. Namun, para seveloper masih bisa mendapatkan penghasilan dari penggunaan aplikasi mereka yang sudah terlebih dahulu masuk ke Ovi Store karena aplikasi yang ada saat ini masih bisa di download.

Baca juga tentang Rumor Nokia Smartwatch

Bisa di katakan pengembangan dari symbian sudah menemui batasnya, dan kini kita bisa menunggu inovasi terbaru apa lagi yang akan dimunculkan oleh Nokia menghadapi tahun – tahun kedepan. Dan jangan lupa untuk terus mengikuti oketekno.com sebagai media informasi teknologi harian anda. Terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here