Cara Menangkal Ransomware Petya yang Bisa Kamu Lakukan

0
730
Copyright ©techRepublic

Cara Menangkal Ransomware Petya yang Bisa Kamu Lakukan

oketekno.com – Setelah beberapa waktu lalu dihebohkan dengan kemunculan Ransomware WannaCry, kini muncul virus baru lagi yang bernama Ransomware Petya. Seperti diketahui, jika saat ini sudah ada ratusan ribu komputer yang sudah terjangkit oleh virus tersebut dari 64 negara, akan tetapi jika anda khawatir dengan adanya virus pada smartphone anda, bisa coba nih kumpulan aplikasi anti virus terbaik dan ringan yang layak di coba.

Hampir sama dengan Ransomware WannaCry, untuk Ransomware Petya ini juga meminta sejumlah uang yang harus dibayarkan korban dalam bentuk bitCoin agar data mereka yang terkunci bisa kembali lagi.

Lanjut Baca : Cara Atasi Virus Shortcut Flashdisk Tanpa Bantuan Aplikasi

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara menangkal Ransomware Petya yang bisa kamu lakukan nantinya. hal ini perlu dilakukan agar nantinya kamu tidak menjadi salah satu korban kejahatan di media elektronik ini.

Copyright ©techRepublic

Cara Menangkal Ransomware Petya

  • Ransomware Petya membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk mulai menginfeksi sebuah komputer, saat itu juga komputer seolah-olah sedang melakukan checking disk padahal virus Petya sedang melakukan enkripsi pada hard drive. Saat ini terjadi, maka hal yang bisa kamu lakukan ialah mematikan komputer dan juga segera meng-copy file penting anda dengan LiveCD.
  • Seperti halnya Ransomware WannaCry kemarin, virus Petya ini juga telah mengeksploitasi kelemahan dari Microsoft SMBv1. Cara menangkal Ransomware Petya selanjutnya ialah dengan menginstall patch MS17-010 lalu menonatktifkan fungsi SMBv1. Namun kamu masih bisa kok menggunakan SMB (Server Message Block) pada Windows akan tetapi pada versi 2 atau versi 3.

Simak Juga : Aplikasi Penangkal Ransomware yang Bisa di Andalkan

  • Jangan lupa lakukan update signature antivirus atau anti-malware. Dikabarkan beberapa produk antivirus ini bisa mendeteksi serangan dari Ransomware Petya ini.
  • Cara menangkal Ransomware Petya selanjutnya, pada bagian administrator system di jaringan besar, selalu pastikan jika Intrusion Prevention System (IPS) sudah update signature terbaru, lalu pastikan juga selalu memonitoring pada bagian port service 139/445 pada firewall. Jika ada hal yang mencurigakan maka matikan layanan dari aplikasi tersebut.
  • Jika komputer sudah terjangkit Ransomware Petya, maka langkah yang bisa anda lakukan ialah menggunakan sistem restore untuk mengembalikan komputer lagi.

Sekedar tambahan informasi, saat ini masih belum ada cara mengatasi serangan Ransomware Petya dari komputer, dan opsi terakhir yang bisa kamu lakukan ialah dengan menginstall ulang komputer dengan resiko kehilangan data yang ada pada Drive C, jika anda mengalami kesulitan dan bingung bagaimana caranya bisa simak cara install ulang komputer berikut ini. demikian ulasan dari kami tentang cara menangkal Ransomware Petya yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Mudah Mempercepat Kinerja Komputer hanya dengan Flashdisk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here