Ada “Panic Mode” Di Android Nougat, Apa ya Fungsinya?

0
1365
Copyright ©tribunnews

Ada “Panic Mode” Di Android Nougat, Apa ya Fungsinya?

oketekno.com – Google selaku perusahaan yang menciptakan sistem operasi Android, secara diam-diam telah menyematkan fitur terbaru bernama “Panic Mode” pada sistem operasi terbarunya yakni Android Nougat.

Fitur unu memang disembunyikan oleh Google, lantas apa ya kegunaan dari fitur ini? dan kenapa Google menyembunyikannya? Dikutip dari laman BGR, fitur Panic Mode pada Android OS v7.1 (Nougat) ini nantinya akan berfungsi memberikan peringatan secara otomtis pada saat pengguna smartphone terancam.

Untuk ancaman bahaya disini bukan dalam dunia nyata ya, seperti dijambret, ditodong, maupun terjadi bencana alam, melainkan ancaman di dunia maya seperti serangan sebuah malware. Yups maksud dari fitur panic mode yang ada didalam Android Nougat ini adalah fitur anti-malware.

Copyright ©tribunnews

Fitur Panic Mode ini akan bekerja membantu pengguna smartphone kembali ke Home Screen pada saat aplikasi berbahaya mulai membajak layar pengguna. Tak hanya itu saja, fitur panic mode ini pun juga akan menghapus aplikasi berbahaya tersebut dari smartphone nantinya.

Pada awalnya, Google telah menyembunyikan fitur ini didalam baris kode sistem di android, namun ada sejumlah pengembang yang ada didalam form XDA Developers telah berhasil menemukan fitur tersembunyi tersebut.

Alasan perusahaan Google ini menyembunyikan fitur Panic Mode ini bia jadi dikarenakan mereka tak ingin para peretas jahat menemukan sistem keamanan dari Google tersebut. dengan memiliki fitur keamanan ini, maka para hacker pun akan kesulitan untuk menyerangnya pada saat malware mulai disebar.

Dengan adanya fitur panic mode ini, maka pengguna smartphone dengan sistem operasi Android Nougat akan mendapat pengamanan lebih terhadap serangan malware nantinya. selain itu, dengan adanya fitur terbaru ini Google juga ingin memberikan kenyamanan bagi para pengguna smartphone berbasis android agar merasa terlindungi oleh penyedia layanan platform smartphone mereka.

 

Baca juga: Cara Berkomunikasi Aman di Android Dengan Fitur Enkripsi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here