Apa Alasan Pemerintah Blokir Telegram di Indonesia?

0
3318
Copyright ©detikinet

Apa Alasan Pemerintah Blokir Telegram di Indonesia?

oketekno.com – Belakangan ini, para warganet memang sedang heboh membincangkan mengenai laporan jika pemerintah Indonesia telah melakukan pemblokiran terhadap sosial media Telegram. Perintah pemblokiran oleh ISP dan juga operator seluler Tanah Air terhadapa Telegram ini merupakan perintah langsung dari Kemenkominfo (Kementrian Komunikasi dan Informatika).

Meskipun perintah untuk pemblokiran Telegram ini masih diumumkan pada Senin (16/07/17) mendatang, namun sejumlah operator seluler dan juga layanan ISP sudah melakukannya sekarang.

Terkait hal tersebut, maka tak heran jika para netizen kini ramai-ramai membicarakan Pemblokiran Telegram di Indonesia. Tentu hal ini tidak terlepas dari pengguna layanan Telegram yang jumlahnya tidak sedikit untuk warga Indonesia.

Hingga berita ini ditulis, belum diketahui pasti apa sebenarnya alasan pemerintah memblokir Telegram di Indonesia. Namun ada desas-desus yang mengatakan jika pemblokiran ini dilakukan karena layana Telegram dianggap banyak digunakan para teroris untuk saling bekomunikasi.

Copyright ©detikinet

Entah benar apa tidaknya desas desus tersebut, yang pasti pemblokiran Telegram di Indonesia ini menjadi trending topic bagi netizen di Indonesia. Bahkan di beberapa sosial media, para netizen ini telah membuat sebuah petisi untuk menolak pemblokiran layanan Telegram yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia tersebut.

Dikutip dari laman Kompastekno, ada beberapa operator seluler dan juga layanan ISP yang telah melakukan pemblokiran untuk mengakses Telegram. Sejumlah laporan yang ditulis termasuk diantaranya adalah Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Telkom Indihome, dan juga Fist Media. Dengan begini maka ada seitar 12 domain dari Telegram yang sudah tidak bisa diakses lagi oleh warga Indonesia.

Namun tidak menutup kemungkinan jika nantinya layanan ISP dan juga Operator seluler lain di Tanah Air juga akan memberlakukan pemblokiran terhadap layana Telegram di Indonesia, mengingat pengumuman pemblokiran ini baru akan dilakukan pada hari Senin mendatang. Namun sejauh ini, untuk layanan Telegram masih bisa anda akses melalui aplikasi Mobile mereka.

 

Baca juga: Vivo Sematkan Fitur Chat Tanpa Mengetik Pada Smartphone Mereka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here