Kini Nonton Video di Youtube Bisa di “Preview” Terlebih Dahulu

0
1889
Copyright ©youtube

Kini Nonton Video di Youtube Bisa di “Preview” Terlebih Dahulu

oketekno.com – Youtube merupakan sebuah situs yang menjadi pilihan banyak orang untuk mencari berabagi video, mulai dari video klip lagu, tutorial, review olahraga, review gadget dan masih banyak lagi. Dan kini pihak dari Youtube telah menghadirkan fitur baru untuk memudahkan para pengunjungnya sebelum mendownload video.

Mulai saat ini, Youtube telah menambahkan sebuah thumbnail preview untuk perangkat dekstop. Dengan menggunakan tool ini maka nantinya pengguna bisa melihat pratinjau dari video yang di inginkan selama 3 detik. Caranya cukup mudah, yakni hanya perlu mengarahkan mouse ke gambar kecil video didalam laman Youtube.

Untuk sementara, fitur baru didalam Youtube ini hanya berlaku untuk beberapa browser tertentu saja, diantaranya Google Chrome dan juga Opera. Dan untuk fitur ini masih belum teredia untuk perangkat smartphone.

Copyright ©youtube

Biasanya, seseorang yang ingin mengetahui preview sebuah video sebelum mendownloadnya ialah dengan melakukan play pada video tersebut. maka dari itu, hal ini biasanya dimanfaatkan oleh pemilik konten tersebut dengan menggunakan “clickbait” untuk menarik penonton agar mau berkunjung ke konten mereka. Setelah video di klik terkadang apa yang ada di gambar awal tersebut sama sekali tak ada kaitannya dengan video yang diunggah.

Dengan adanya fitur preview di Youtube ini, maka akan secara otomatis memperlihatkan isi video tersebut secara acak dan tanpa rekayasa, dengan begini maka pengguna bisa lebih tahu terlebih dahulu apa kira-kira yang akan mereka temui didalam video Youtube tersebut.

Namun langkah yang diambil oleh Youtube ini nampaknya tidak akan menghentikan aksi clickbait-er sepenuhnya. DIkutip dari laman kompastekno, pasalnya pihak Youtube mengatakan “saat ini, pembuat konten tidak dapat memilih pratinjau yang ditampilkan”.

Dikutip dari kalimat “saat ini” yang dikemukakan oleh pihak Youtube, maka kemungkinan besar nantinya pemilik konten masih tetap bisa menentukan preview mereka sendiri didalam postingannya. Dan hal ini dikhawatirkan masih tetap menjadi celah bagi para pelaku clickbait-er nantinya.

Baca juga: Aplikasi Downlaod Video Youtube Terbaik Untuk Android

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here