Awas, Malware Pembaca SMS Mengintai Android Anda

0
3139

OKETEKNO.COM | Android adalah sebuah operating sistem berbasis open source yang banyak di gandrungi saat ini. Tak hanya oleh para penggunanya, para vendor pembuat smartphone pun juga lebih gemar mengembangkan perangkat smartphone menggunakan operating sistem android tersebut. Namun dengan kabar akhir – akhir ini yang dilansir dari softpedia menjelaskan bahwa Android sudah tidak lagi aman. Perusahaan keamanan perangkat mobile yang bernama FireEye  menemukan bahwa Android OS mendapatkan serangan dari malware jenis baru yang dapat mencuri data SMS dan panggilan telepon anda.

android-malware

Virus malware ini bernama Android.Hehe atau Andro.misoSMS. Pertamanya anda akan mendapatkan permintaan update keamanan yang apabila anda melakukan update yang di peritahkan maka infeksi malware tersebut akan otomatis berjalan. Pertama – tama malware ini akan menyerang ke sistem command & control (C&C) sebagai pemantau SMS dan panggilan telepon masuk. Sepertinya malware ini di manfaatkan untuk memantau atau dengan kata lain menyadap akivitas ponsel pengguna. Bisa jadi berbagai informasi penting yang terkirim melalui SMS dan panggilan telepon juga bisa di dapatkan oleh si penjahat cyber tersebut.

Dengan maraknya penggunaan Operating Sistem berbasis Android membuat para penjahat sangatlah mudah dalam membuat malware dan virus yang bertugas membobol sistem keamanannya. Terlebih lagi sifatnya yang open source sehingga pengadopsian android menjadi lebih di pilih.

Menurut perusahaan keamanan Trend Micro pada 6 bulan pertama tahun 2013 kemarin saja sudah ada setidaknya 2 kali lipat peningkatan volume malware pada android yang jumlahnya mencapai 350 ribu. Diperkirakan pada 2014 ini jumlahnya akan terus meningkat hingga 1 juta malware. Fakta tersebut membuat android menyaingi sistem operasi Windows di PC yang juga rentan terhadap serangan malware. Setidaknya untuk saat ini anda wajib sedikit berhati – hati lagi saat menggunakan perangkat android anda.

 

Baca Juga Perangkat Tizen Pertama dari Samsung Akan Diperkenalkan Pada 23 Februari Mendatang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here