Keyakinan yang Salah Dalam Hal “Cara Nge-charge Baterai Smartphone”, Anda Termasuk yang Mana?

0
2123
charger smartphone
Copyright ©cerpen

Keyakinan yang Salah Dalam Hal “Cara Nge-charge Baterai Smartphone”, Anda Termasuk yang Mana?

Oketekno.com – Smartphone merupakan perangkat teknologi yang sangat canggih, bahkan hampir semua orang menggunakannya untuk keperluan sehari-hari, misalnya saja seperti chattingan, update status, ngintip lokasi seseorang, berjualan, dan sebagainya. Namun untuk menjalankan perangkat Smartphone membutuhkan sebuah baterai yang mana bisa menyimpan energi atau sumber daya listrik.

Nah bagi kalian yang tidak ingin baterainya cepat rusak tentunya harus menyimak cara charge Smartphone yang benar supaya tahan lama usia baterai kalian nantinya. Namun kali ini kita tidak akan membahas full tentang bagaimana cara charger Smartphone yang benar, melainkan mitos-mitos salah yang berhubungan dengan charger Smartphone.

Lanjut Baca: Cara Ampuh Menghemat Baterai Smartphone Supaya Lebih Awet

Langsung saja kita bahas tentang mitos charger Smartphone yang salah dan harus diubah pemikiran kita:

  • Melakukan pengisian daya Smartphone semalam suntuk, nanti bisa rusak bahkan meledak

Ada yang beranggapan bahwa cara tersebut benar adanya, ternyata pernyataan tersebut salah karena Smartphone model saat ini sudah dibekali dengan fitur canggih yang mana mampu memutuskan aliran listrik secara otomatis ketika daya baterai sudah full atau 100%, contohnya saja seperti teknologi yang sudah diterapkan pada Oppo A77.

charger keren
Copyright ©hipwee

Beda lagi dengan kejadian meledak atau terbakar, hal tersebut terjadi dikarenakan penempatan Smartphone tidak benar yakni biasanya diletakkan di atas kasur dengan bahan yang mudah terbakar, ketika perangkat kita di Charge maka suhunya meningkat, jika sudah tidak ada ruang lagi untuk mengeluarkan panas tersebut maka komponen akan menimbulkan percikan api yang mana akan menimbulkan kebakaran.

Simak Nih: Cara Mudah dan Sederhana Atasi Smartphone yang Panas

  • Memakai Smartphone bersamaan dengan pengisian daya bisa berakibat buruk

Memang ada benarnya juga pernyataan tersebut, akan tetapi hal ini tidak akan berdampak langsung kepada perangkat Anda karena memang efek yang ditimbulkan perlahan-lahan, asalkan penggunaannya sebatas wajar maka hal itu tidak akan menimbulkan efek yang besar, apalagi kita memainkan game yang berkualitas HD seperti Tekken 7.

mitos charger 2
Copyright ©gadgethacks

Misalnya saja saat pengisian daya kita balas chatting teman atau browsing sesuatu, itu tidak menjadi masalah yang secara langsung. Beda lagi dengan memainkan game atau streaming youtube bersamaan dengan pengisian daya, nah hal inilah yang harus dihindari karena suhu Smartphone akan meningkat 3x lipat lebih cepat yang bisa mengurangi usia perangkat anda lebih cepat.

Ketahui Juga: Cara Merawat Power Bank Supaya Tidak Sampai Meledak

  • Jangan mengisi baterai sebelum kosong karena pamali

Gokil bukan pernyataan yang satu ini? Makanya pernyataan tersebut kami nyatakan sangat sesat, alasannya yakni ketika Smartphone di charge pada kapasitas daya yang masih cukup besar itu bahkan lebih baik daripada sampai habis terlebih dahulu baru di charge, lakukan cara ini hanya untuk kalibrasi baterai saja ketika baterai Anda sudah tidak sehat yang bisa menyimak cara selengkapnya di sini.

baterai habis
Copyright ©cerpen

Hal ini mengingat dengan perkembangan teknologi Smartphone yang terus berkembang, tidak lain adalah jenis baterai yang digunakan. Kebanyakan perangkat Smartphone saat ini sudah menggunakan baterai jenis lithium yang mana akan tetap sehat ketika diisi sebelum waktunya sekalipun, contohnya saja seperti baterai Non-removable yang digunakan pada perangkat canggih saat ini seperti samsung Galaxy S8, Oppo F1s, Elevate Y Power, Xiaomi Mi Max, dan lainnya. Jadi buang jauh-jauh ya keyakinan tersebut untuk saat ini!

Ketahui Yuk: Bahaya Menggunakan Jenis Charger Palsu Smartphone

  • Mematikan Smartphone atau ponsel dalam jangka waktu yang cukup lama itu bisa merusak?

 Bisa jadi benar pernyataan tersebut, akan tetapi kami menggolongkan keyakinan ini juga termasuk pernyataan yang salah karena memang ada solusi untuk menjaga supaya perangkat tetap aman, awet dan tahan lama. Jika anda punya niatan untuk mematikan smartphone dalam jangka waktu yang cukup lama lakukan saja, tetapi jangan lupa sesekali untuk menyalakan perangkat tersebut hanya untuk check daya baterai masih atau tidak. Jika kapasitas baterai sudah kosong segera lakukan pengisian ulang.

ponsel mati
Copyright ©aganponsel

Nah itu tadi beberapa pernyataan atau keyakinan yang salah tentang cara pengisian daya yang salah dan mungkin ada beberapa yang sudah anda dengar dan di yakini. Namun Anda mau berubah ataupun tidak itu saya kembalikan kepada diri anda sendiri karena tidak boleh memaksakan kehendak orang lain.

baca juga : cara merawat baterai non-removable supaya awet dan tahan lama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here