Tanda-Tanda Orang Kecanduan Media Sosial

0
1959
kecanduan sosial media
Copyright ©rtikbojoneoro

Tanda-Tanda Orang Kecanduan Media Sosial

Oketekno.com – Memang saat ini para pecinta Gadget sangat ketergantungan pada perangkat mereka masing-masing, hal ini dikarenakan adanya sosial media yang bisa dikatakan telah menjadi keseharian pengguna Smartphone, apalagi adanya Facebook yang merupakan raksasa sosial media yang terus melakukan pembaruan dengan penambahan beberapa fitur.

Berdasarkan survei dari #StatusofMind dengan target 1.479 anak muda atau remaja yang menginjak usia 14 sampai 24 tahun, pada survei ini Situs Instagram mendapatkan dampak positif dalam ekspresi diri, namun buruk terhadap citra badan, tidur, dan takut kehilangan.

Selain Instagram yang juga mendapatkan pengguna lebih banyak yakni Facebook, pada survei tersebut ada banyak remaja yang mengatakan bahwa mereka akan panik dan sakit secara fisik bahkan pusing ketika tidak upload foto selfie dalam sehari saja di akun facebook mereka.

Sangat naas bukan, selain dampak buruk yang diakibatkan oleh sosial media tahukah anda tanda dari kecanduan media sosial? Jika belum tahu maka wajib simak nih ulasannya di bawah ini:

Simak Nih: Cara Sembunyikan Instagram Stories yang Mengganggu

Tidak bisa lepas dari ponsel

Tanda kecanduan Sosial Media yang pertama ini sangat mudah diketahui, karena memang nampak secara nyata. Bahkan ada yang menganggap jika Ponsel yang digunakan itu merupakan belahan jiwanya, bagaimana tidak? Ketika sedang berkumpul dengan teman-teman kalian terutama dengan teman lama atau mungkin mantan, rasanya ada yang kurang jika tidak membagikan momen tersebut ke media sosial.

tanda kecanduan sosial media
Copyright ©totoharyanto

Bahkan terkadang mereka yang kecanduan terhadap sosial media akan terus bermain akun sosial medianya sebelum tidur, para remaja tersebut berkata bahwa tidak bisa tidur kalau belum update status atau mengecek status yang diupload oleh teman, namun jika update status-nya bermanfaat seperti Cara Mudah Memainkan Game PS2 di Smartphone Android tidak apa karena masih bisa bermanfaat dan berguna bagi yang membutuhkan.

Setelah bangun dari tidurnya bukannya langsung menuju ke kamar mandi dan cuci muka malah para remaja yang di survei ini hal yang pertama dicari adalah ponsel mereka loh, wah bener-bener bukan. Anda termasuk tanda yang satu ini? Semoga saja tidak ya!

Ketahui Juga: Keyakinan yang Salah Tentang Cara Charge Smartphone yang Benar

Selalu Update status

Tanda kecanduan sosial media yang selanjutnya adalah terus-menerus update status di akun media sosial miliknya, walaupun waktu yang dimilikinya itu hanya sebentar saja. Sungguh tidak bisa memandang waktu dan situasi bukan? Bahkan terkadang ada juga seseorang yang update status ketika tidak bisa tidur, lagi jalan bareng sama pacar, atau bahkan yang kurang sopan yakni update status ketika sedang berada di rumah duka. Wah kebangetan bukan? Jika Anda ingin menghapus akun twitter kalian untuk selamanya bisa simak caranya di sini.

update status
Copyright ©Mynameisan

Selain update status mereka yang kerap sekali like dan comment statusnya sendiri juga dianggap tanda kecanduan dari sosial media. Namun untuk comment ini tidak berlaku atau tanda dari kecanduan jika isi dari comment tersebut ada manfaatnya seperti menanyakan tentang harga, cara benahin komputer, konsultasi permasalahan, dan semuanya yang masih berhubungan dengan pendidikan maupun pengetahuan.

Simak Yuk: Cara Menampilkan Status Online FB Hanya Kepada Beberapa Orang Saja

Tidak hanya di facebook saja, banyak sekali yang update statu di Instagram, Twitter, dan media sosial lainnya. Apakah anda juga termasuk dalam tanda kecanduan media sosial yang satu ini? Kalau iya kurangi secara perlahan-lahan maka anda akan terhindar dengan sendirinya, carilah kegiatan lain yang positif dan tidak ada hubungannya dengan ponsel terlebih lagi sosial media.

Tanda kecanduan sosial media selanjutnya yakni Menginformasikan segala kegiatan di media sosial, tak mau dibilang ketinggalan informasi, dan juga komentar bukan pada tempatnya atau biasa dibilang dengan OOT (Out Of Topic), jika kalian tidak mau ketinggalan informasi kan ada beberapa situs web yang menyediakan berita terkini contohnya saja seperti Oketekno yang selalu menyajikan berita seputar teknologi dan hiburan, tidak hanya mengandalkan sosial media saja untuk mencari informasi yang penting.

Itulah beberapa tanda kecanduan sosial media yang mungkin harus Anda hilangkan, jika tidak bisa minimal kurangilah karena memang ada dampak negatif yang ditimbulkan dari sosial media ini yang bisa berakibat fatal suatu hari nanti.

baca juga: kenali dampak negatif media sosial di sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here