Cara Melindungi Data dan File Supaya Aman dari Orang Lain

0
951
How to lock files and folder with password
Copyright ©documentekno

Cara Melindungi Data dan File Supaya Aman dari Orang Lain

Oketekno.com – Semua orang yang memiliki perangkat elektronik dan terdapat kapasitas penyimpanan tentunya di dalam perangkat tersebut ada yang namanya file khusus buat anda sendiri dan orang lain jangan sampai tau tentang isi dari file tersebut atau bisa dibilang file atau data pribadi. Perangkat elektronik tersebut misalnya Laptop, Smartphone, Ponsel, Tablet, Komputer, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun untuk menjaga file tersebut agar tidak dibuka oleh orang lain tentunya kita membutuhkan password yang aman, jadi ketika ada orang yang membuka file tersebut diminta untuk memasukkan password terlebih dahulu nantinya.

Lanjut Baca: Tips Membuat Password yang Aman dari Serangan Hacker

Pernah bukan ketika suatu waktu kita menyimpan foto pribadi atau foto pacar Anda, nah ada seorang teman yang ingin meminjam Smartphone kalian dan tentunya teman kalian yang penasaran akan melihat semua data yang Anda miliki bukan, mereka tidak perduli apakah itu privasi atau bukan.

Ketahui Nih: Data Apa Saja yang Perlu di Lindungi Supaya Aman dari Pencurian

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengunci file dari intipan orang lain yang bisa kalian lakukan sendiri dengan cepat dan mudah, simak cara selengkapnya di bawah ini:

Document

Cara mengunci file dari intipan orang lain yang pertama adalah jenis file dengan bentuk Document, kebanyakan orang untuk mengolah kata di Komputer maupun Smartphone menggunakan Ms Word karena memang penggunaannya yang mudah dan fitur yang ada cukup banyak yang salah satunya yakni fitur enkripsi atau biasa dikenal dengan password.

ms word kunci
Copyright ©liputan6

Untuk mengaktifkan fitur ini sangat mudah, Silahkan Anda menuju menu file, lalu masuk ke dalam menu info. Nah di sini nanti akan menemukan Protect Document selanjutnya pilih Encrypt with Password, tuliskan password terserah kalian. Password tersebut berguna untuk membuka dan mengakses file document tersebut.

Cara ini ada 2 pilihan yakni anda menginginkan password tersebut hanya untuk membuka dokumen tersebut dalam mode read-only saja atau administrator yang bisa digunakan untuk editing juga. Tentukan pilihan tersebut sesuai dengan kebutuhan kalian masing-masing.

Cara tersebut bisa digunakan untuk file dokumen serupa seperti PDF, Excell, Power Point, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ketahui Nih: Cara Verifikasi 2 Langkah Agar Terhindar dari Hacker

Compressed

Untuk cara ini ditujukan bagi kalian yang memiliki banyak format file, misalnya saja .png, .jpeg, .doc, .xls, dan lainnya. File tersebut bisa dijadikan menjadi satu file saja dengan cara di Compress menjadi format .zip atau .rar sama saja.

compressed
Copyright ©liputan6

Untuk menjadikan semua file tersebut menjadi format .rar caranya adalah:

Pilih semua file yang ingin anda amankan atau dijadikan satu, lalu klik kanan pada file yang sudah anda block tadi, selanjutnya pilih 7-zip kemudian klik Add to Archieve.

Ketahui Yuk: Cara Download Semua Foto dan Video di Instagram Hanya dengan Satu Klik

Jika anda sudah dialihkan ke halaman baru pilih format yang kalian inginkan, misalnya .zip atau .rar itu sama saja, lalu ketik sandi yang akan diperlukan untuk membuka file tersebut nantinya lalu pilih ok, dah selesai.

Semua file tersebut akan menjadi satu dengan format .zip dan .rar, ketika Anda membukanya atau orang laing yang membukanya maka akan dimintai password untuk akses masuk.

Bagaimana? Sangat mudah dan simple kan guys Cara mengunci file dari intipan orang lain yang kami bagikan kali ini, ingat ya! Data ada bermacam-macam, dan ada juga yang harus banget untuk dilindungi apalagi data perusahaan. Selamat mencoba.

baca juga: cara cadangkan file komputer gunakan google backup dan sync

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here