Cara Manfaatkan Smartphone Untuk Kesehatan

0
1214
smartphone sehat
Copyright ©tribunews

Cara Manfaatkan Smartphone Untuk Kesehatan

Oketekno.comCara manfaatkan smartphone untuk kesehatan, kebanyakan orang beranggapan bahwa Smartphone bisa berakibat buruk pada kesehatan karena penggunaan yang berlebihan sehingga waktu istirahat dan waktu tidur tersita untuk megoperasikan Perangkat Smartphone tersebut.

Kebanyakan orang mengaku bahwa tidak bisa tidur sebelum bermain Smartphone, entah itu digunakan untuk game, browsing, update status atau yang lainnya. Hal ini memang benar adanya karena saya sendiri juga begitu, rasanya selalu ada yang kurang jika tidak bermain Game di Ponsel sebelum tidur.

Namun tidak selalu bermain Smartphone sebelum tidur itu berdampak buruk guys, karena semua effek buruk dan baik yang ditimbulkan ini tergantung kepada diri kita sendiri. Contohnya saja kita bermain Smartphone sebelum tidur, namun jangan sampai Anda tidur lebih dari jam 9 supaya mendapatkan waktu tidur yang cukup dan kembali fresh ketika bangun di pagi hari.

Untuk mengatur waktu tersebut jangan khawatir karena bisa menggunakan perangkat Smartphone kalian, terlebih lagi jika Smartphone kalian iPhone. Dengan perangkat tersebut kalian sudah tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga lagi karena sudah dibekali dengan smart time for sleeping.

Simak Juga: Keyakinan yang Salah Saat Pengisian Daya Smartphone

Gunakan fitur bedtime

Untuk fitur iPhone yang satu ini bisa ditemukan pada menu “Timer”. Fitur ini dapat membantu memantau kebiasaan tidur si penggunanya dan dapat membentuk jam tidur yang sesuai dan konsisten.

bedtime
Copyright ©idownload

Dengan fitur yang satu ini kalian bisa mengatur alarm untuk tidur dan alarm untuk bangun nantinya, hebatnya lagi fitur dari bedtime ini akan di sinkronisasikan dengan health yang bisa mengontrol jam tidur si pengguna iPhone tersebut, selain itu bedtime juga dapat mengontrol volume alarm kalian nantinya.

Simak Nih: Cara Mudah Masukkan Musik dan Video ke Dalam iPhone

Dengarkan alunan suara di Apple Music

Nah cara manfaatkan smartphone untuk kesehatan yang satu ini merupakan salah satu favotite saya guys, bagaimana tidak? Ketika kalian mendengarkan sebuah alunan musik yang slow maka lambat lau akan terasa kantuk, namun ketika kalian mendengar musik dengan genre rock justru sebaliknya. Semangat kalian akan membara nantinya.

apple music
Copyright ©vox

Jadi sesuaikan dengan kebutuhan kalian ya, ingin mendengarkan musik untuk mengantarkan tidur kalian atau untuk membakar semangat kalian supaya lebih giat dalam beraktifitas.

Jika kalian pengguna iPhone maka dengan Apple Music sudah tersedia kumpulan lagu yang siap mengantarkan tidur anda dengan lelap, jadi kita tidak bingung lagi untuk mencari lagu apa yang pas untuk tidur kita, cukup ketik “Nature Sounds for Sleep and Relaxation”, dengan begitu beberapa lagu yang indah akan membuat tidur kamu lebih nyaman.

Ketahui Yuk: Daftar Aplikasi Perekam Suara Terbaik iPhone

Matikan fitur Snooze

Siapa yang sering menekan tombol Snooze ketika alarm berbunyi? Buang kebiasaan yang satu ini ya karena ketika kalian menekan tombol snooze dan tidur lagi maka jam tidur kalian akan lebih lama lagi dan bisa berakibat butuk pada kesehatan tubuh kita. Untuk mematikan fitur ini cukup sederhana yakni hanya dengan masuk ke menu edit atau setting di alarm, kemudian matikan Snooze.

snooze
Copyright ©techbakbak

“ketika tubuh bangun untuk mematikan alarm dari tidur lelap, hal ini malah menyebabkan kita semakin lelah dan mengantuk.” Itulah yang dikatakan oleh Rafael Pelayo sebagai spesialis tidur dari standford university sleep medicine center yang dikutip dari laman mic pada hari jum’at tanggal 4 agustus 2017 kemarin.

Alasannya cukup masuk akal, yakni tubuh akan kaget karena jam biologis kita belum menyiapkan diri untuk beraktivitas.

Itu tadi beberapa cara manfaatkan smartphone untuk kesehatan yang bisa kalian terapkan untuk membuat tubuh lebih bugar dan lebih fresh ketika melakukan sebuah kegiatan. Selamat mencoba.

baca juga: Cara mudah membuat lagu jadi alarm di android

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here